knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Tools Penting untuk Mengoptimalkan Landing Page

19 Sep  · 
2 min read
 · 
eye 5.923  
Website & Aplikasi

Tools Penting Untuk Mengoptimalkan Landing Page

Landing page adalah halaman di situs web yang menjadi pintu gerbang calon pelanggan mencari informasi mengenai produk, promosi, hingga berinteraksi secara intens dengan produk dan brand Anda.

Itulah sebabnya sangat disarankan Anda membuat landing page dengan informasi yang lengkap, spesifik, navigasi jelas, dan elemen penting lainnya yang bisa mendorong audiens melakukan tindakan yang Anda sarankan.

Untuk memudahkan upaya memaksimalkan kinerja halaman landing ini, Anda bisa menggunakan berbagai tools mengoptimalkan landing page. Yuk, cari tahu rekomendasinya di artikel kali ini.

Rekomendasi 9 Tools Optimasi Landing Page

Cara mudah mengoptimalkan kinerja landing page untuk menciptakan lebih banyak konversi, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta terpercaya. Mereka punya tim profesional yang akan membantu Anda.

Tetapi jika ingin mencoba melakukannya sendiri terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan beberapa tools landing page berikut. 

1. Divi Theme

Divi Theme adalah tema Wordpress yang diproduksi oleh Elegant Theme. Beberapa menu di dalamnya memungkinkan pengguna merancang landing page dengan mudah menggunakan drag and drop interface

Terdapat setidaknya 46 pre built modul yang disediakan dan bisa Anda coba untuk merancang berbagai landing page dalam waktu yang singkat. 

Anda hanya perlu mengkombinasikan tema ini menggunakan tools lain, seperti OptinMonster, sehingga performanya makin maksimal untuk mendapatkan lebih banyak leads.

2. OptinMonster

OptinMonster adalah tools yang dapat membantu pemilik situs web meningkatkan konversi dan mengumpulkan pelanggan potensial (leads). 

Beberapa fitur utama OptinMonster, antara lain:

  • Membuat formulir, baik yang berbentuk formulir pop-up, formulir slide-in, dan jenis formulir lainnya. 
  • Fitur untuk menargetkan formulir pada audiens yang paling potensial berdasarkan data perilaku konsumen yang sudah Anda miliki.
  • A/B testing tools untuk menguji tata letak, jenis, teks, atau gambar pada formulir demi memperbesar peluang terciptanya konversi.
  • Mudah terintegrasi dengan tools lain, seperti Customer Relationship Management (CRM), email marketing, Shopify, dan sebagainya.

3. Google Analytics

Google Analytics adalah tools yang sudah terbukti ampuh dan efektif untuk membantu pemilik website mengoptimalkan performa landing page

Di dalam Google Analytics terdapat data lengkap berkaitan performa situs web, mulai dari jumlah traffic, sumber traffic, click, interaksi audiens dengan landing page, bahkan jumlah konversi.

Semua data tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk menganalisis apakah strategi digital marketing yang Anda terapkan sudah tepat atau belum.

Bahkan menggunakan Google Analytics, Anda tidak hanya bisa melacak informasi demografis mengenai pengunjung, tetapi juga dapat menetapkan tujuan konversi untuk melacak leads

4. Crazy Egg

CrazyEgg adalah tools yang unik, sebab mampu memudahkan setiap penggunanya untuk memvisualisasikan seluruh tindakan pengunjung yang terjadi di landing page

Jika menggunakan tools ini, maka Anda akan mendapatkan kemudahan dalam hal:

  • Mengetahui penyebab pengunjung meninggalkan website tanpa melakukan konversi.
  • Anda juga bisa mengkombinasikan tools ini dengan Google Analytics, sehingga lebih optimal untuk mengetahui respons pengunjung saat melihat landing page atau saat berselancar di dalam website

Semua data yang Anda dapatkan dari penggunaan Crazy Egg bisa jadi bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan, sekaligus bisa meningkatkan kinerja setiap fitur sesuai dengan keinginan pelanggan.

5. Infusionsoft

Salah satu alasan banyak orang menggunakan tools Infusionsoft karena perangkat ini mampu mengirimkan email berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari setiap pelanggan.

Anda bahkan dapat menggunakan Infusionsoft untuk membuat segmentasi target market yang lebih kompleks dengan urutan responder.

Ingin menggunakannya berbarengan dengan OptinMonster juga bisa lho, dan ini memudahkan Anda mendorong target audiens untuk berlama-lama menelusuri landing page hingga halaman lain di dalam situs.

6. Smart Bribe

Pernahkah Anda berpikir mencantumkan ucapan terima kasih di akhir halaman landing page? Kalau belum, mungkin inilah saatnya Anda melakukannya.

Ucapan “terima kasih” terlihat sangat sederhana, tetapi ternyata bisa membuat audiens merasa dihargai. Lalu hal inilah yang kemudian mendorong mereka kembali mengunjungi landing page Anda.

Namun pastikan pembuatan halaman terima kasih harus kreatif, unik, interaktif, dan berbeda dari website lain. 

Tools Smart Bribe juga memungkinkan Anda menghasilkan opt in dalam jumlah banyak, serta membuat landing page semakin populer melalui pemberian insentif. 

7. Optimal Workshop

Optimal Workshop terdiri dari empat menu terpisah yang memungkinkan Anda mengoptimalkan landing page dengan cara yang lebih mudah. 

Empat menu di dalam Optimal Workshop, yaitu Freejack, Question, Chalk Mark, dan Optimal Sort. Khusus untuk Freejack, menu ini mampu mengidentifikasi alasan mengapa pengunjung meninggalkan landing page.

Selain itu, tools yang satu ini juga mampu memberikan berbagai insight yang berkaitan dengan respons pengunjung saat berada di halaman landing.

8. Leadpages

Leadpages adalah alat yang memungkinkan Anda membuat landing page tinggi konversi. Itulah sebabnya, tools yang satu ini dikenal juga sebagai landing page builder terbaik. 

Menggunakan Leadpages, Anda dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung situs web, sekaligus dapat mengubah klik menjadi konversi. 

Oh ya, untuk bisa menggunakan alat ini, Anda perlu membayar biaya berlangganan, mulai dari $49 hingga $99.

9. Menggunakan ChatGPT

Teknologi Artificial Intelligence (AI) maju pesat dan salah satunya adalah ChatGPT. Anda bisa lho menggunakan ChatGPT untuk memaksimalkan kinerja landing page website bisnis.

Caranya, ajak AI berdiskusi mengenai kebutuhan landing page yang Anda inginkan, kemudian mintalah AI membuatkan copywriting, meta description, hingga coding untuk tampilannya.


Demikian 9 tools untuk mengoptimalkan landing page yang bisa Anda coba. Jika membutuhkan konsultasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim digital agency Jakarta seperti Redcomm yang siap membantu Anda memiliki landing page bernilai konversi tinggi. Yuk, langsung hubungi Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER