Pernahkah Anda merasa frustasi melihat page view website Anda tak mengalami peningkatan? Padahal, Anda sudah rajin update konten secara teratur, menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan traffic, bahkan sudah pula menerapkan dasar-dasar maupun tips SEO. Agar tak lagi frustasi, coba terapkan 6 cara meningkatkan page view website agar traffic stabil sepanjang tahun yang kali ini Redcomm bagikan untuk Anda. 

 

Pengertian dan Cara Menghitung Page View

Page view adalah jumlah halaman pada website atau blog yang dibuka oleh pengunjung. Dalam hal ini, pengunjung bisa manusia, bisa pula bot atau robot dari mesin pencari. 

 

Cara menghitung jumlah page view, atau yang disingkat dengan PV, adalah setiap satu pengunjung membuka halaman website Anda sebanyak satu kali, maka page view juga akan berjumlah satu. Jika pengunjung yang sama membuka halaman lain di website yang sama, maka jumlah page view pun ikut bertambah.

 

Tips Meningkatkan Page View Website dengan Cara Mudah

Semakin banyak page view alias jumlah halaman yang dikunjungi dan dibaca oleh pengunjung, memungkinkan traffic website pun mengalami peningkatan. Selain itu, jika website Anda merupakan website bisnis atau website toko online sudah tentu peluang terjadinya konversi yang Anda harapkan pun jadi semakin besar. 

 

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menaikkan jumlah kunjungan di website? Nah, berikut ini 6 cara meningkatkan page view website agar traffic stabil sepanjang waktu.

 

  1. Buatlah Konten dengan Niche Spesifik

Konten seperti apa yang bisa meningkatkan page view? Sangat disarankan agar Anda memuat konten dengan niche atau tema yang spesifik sesuai dengan tema website Anda. Contohnya, seperti website Redcomm yang saat ini sedang Anda baca. Karena bidang industri Redcomm adalah digital agency di Jakarta yang menangani internet marketing strategies, social media and digital marketing, digital business, brand consultant, branding companies, ad agency websites, dan sejenisnya, maka konten artikel yang ada di website ini banyak bertema digital marketing, social media campaign, KOL management, bahkan tips terkait bisnis lain.

 

Maka, alangkah baiknya jika Anda menentukan terlebih dahulu niche atau tema website yang disesuaikan dengan bisnis atau branding yang ingin Anda bangun. Kalau sudah, buatlah konten, baik dalam bentuk artikel yang SEO friendly, infografis, video, dan sebagainya, yang berkaitan dengan tema tersebut. 

 

Jangan lupa, buat pula konten evergreen yang banyak dicari pengguna internet sepanjang tahun. Konten-konten evergreen ini akan mampu meningkatkan page view dan traffic bagi website Anda secara berkesinambungan.

 

 

 

  1. Lakukan Riset Keyword

Sebelum menulis, lakukan riset keyword alias kata kunci. Misalnya, Anda ingin menulis tentang Jenis-jenis Optimasi SEO, maka keyword yang Anda bidik bisa berupa “optimasi SEO dengan cara mudah” misalnya. Anda bisa menggunakan aplikasi atau perangkat pihak ketiga untuk melakukan riset keyword ini, seperti menggunakan situs UberSuggest, Google Keyword Planner, Ahrefs, atau situs-situs kredibellain untuk memeriksa kekuatan keyword tersebut. 

 

Jika hasil riset dari kata kunci tersebut kurang bagus, Anda bisa menggantikan dengan kata kunci lain yang lebih powerfull dan tepat sasaran, serta masih sesuai dengan tema konten dan tema website Anda. 

 

Riset keyword merupakan salah satu tips meningkatkan page view (PV) website paling ampuh. Tujuan riset keyword adalah untuk mengamati dan mengetahui potensi persaingan kata kunci yang Anda bidik di SERP atau search engine Google. Semakin baik peringkat artikel Anda, semakin besar pula kemungkinan mendatangkan viewer di website

 

  1. PengulanganKeyword dalam Konten Orisinal dan Unik

Setelah menemukan keyword yang tepat, lakukan repetisi keyword yang disebarkan secara merata pada artikel. Biasanya, pada tulisan sepanjang 500 kata, keyword diulang sebanyak 4 hingga 8 kali. Jangan terlalu sedikit, namun juga jangan terlalu banyak. Artikel yang terlalu banyak pengulangan kata kunci, apalagi disebar di dalam artikel secara sembarangan, akan membuat artikel tidak nyaman dibaca, sekaligus bisa dianggap Google sebagai tindakan spamming. Pandai-pandailah dalam mengolah kata agar kalimat yang disisipi kata kunci tetap enak dibaca. 

 

Meski diminta untuk melakukan pengulangan kata kunci, tetaplah buat konten maupun artikel yang original dan unik. Anda di sini bukan hanya memenangkan posisi di mesin pencari, namun juga menyenangkan pembaca Anda sehingga mereka akan sering berkunjung ke website Anda. 

 

Sebaiknya, hindari artikel yang berisi berita sensasional, gosip, hoax atau bentuk penulisan artikel lain yang hanya mengejar jumlah page view. Lebih baik menulis dengan tema lain yang informatif dan bermanfaat. Pembaca setia akan datang sendiri kok jika memang konten yang Anda buat bagus.

 

 

  1. Publish Artikel secara Teratur / Konsisten

Isilah website dengan artikel secara teratur, misalnya seminggu 2 kali sesuai kemampuan Anda. Jangan sampai, Anda publish artikel setiap hari pada minggu pertama, namun setelahnya selama berminggu-minggu kemudian tidak ada lagi artikel yang Anda publish

 

Jika Anda rajin update konten di website, maka pembaca setia akan dengan senang hati menunggu konten Anda selanjutnya, bahkan Google pun bisa secara rutin mengunjungi website Anda untuk melakukan crawling

 

Untuk mengatasi rasa bosan saat membuat konten, tulislah artikel sebanyak-banyaknya sebagai stok. Jadi ketika Anda jenuh, Anda tinggal publish artikel yang sudah siap tayang (artikel yang sudah Anda tulis sebelumnya, namun belum Anda tayangkan). 

 

  1. Gunakan Template yang Mobile Friendly

Tips meningkatkan pv website yang selanjutnya adalah memilih template yang mobile friendly. Saat ini, masyarakat lebih banyak membaca artikel online dengan menggunakan HP ketimbang PC. Jadi, kalau situs Anda bagus, namun kurang nyaman saat dibaca lewat ponsel, besar kemungkinan pengunjung akan kabur. 

 

Oleh karena itu, setelah melakukan pengaturan pada template, pastikan template tersebut juga memiliki tampilan yang bagus ketika dibuka melalui browser di smartphone atau ponsel Anda, serta pastikan pula sudah mobile friendly.

 

  1. Tingkatkan Kecepatan Loading Website

Apa yang Anda lakukan jika membuka suatu website, namun proses loading sampai halaman website sepenuhnya terbuka memakan waktu yang lama? Kemungkinan besar, Anda akan memutuskan untuk mencari website lain. Benar, tidak?

 

Apa yang Anda lakukan, tentu saja akan dilakukan pula oleh pengunjung lain ketika harus berhadapan dengan website yang waktu loading lama. Biasanya, ukuran foto atau gambar yang terlalu besar dapat mempengaruhi kecepatan website, begitu pula dengan penggunaan script, plugin, dan sebagainya. Oleh karena itu, lakukan optimasi dan tingkatkan kecepatan loading website Anda.

 

 

  1. Gunakan Internal dan Eksternal Link

Gunakan link internal dan eksternal di dalam setiap artikel yang ada di website Anda. Link internal memiliki manfaat untuk meningkatkan jumlah halaman website yang dilihat dan dibaca oleh pengunjung. 

 

Sementara, link eksternal bisa Anda gunakan sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan konten. Link eksternal akan membuat website Anda terlihat lebih terpercaya oleh mesin pencari. Selain itu, manfaat utama dari menyertakan sumber lain yang memperkuat isi konten Anda, akan membuat pengunjung menjadi lebih percaya sehingga mereka mendapatkan lebih banyak referensi yang mereka butuhkan. Otomatis, mereka bisa menjadi pengunjung setia website Anda.

 

Beberapa cara meningkatkan page view website agar traffic stabil sepanjang tahun ini bisa pula dilengkapi dengan rajin membagikan tulisan di website Anda pada berbagai media sosial yang Anda miliki untuk menjangkau lebih banyak pembaca. Jika ingin tahu lebih banyak mengenai peningkatan traffic website bisnis, Anda juga bisa menghubungi salah satu digital marketing agency Jakarta.