Sebagai platform berbagi video, saat ini YouTube tak sekadar tempat untuk mengunggah vlog ataupun daily life video. Lebih dari itu, YouTube merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh brand dalam penerapan digital marketing business. Alasannya, YouTube dinilai mampu membangun brand awareness dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Hal ini didasari oleh kegemaran generasi milenial maupun gen Z yang lebih senang menyaksikan tayangan video di YouTube dibandingkan menonton acara televisi. 

 

Tak hanya itu, ada beberapa alasan lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan, mengapa Anda harus menggunakan YouTube untuk memasarkan brand Anda di tahun 2021. 

 

Mengapa Perlu Menggunakan YouTube untuk Memasarkan Brand di Tahun 2021

Menurut data dari Statista, YouTube sudah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif per bulannya. Sekitar 400 jam video diunggah ke YouTube dalam hitungan menit dan lebih dari satu miliar jam video ditonton di platform ini setiap harinya. Artinya, ini adalah kesempatan besar bagi para pebisnis untuk menjangkau hingga 90% pelanggan yang akan menemukan produk atau brand mereka dari di platform ini. Maka tak heran, jika saat ini sudah ada lebih dari 62% bisnis yang menggunakan video marketing di YouTube sebagai sarana digital marketing strategist mereka.

 

 

Dengan banyaknya angka pengguna YouTube di atas, berikut 5 hal yang bisa menjadi dasar bagi Anda agar semakin yakin untuk melakukan promosi bisnis di platform tersebut! 

 

  1. YouTube Merupakan Mesin Penelusuran Peringkat Kedua di Dunia

Tidak dipungkiri jika mesin penelusuran di peringkat pertama adalah Google. Namun, tahukah Anda, YouTube merupakan mesin penelusuran peringkat kedua di dunia. Mengapa, begitu? Sebab, pengguna YouTube mencapai sekitar 45% dari total pengguna internet. Artinya, setiap bulan terdapat sekitar 3,9 miliar pencarian di media sosial tersebut. 

 

  1. Pengguna Internet Lebih Menyukai Video Online

Saat ini, netizen lebih menyukai hal yang bisa dilakukan serba cepat dan mudah dicerna, tak terkecuali dalam mencari informasi. Maka dari itu, media audio-visual, baik secara online maupun offline, lebih disukai dan banyak peminatnya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, tercatat lebih dari 92% pengguna internet menghabiskan waktu untuk menonton video. Dengan kata lain, ada lebih dari 4 miliar pengguna daring di seluruh dunia menyukai video online.

 

Pernyataan tersebut didukung data statistik masih dari sumber Statista yang menyebutkan bahwa sebanyak 55% pengguna internet menonton video secara daring setiap harinya. Dan 64% calon konsumen potensial menonton video informasi mengenai sebuah produk sebelum mereka memutuskan untuk melakukan pembelian. 

 

 

  1. Meningkatkan Brand Awareness Produk Anda

Video YouTube mendapatkan peringkat bagus di pencarian Google. Penyebabnya, YouTube merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh Google sejak tahun 2006. Hal ini tentu akan memberikan peluang yang sangat besar bagi brand produk Anda untuk dikenal lebih luas, sehingga membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness

 

Pada saat pelanggan mengetik suatu kata kunci di Google yang berhubungan dengan produk Anda, maka video pada channel YouTube Anda berpeluang besar muncul pada pencarian teratas. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan judul video yang sesuai dengan target kata kunci potensial sehingga bisa bersaing pada mesin pencari.

 

  1. Mampu Menciptakan Keterlibatan dengan Pelanggan

Menyajikan konten dengan storytelling pada platform yang satu ini akan membuat konten Anda semakin menarik dan disukai banyak pelanggan. Anda bisa menyajikan konten video mengenai pemecahan masalah yang dihubungkan dengan produk Anda. Ini akan menjadi nilai lebih karena pelanggan cenderung mencari solusi yang ditawarkan oleh sebuah produk. 

 

Biasanya, pengguna YouTube akan mudah terlibat dengan pembuat konten, jika konten video dirasa berhubungan dengan apa yang sedang mereka hadapi dan rasakan. Inilah peluang Anda untuk menciptakan konten yang lebih emosional. Anda juga bisa mengajak para pelanggan bercerita di kolom komentar atau melakukan interaksi secara langsung. Interaksi ini akan meningkatkan persentase engagement. Semakin tinggi engagement pada konten video Anda, semakin besar peluang untuk mendapatkan konversi pada produk yang Anda promosikan.

 

 

  1. YouTube Merupakan Platform dengan Aksesibilitas Tinggi

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan YouTube adalah aksesibilitasnya yang tinggi. Calon pelanggan dapat membuka YouTube kapan pun dan di mana pun secara lebih fleksibel karena bisa diakses melalui smartphone. Jadi, user tak perlu repot mengaksesnya melalui laptop ataupun PC.

 

Untuk membuat video Anda semakin menarik dan bisa meningkatkan jumlah tayangan, Anda dapat mempersiapkan thumbnail dan judul yang mengundang klik para audiens. Sertakan juga subtitle atau teks terjemahan pada video, jika Anda menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia, agar video marketing tersebut lebih mudah dipahami. Jangan lupa tambahkan deskripsi yang berisi overview video dan informasi lainnya yang dianggap penting untuk diketahui oleh warganet. 

 

Nah, itulah beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan mengapa Anda harus mulai menggunakan platform YouTube untuk memasarkan produk Anda. Apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan YouTube agar semakin meningkatkan pemasaran produk Anda? Jika mengalami kesulitan untuk membuat sendiri konten video marketingnya, Anda bisa bekerja sama dengan creative brand agencyuntuk membuat strategi promosi konten yang terbaik bagi brand Anda.