Membandingkan satu produk dengan produk lain yang serupa dari brand berbeda merupakan hal lumrah, atau biasa dilakukan oleh para konsumen sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, apalagi di era digital business seperti sekarang. Pelanggan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi produk yang diinginkan melalui internet.

 

Hal ini tentu menjadi salah satu tantangan terbesar bagi para pebisnis untuk memenangkan persaingan dalam memikat calon pelanggan. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena pada Redcomm Knowledgekali ini akan membahas cara membuat konten internet marketing strategies yang powerful!

 

Cara Membuat Konten Powerful dengan Prinsip 3E untuk Peningkatan Traffic Website Bisnis

Untuk membuat konten yang bisa menarik perhatian konsumen, Anda bisa menggunakan prinsip edukasi, engaging, dan emosional atau 3E. Berikut ini adalah cara membuat konten powerful menggunakan prinsip 3E yang bisa Anda lakukan. 

 

  1. Edukasi

Dalam menjalankan strategi content marketing, Anda tidak diwajibkan membuat konten yang menampilkan produk Anda setiap saat. Karena, konten yang baik justru merupakan informasi yang bersifat edukatif.

 

Mengapa konten edukasi sangat penting? Konten edukatif dapat memberikan kepercayaan audiens terhadap produk Anda. Kemudian, mampu meningkatkan kunjungan calon pelanggan ke website dan media sosial, serta membantu memberikan pengetahuan kepada pengunjung.

 

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat konten edukasi, seperti tetap mengacu pada kaidah Search Engine Optimization (SEO). Dengan menerapkan konten yang SEO friendly, kunjungan pada situs ataupun media sosial Anda bisa bertambah, sehingga turut meningkatkan konversi untuk penjualan.

 

 

Berikut ini adalah beberapa konten edukasi yang bisa Anda pilih dalam melakukan social media and digital marketing campaign

 

  • Tips dan Trik

Untuk membuat konten edukasi yang mengusung tema tips dan trik, Anda bisa membuat konten yang masih berhubungan dengan produk Anda. Contohnya, ketika Anda menjual produk fashion, Anda bisa membuat konten mix and match pakaian. Sajikan konten dengan lebih singkat, namun informatif, dan gunakan poin-poin disertai tampilan visual yang eye-catching agar mudah dipahami oleh audiens. 

 

  • Review

Pada konten review, Anda bisa mengulas informasi produk secara lengkap, mulai dari bahan pembuatan, bentuk, tekstur, aroma, rasa, dan lain sebagainya, disesuaikan dengan produk yang Anda jual.

 

Beritahukan juga kegunaan dan manfaat dari produk yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual skin care berupa cream wajah, maka informasikan manfaatnya untuk menjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari sinar UVA/UVB.

 

Jangan lupa untuk mengulas keunggulan maupun kelebihan produk yang Anda jual. Seperti misalnya, cream wajah bisa mencerahkan kulit dalam dua minggu, sudah terdaftar BPOM, bisa untuk semua jenis kulit, dan dermatology tested

 

Nah, dengan membuat konten review yang lengkap, Anda dapat membantu para audiens atau calon pelanggan untuk lebih memahami keunggulan produk Anda dan mereka pun jadi lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

 

 

  • Tutorial

Dalam membuat konten edukasi berupa tutorial, Anda bisa menerapkannya dengan membagikan tata cara penggunaan produk. Contoh, Anda memiliki bisnis hijab. Maka, Anda bisa membuat tutorial menggunakan berbagai macam model hijab atau tutorial penggunaan hijab yang cocok untuk busana tertentu. Intinya, konten tutorial harus berkaitan dengan produk Anda.

 

  1. Engaging

Konten engaging merupakan konten yang mampu menawarkan sesuatu yang baru, baik itu pengetahuan ataupun perspektif yang bermanfaat bagi para pengikut serta dapat menginspirasi sekaligus menghibur audiens.

 

Jika Anda ingin memiliki konten dengan engaging yang tinggi, buatlah konten yang unik dan out of the box, atau yang belum pernah ditemukan para audiens sebelumnya. Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan teknik SEO agar konten Anda mudah ditemukan di mesin pencari. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten engaging, yaitu: 

 

  • Buatlah opening konten yang menarik. Alasannya, untuk menilai konten Anda menarik atau tidak, para audiens hanya perlu melihat dalam beberapa menit awal saja. Oleh karena itu, buat audiens terkesima dan ingin menonton konten Anda sampai menit akhir sejak beberapa detik pertama setelah mereka menemukan konten Anda.
  • Buat konten yang membuat calon pelanggan bertanya-tanya. Namun, sebelum memulainya, Anda harus mempersiapkan beberapa hal, seperti menyematkan pertanyaan yang membuat pembaca penasaran dan mencari tahu lebih lanjut, sehingga mereka bisa merefleksikan dan mengimplementasikan pengetahuan yang ada di konten Anda. 
  • Buatlah konten dengan teknik storytelling, tapi dikemas dengan cara menarik dan menghibur.

 

 

  1. Emosional

Konten yang powerful tidak hanya konten yang mampu menggunakan fakta, logika, melainkan juga harus mampu menyentuh emosi audiens. Semakin Anda mudah menghadirkan konten yang mampu menyentuh emosi audiens, maka Anda akan semakin mudah menggiring audiens bertindak sesuai dengan keinginan Anda. Oleh karena itu, menambahkan unsur emosi di dalam konten yang dibuat merupakan hal penting. Entah emosi sedih, gembira, antusias, ataupun emosi marah.

 

Selain itu, buatlah konten dalam bentuk video. Bagi generasi masa kini, terutama Gen Z, mereka cenderung lebih suka konten yang memiliki format video. Lagi pula, dengan adanya visual gerak dan juga audio, kekuatan pesan yang ingin Anda sampaikan bisa lebih mudah menyentuh emosi audiens. 

 

Jika Anda memerlukan referensi iklan atau video commercial yang mampu mempengaruhi audiens, cobalah untuk menonton iklan yang berasal dari Thailand. Iklan yang mereka buat cenderung lebih bisa memberikan kesan emosional. Tidak cukup sampai di situ, mereka pun biasanya memberikan storytelling dalam video iklan tersebut.

 

Nah, apakah Anda sudah memahami bagaimana cara membuat konten yang powerful agar menarik minat audiens? Jika sudah memahaminya, kini giliran Anda yang perlu mempraktikkannya pada media sosial dan website bisnis Anda. Namun apabila merasa membutuhkan bantuan profesional dalam membuat konten powerful, cobalah bekerja sama dengan digital advertising agency