MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Jenis SEO dan Cara Kerjanya

25 May  · 
4 min read
 · 
eye 17.025  
SEO & SEM

redcomm

Bagi pebisnis yang menggunakan website sebagai media promosi online, Anda perlu mengenal yang namanya Search Engine Optimization atau SEO. Terdapat 3 jenis SEO yang sangat bermanfaat bagi suksesnya strategi meningkatkan traffic organik dan penentuan posisi website di mesin pencari.

Melalui artikel ini, Redcomm knowledge akan berbagi insight tentang 3 jenis SEO, yaitu SEO On Page (di halaman), SEO Technical (teknis), dan SEO Off Page (di luar halaman), sekaligus mempelajari cara kerja SEO secara lebih spesifik.

Mengenal 3 Jenis SEO dan Cara Kerjanya

Tujuan menerapkan strategi SEO adalah mengoptimalkan konten di halaman website mendapatkan posisi terbaik di Search Engine Result Page (SERP) dan membuat calon konsumen mudah menemukan website Anda.

Di saat yang sama, SEO yang menjadi bagian penting dalam penerapan strategi digital marketing juga dapat membantu Anda meningkatkan kinerja website agar dapat menjangkau target audiens yang lebih luas.

Nah, berikut jenis SEO yang perlu Anda manfaatkan untuk meningkatkan kinerja website bisnis beserta cara kerjanya:

1. SEO On Page

SEO On-Page adalah semua langkah yang perlu Anda lakukan di dalam situs web untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja setiap halaman di website agar mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari.

Upaya menerapkan strategi SEO On Page mencakup pengoptimalan konten, struktur HTML, dan elemen halaman lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut faktor-faktor yang mempengaruhi SEO On Page, antara lain:

  • Content is king, ini benar adanya dan salah satu faktor penting dalam SEO On Page adalah konten yang berkualitas dan konten SEO friendly. Jangan lupa, isi konten harus relevan dengan target audiens dan gunakan kata kunci yang tepat.
  • Ciri konten berkualitas, yaitu konten yang dibuat untuk manusia dan bisa memenuhi algoritma E-E-A-T atau expertise, experience, authoritativeness, dan trustworthiness sesuai Google guidelines
  • Untuk bisa menggunakan kata kunci yang tepat, tentu Anda perlu melakukan riset keyword menggunakan tools untuk riset keyword. Selain itu, kombinasikan kata kunci dengan short tail dan long tail keyword.
  • Title tags (judul halaman) dan meta description harus bisa menggambarkan isi halaman serta mengandung kata kunci yang relevan agar dapat menarik perhatian audiens. Ini adalah salah satu elemen pertama yang dilihat oleh mesin pencari.
  • Faktor penting berikutnya dalam penerapan SEO On Page, yaitu penggunaan header tags (H1, H2, H3, dst) agar mesin pencari memahami struktur konten, optimasi URL yang sesuai dengan kaidah SEO, melakukan optimasi gambar yang menggunakan deskripsi dan ALT Text, serta membangun internal link untuk menavigasi pengguna, sekaligus agar halaman bisa terindeks di mesin pencari dengan lebih baik.

Semua faktor On Page SEO akan membantu mesin pencari supaya bisa melakukan crawling, indexing, dan penentuan ranking yang lebih baik, dan akhirnya dapat mendorong terjadinya peningkatan traffic website.

Untuk membantu semua aspek SEO yang ada di halaman, Anda bisa menggunakan berbagai tools pendukung, seperti Alexa, Ahrefs, Moz, dan sebagainya.

Sementara, jika ingin melakukan penelitian kata kunci dan pembuatan konten, ada banyak tools research keyword yang bisa digunakan, seperti menggunakan Ubersuggest, Ahrefs, hingga. keyword planner.

Melalui pemanfaatan tools khusus optimasi kata kunci akan membantu Anda dalam menemukan keyword yang relevan, paling populer, dan saingannya rendah untuk Anda gunakan di website.

Langkah sederhana melakukan implementasi SEO On Page pada halaman website, Anda bisa mulai dari melakukan riset kata kunci yang mendetail, kemudian baru menulis konten berkualitas tinggi. 

Pada saat proses publikasi konten di website, lakukan optimasi berbagai elemen HTML, seperti title tags, meta deskripsi, dan header tags.

Selanjutnya hal yang juga penting Anda lakukan adalah memastikan URL konten harus deskriptif, tidak terlalu panjang, memuat kata kunci, dan ramah SEO.

