knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Manfaat Website Untuk Meningkatkan Kredibilitas UKM dan Dapat Banyak Pelanggan

04 Aug  · 
4 min read
 · 
eye 4.699  
Digital Marketing

Website Untuk Kredibilitas Ukm Dan Dapat Banyak Pelanggan

Penting tidak sih UKM memiliki website bisnis? Jawabannya sebenarnya bisa saja tergantung kebutuhan. Namun jika ingin meningkatkan kredibilitas dan mendapatkan banyak pelanggan, tentunya Anda perlu memiliki website.

Di saat yang sama, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau memiliki dan membangun website bisnis, antara lain: tersedianya informasi 24/7, layanan dan akses 24 jam, efisiensi biaya untuk jangkauan pasar yang luas, dan sebagainya. 

Artikel Redcomm Knowledge kali ini akan mengulas secara lengkap manfaat website untuk UKM. Yuk, baca artikel di bawah ini sampai selesai.

Alasan Pentingnya Bisnis UKM Punya Website

Saat ini, memang masih banyak penggerak UKM lebih mengutamakan penjualan secara offline. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang melihat adanya peluang lebih besar untuk memanfaatkan teknologi demi mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

Upaya-upaya pemanfaatan teknologi tersebut, antara lain dengan membuat website, promosi melalui sosial media, dan penerapan strategi digital marketing lainnya. 

Meskipun saat ini sudah dianggap sebagai era media sosial, mengingat banyak orang dengan senang hati menghabiskan waktu mereka di sana, tetap saja sumber referensi dan informasi terbaik didapatkan dari website

Inilah kenapa penting sekali bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis UKM untuk membuat dan membangun website bisnis. 

Tak cuma untuk meningkatkan kredibilitas, mendapatkan banyak pelanggan, hingga meningkatkan penjualan. Masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

7 Manfaat Website Bagi Bisnis UKM

1. Tersedianya Informasi 24/7

Ada kurang lebih 250 juta pengguna internet di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 35 persennya didominasi pengguna berusia 15 hingga 35 tahun. 

Pengguna yang termasuk generasi milenial hingga generasi Z ini lebih melek dan tanggap dengan teknologi terkini.

Mereka terbiasa mencari lebih banyak informasi sebelum memutuskan sesuatu, termasuk ketika hendak membutuhkan atau membeli suatu produk. 

Generasi milenial yang kritis tidak akan serta merta melakukan pembelian ketika menginginkan suatu produk atau jasa yang dibutuhkan. 

Mereka akan membandingkan produk yang satu dengan produk lainnya dari segi harga, kualitas, serta pengalaman pengguna lain yang bisa mereka temukan di internet.

Malah ada banyak pula yang lebih memilih berbincang dengan sesama pengguna produk demi mendapatkan saran terbaik, mana produk yang paling bagus di antara produk sejenis. 

Itu sebabnya, Anda membutuhkan website demi menyediakan berbagai informasi secara lengkap dan detail terkait brand, produk, maupun jasa yang Anda sediakan. 

Semakin lengkap informasi yang Anda berikan, maka bisa meningkatkan keinginan mereka untuk langsung melakukan pembelian atas produk yang Anda tawarkan.

2. Layanan dan Akses 24 Jam

Jika di masa lalu orang membeli dan menjual barang dengan bertatap muka, maka saat ini adalah era di mana ketika pedagang tidur, pembeli tetap bisa melakukan pembelian dengan aman dan nyaman.

Kebiasaan berbelanja seperti ini mendorong pebisnis untuk bisa menyediakan layanan yang dapat diakses 24 jam. 

Atau ketika siang hari kesibukan begitu padat sehingga tidak sempat mencari informasi tentang suatu produk, maka malam hari menjadi waktu yang tepat bagi masyarakat modern untuk mencari informasi.

Tentunya website yang bisa memenuhi kebutuhan audiens akan menjadi prioritas, termasuk ketika mereka perlu melakukan pembelian langsung. 

Ini artinya, pemilik UKM perlu memiliki website yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan maupun calon pelanggan. 

Agar website bisnis ramai pengunjung, lengkapi dengan customer service yang siap sedia memberikan jawaban ketika ada pertanyaan yang diajukan pelanggan. 

3. Membangun Brand Identity yang Kuat

Brand identity adalah kumpulan elemen yang mencerminkan bagaimana perusahaan atau produk Anda dilihat oleh publik.

Nah, website adalah platform yang sempurna untuk membangun brand identity atau identitas bisnis yang kuat, sehingga mudah diingat oleh pelanggan untuk waktu yang lama.

Anda dapat mendesain website sesuai dengan karakteristik dan nilai-nilai bisnis, mulai dari logo, warna, tipografi, gaya visual, hingga konten yang disajikan. 

4. Efisiensi Biaya untuk Jangkauan Pasar yang Luas

Penggunaan website diakui membuat biaya operasional harian bisa lebih ditekan. Pasalnya, website dapat menjadi media efektif dan praktis dalam upaya mempromosikan brand dan produknya. 

Contohnya, di dalam satu website bisa tersedia berbagai layanan sekaligus. Mulai dari promosi digital secara 24 jam penuh tanpa harus membayar biaya lebih hanya untuk advertising

Iklan bisa dipasang dengan durasi panjang dan dengan biaya yang lebih efisien karena tak terbatas durasi layaknya kalau pasang iklan di televisi maupun radio. 

Pemasangan billboard memang penting, tetapi iklan seperti ini membutuhkan biaya sangat besar dengan jangkauan pasar yang terbatas. 

Sebaliknya, satu kali pasang iklan di website bisa menjangkau siapa pun dan dari wilayah mana pun, termasuk bisa diakses pelanggan dari luar negeri. 

Website juga bisa menjadi customer service, yang memberikan informasi lengkap mengenai bisnis dan produk yang tersedia, mencatat kebutuhan dan pesanan pelanggan, bahkan menerima keluhan pelanggan, sekaligus memberikan solusi terbaik. 

Bahkan di dalam website juga bisa menyediakan fitur pembelian, pembayaran dan tracking pesanan.

5. Meningkatkan Kredibilitas UKM

Memiliki website memberikan kesan bisnis Anda serius dan dapat dipercaya. Cukup banyak penelitian yang menunjukkan 84% konsumen akan lebih mempercayai bisnis yang memiliki website ketimbang yang hanya mengandalkan media sosial.

Maka secara tidak langsung hasil penelitian itu menunjukkan bahwa penggunaan website bagi UKM bisa membuat calon pelanggan merasa lebih yakin kalau bisnis Anda real dan bukan usaha tipu-tipu.

Inilah yang kemudian meningkatkan ketertarikan mereka untuk membeli produk, jasa, maupun layanan bisnis yang Anda sediakan.

Namun saat Anda memutuskan memiliki website bisnis, maka perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pastikan website memiliki desain yang menarik.
  • Pengelolaan dan optimasi website dilakukan secara berkesinambungan agar lebih mudah ditemukan pelanggan di mesin pencari.
  • Menerapkan berbagai strategi digital marketing agar website mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Jika saat ini masih bingung harus memulai dari mana untuk bisa memiliki website yang mampu menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa bekerja sama dengan full service marketing agency atau salah satu digital marketing agency Indonesia maupun digital agency Jakarta yang memiliki layanan web development.

Tim dari digital agency tersebut akan membantu Anda membangun website terbaik yang bisa menarik lebih banyak pelanggan hingga pertumbuhan bisnis Anda jadi lebih baik.

6. Interaksi dengan Pelanggan Terjaga Baik

UKM yang menggunakan website sebagai media promosi, juga sekaligus membuka peluang agar pelanggan bisa langsung berinteraksi saat membutuhkan suatu produk atau jasa. 

Untuk itu, pengaturan navigasi pada website harus dibuat rapi, tidak membingungkan, dan bisa memudahkan pelanggan yang sedang melakukan pencarian.

Beberapa navigasi yang wajib ada dalam website bisnis demi membangun interaksi yang baik dengan pelanggan, antara lain: 

  • Adanya informasi detail terkait brand, nama dan visi perusahaan. 
  • Layanan yang tersedia, seperti layanan pemesanan, layanan tanya jawab, bahkan fitur untuk melakukan transaksi. 
  • Kontak perusahaan harus jelas, mulai dari tempat, lokasi, dan alamat usaha, nomor kontak yang bisa dihubungi, alamat surel, dan sebagainya. 
  • Tombol navigasi lainnya terlihat jelas dan bisa bekerja dengan baik ketika di klik.

7. Menyediakan Live Chat atau Chatbot

Pemanfaatan website ternyata juga bisa menjadi upaya dari pemilik UKM untuk memberikan layanan pelanggan yang baik.

Dua fitur yang kini dapat digunakan, yaitu live chat maupun chatbot di mana calon konsumen bisa bertanya langsung mengenai informasi produk. 

Misalnya, Anda seorang pemilik brand UKM yang bergerak di produksi sepatu kulit. Sediakan saja chatbot yang bisa menjawab semua pertanyaan pelanggan, termasuk ketika mereka mencari tips merawat sepatunya sehingga tetap awet dan terlihat baru. 


Semoga artikel tentang manfaat website untuk meningkatkan kredibilitas UKM dan mendapatkan banyak pelanggan ini berguna. Jika sudah punya website, jangan lupa lakukan optimasi website dan buat Konten Powerful untuk Meningkatkan Traffic Website Bisnis.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC