Akhir-akhir ini, para digital marketer sudah mulai melek dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Dengan memahami cara penggunaan SEO, maka akan semakin berpotensi meningkatkan jumlah audiens yang berkunjung pada halaman website. Tahukah Anda, ternyata sekarang tidak hanya menonjolkan tentang SEO, tetapi para digital marketer juga dituntut untuk menyajikan konten video marketing.

 

Video pemasaran dikatakan mampu meningkatkan SEO sebuah situs. Meskipun begitu, tidak banyak para digital marketer yang mengetahui cara memaksimalkan SEO rank dengan cara menggunakan video marketing. Hal yang jadi pertanyaan, apa hubungan antara SEO dan video marketing?

 

Hubungan SEO Rank dan Video Marketing

Fakta yang perlu Anda ketahui, algoritma Google menyukai situs web yang menyertakan konten video, karena bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk melirik halaman website Anda. Ini artinya, akan banyak pula audiens yang terlibat dengan tautan Anda. Maka, penting bagi Anda menyajikan konten yang bagus dan menarik didukung dengan adanya video marketing di halaman tersebut, sehingga audiens betah berlama-lama pada halaman website Anda.

 

Di saat yang sama, halaman website yang juga menayangkan video lebih disukai Google didasari pada semakin banyaknya pengguna internet dari waktu ke waktu diiringi dengan peningkatan jumlah penonton video di YouTube.

 

Maka, algoritma Google pun mengalami beberapa kali perubahan, dan akhirnya lebih mendukung halaman web yang SEO friendly dan disertai video marketing, memiliki kemungkinan lebih besar muncul di halaman pertama Google. Dengan kata lain, website yang mengkombinasikan penerapan SEO dan video marketing lebih disukai Google dan mendapatkan kesempatan untuk berada di posisi terbaik pada mesin pencari.

 

 

Cara Memaksimalkan SEO Rank Menggunakan Video Marketing

Memulai strategi agar bisa memaksimalkan SEO rank pada video marketing tidaklah mudah. Anda memerlukan ketelitian dan harus menganalisis hasil dari strategi yang Anda lakukan. Berikut beberapa cara memaksimalkan SEO rank menggunakan video pemasaran.

 

  1. Memaksimalkan Konten Video pada Situs Web

Membuat video saja tidak cukup. Anda harus membuat konten video sekreatif mungkin guna menarik lebih banyak penonton pada halaman website Anda. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan konten video yang Anda buat untuk dibagikan melalui platform lain, namun tetap mengarahkan audiens agar menuju halaman website Anda.

 

  1. Konten Video Harus Unik

Anda harus bisa menyajikan konten video yang unik. Misalnya, dengan video deskripsi berbentuk animasi. Jangan lupa, masukkan transkrip video untuk menargetkan lebih banyak kata kunci dan mengubah desain visual yang digunakan menjadi format .mp4. Tujuannya, supaya lebih mudah diunduh oleh para audiens. Konten video yang unik memiliki tingkat potensi dapat bersaing dengan video marketing lain, apalagi kalau video tersebut unik dan menarik. Pasti akan banyak audiens yang menyukai dan menonton video Anda.

 

 

 

  1. Konten Video Marketing Bersifat Informatif

Biasanya, audiens akan bertanya-tanya tentang beberapa hal menyangkut gambar, layanan, produk, ataupun tentang industri yang Anda miliki. Nah, dengan Anda menyajikan konten video yang lebih informatif, maka akan mudah menjawab rasa penasaran para audiens. Hal ini bisa membuat mereka lebih mudah untuk memutuskan melakukan pembelian terhadap produk Anda. 

 

Dengan konten video yang lebih informatif, akan membuat hasil penelusuran mesin pencari lebih mengutamakan halaman website Anda. Anda bisa membuat konten video informatif berupa cara penggunaan produk, tips penggunaan produk, atau informasi yang sedang menjadi trend dan banyak dicari oleh penonton.

 

  1. Dapat Dipercaya

Tanpa adanya kepercayaan audiens, Anda bisa kesulitan untuk memperoleh SEO rank untuk video yang Anda buat. Padahal, semakin banyak audiens yang percaya dengan konten yang Anda buat, audiens yang lain akan berdatangan dengan sendirinya. Penting bagi Anda untuk tetap konsisten dan berkomitmen menyajikan konten video yang dapat dipercaya oleh audiens. Jangan sampai Anda membuat konten video yang mengandung informasi bohong atau hoax, ini justru akan menurunkan kepercayaan audiens terhadap konten Anda selanjutnya.

 

 

  1. Melakukan Optimasi Metadata

Saat Anda mengunggah video di platform, seperti YouTube, penting bagi Anda melakukan optimasi metadata. Misal, video yang diunggah perlu disertai dengan ketersediaan kata kunci pada deskripsi video. Selain itu, Anda juga harus memaksimalkan keterangan pada deskripsi video dengan lebih detail dan menggunakan tag yang sesuai. Hal terakhir, nama file video yang Anda unggah sesuaikan dengan judul videonya. 

Sebelum Anda memutuskan menggunakan kata kunci tertentu, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan kata kunci yang akan Anda gunakan relevan dengan video dan sedang menjadi trend. Karena, penggunaan kata kunci yang sedang trend tentu akan semakin meningkatkan pencarian.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO rank menggunakan video marketing. Cara ini bisa Anda lakukan agar video marketing yang Anda buat semakin banyak ditonton oleh banyak orang. Ingin cara lain dalam memaksimalkan visibilitas bisnis Anda di dunia digital? Berkolaborasi saja dengan marketing agency Jakarta terpercaya untuk menyelenggarakan online marketing campaign yang tepat sasaran.