Jangan lupa, pastikan mengoptimasi gambar dengan benar dan ukuran size gambar tidak lebih dari 100Kb agar loading speed halaman tetap terjaga dengan baik.

2. Technical SEO

Technical SEO adalah semua aspek teknis yang mempengaruhi kemampuan mesin pencari untuk merayapi dan mengindeks situs. 

Bisa dikatakan, teknis SEO berkaitan dengan semua hal yang berkaitan dengan elemen non-konten dan berfokus pada implementasi yang memperkuat pondasi serta struktur website.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan situs web bisa diakses mesin pencari, meningkatkan keterbacaan situs, sekaligus untuk meningkatkan user experience yang sama bagusnya bagi para audiens.

User experience yang bagus sangat penting karena mempengaruhi tinggi tidaknya traffic kunjungan dan keterlibatan audiens di website.

Elemen penting dalam technical SEO yang perlu Anda implementasikan, antara lain:

  • Kecepatan loading halaman yang lambat dapat mengurangi peringkat situs web dan meningkatkan bounce rate. Maka, Anda perlu memastikan kecepatan situs terjamin dan mudah diakses.
  • Responsif dan mobile-friendliness, sehingga mudah diakses di semua perangkat.
  • Peta situs atau sitemap XML membantu mesin pencari memahami struktur situs dan menemukan semua halaman yang ada.
  • Robots.txt adalah file yang akan memberi tahu mesin pencari halaman mana yang boleh dan tidak boleh diindeks, sehingga memudahkan indexing oleh robot crawler.
  • Menggunakan sertifikat SSL dan memastikan situs sudah menerapkan HTTPS berguna untuk memastikan situs web terjamin dan meningkatkan kepercayaan pengguna dan peringkat di mesin pencari.
  • Canonical tags menjadi elemen yang membantu situs terhindar dari masalah konten duplikat dengan menggunakan tag kanonik yang menunjukkan versi asli dari halaman.
  • Schema markup atau struktur data membantu mesin pencari memahami konten dengan lebih baik dan dapat meningkatkan penampilan di hasil pencarian.

Solusi termudah untuk mengukur cara kerja SEO teknis, Anda bisa memanfaatkan tools audit SEO. Caranya, Anda cukup memasukkan link situs web. Lalu, Anda bisa mendapatkan laporan lengkap mengenai status elemen teknis di dalam website

Bahkan, Anda bisa mendapatkan petunjuk lengkap mengenai cara penyelesaian untuk masalah-masalah teknis yang ditemukan.

3. Off Page SEO

SEO off page adalah semua aktivitas yang dilakukan untuk membangun hubungan antara situs Anda dengan situs web lain yang tujuannya membangun reputasi dan meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian. 

Penerapan teknik SEO off page yang bagus menjadi faktor dalam menentukan page rank Google. Di saat yang sama, ini menjadi signal yang memberi tahu ke Google kalau Anda mengelola situs website dengan baik. 

Apalagi kalau ada banyak website lain dengan reputasi baik memberikan referensi ke website Anda. Artinya, website bisnis Anda adalah website yang terpercaya dan bisa diandalkan.

Umumnya, SEO off page berkaitan dengan link building atau mendapatkan backlink berkualitas. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul “Manfaat Backlink untuk Website Bisnis” dan sudah bisa Anda baca di Redcomm Knowledge. Tinggal ketik saja judul tersebut di kotak pencarian di situs ini ya.

Prinsipnya, Anda perlu memastikan mayoritas tautan atau backlink yang diarahkan ke situs web Anda, berasal dari website yang niche atau temanya relevan. Lebih bagus lagi jika bentuknya backlink dofollow.

Ada banyak cara membangun reputasi suatu situs web, misalnya strategi guest post, content placement, sponsor post, dll, atau menerapkan strategi link building berkualitas lainnya.

Jika membutuhkan konsultasi mengenai berbagai jenis SEO, cara kerjanya, dan mana yang perlu Anda terapkan segera, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang punya jasa SEO profesional

Namun pastikan Anda tidak sembarangan memilih layanan dan jasa SEO. Anda perlu berhati-hati dengan jasa SEO murah yang belum tentu bagus hasilnya. Lebih baik, Anda langsung klik saja Kontak Redcomm.

Terapkan 3 jenis SEO di artikel ini untuk mendapatkan kinerja situs web bisnis yang lebih baik. Jangan lupa lengkapi juga pengetahuan Anda mengenai SEO dan Faktor Penting dalam SEO, serta Cara Bekerja Sama dengan Jasa SEO Profesional.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER