6 Alasan Website Meningkatkan Kredibilitas UKM untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Read Time: 4 min

CATEGORY:

Digital Marketing Strategy


SHARE:

FACEBOOK

TWITTER


RATING:

Apabila Anda bertanya mengenai penting tidaknya UKM memiliki website, maka jawabannya tentu saja penting. Adanya website sudah menjadi kebutuhan pelaku usaha karena merupakan salah satu bagian dari digital marketing strategy di era teknologi. Meskipun tidak dipungkiri jika ada beberapa pengusaha yang masih nyaman menggunakan cara penjualan secara konvensional, namun setidaknya ada 6 alasan website meningkatkan kredibilitas UKM untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

 

6 Alasan Website Meningkatkan Kredibilitas UKM untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Saat ini memang masih banyak penggerak UKM lebih mengutamakan penjualan secara offline. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang melihat adanya peluang lebih besar untuk memanfaatkan teknologi demi mendapatkan lebih banyak pelanggan. Upaya-upaya pemanfaatan teknologi tersebut, antara lain dengan membuat website, promosi melalui sosial media, dan penerapan digital marketing lainnya. 

 

Meskipun saat ini dianggap sebagai era sosial media mengingat banyak orang dengan senang hati menghabiskan waktu mereka di sana, tetap saja sumber referensi dan informasi terbaik didapatkan dari website. Beberapa alasan website bisa meningkatkan kredibilitas UKM sehingga bisa meningkatkan penjualan dan mendapatkan lebih banyak pelanggan, antara lain:

 

  1. Pasar Milenial yang Melek Teknologi Membutuhkan Informasi Lebih Banyak

Dari kurang lebih 250 juta pengguna internet di Indonesia, sekitar 35 persennya didominasi pengguna berusia 15 hingga 35 tahun. Pengguna yang termasuk generasi milenial ini lebih melek dan tanggap dengan teknologi terkini sehingga mereka terbiasa mencari lebih banyak informasi sebelum memutuskan sesuatu, termasuk ketika hendak membutuhkan atau membeli suatu produk. 

 

Generasi milenial yang kritis tidak akan serta merta melakukan pembelian ketika menginginkan suatu produk atau jasa yang dibutuhkan. Mereka akan membandingkan produk yang satu dengan produk lainnya dari segi harga, kualitas, pengalaman pengguna lain yang bisa mereka temukan di internet, atau malah berbincang dengan sesama pengguna produk tersebut demi mendapatkan saran terbaik, mana produk yang paling bagus di antara produk sejenis. 

 

Itu sebabnya, Anda membutuhkan website yang akan memberikan informasi secara lebih lengkap dan detail terkait brand, produk, maupun jasa yang Anda sediakan. Semakin lengkap informasi yang Anda berikan maka bisa meningkatkan keinginan mereka untuk langsung melakukan pembelian atas produk yang Anda tawarkan. 

 

  1. Akses 24 Jam dengan Layanan Lengkap

Di era modern seperti saat ini ketika manusianya lebih mobile dengan berbagai aktivitas yang hampir 24 jam penuh, maka jelas hal ini berbanding lurus dengan keinginan akan pemenuhan kebutuhan yang bisa diakses 24 jam pula. 

 

Jika di masa lalu ketika seseorang membutuhkan produk atau jasa tertentu harus bertatap muka secara langsung dan hanya bisa dilakukan pada jam kerja, maka saat ini bisnis yang bisa memberikan  layanan selama 24 jam penuh jelas akan lebih dipilih pelanggan. 

 

Faktor lain, ketika kesibukan di siang hari berfokus pada pekerjaan, dan baru malam hari mereka membutuhkan referensi atas suatu produk yang sedang mereka butuhkan, website akan menjadi pilihan mereka untuk mendapatkan berbagai promosi dan penawaran. Itulah sebabnya, pemilik UKM penting sekali memiliki website yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan maupun calon pelanggan. Alangkah lebih baiknya jika website juga dilengkapi dengan customer service yang siap sedia memberikan jawaban ketika ada pertanyaan yang diajukan pelanggan. 

 

  1. Efisiensi Biaya untuk Jangkauan Pasar yang Luas

Penggunaan website diakui membuat biaya operasional harian bisa lebih ditekan. Pasalnya, website bisa menjadi media efektif dan praktis dalam upaya mempromosikan brand dan produknya. Contohnya, di dalam satu website bisa tersedia berbagai layanan sekaligus, mulai dari promosi digital secara 24 jam penuh tanpa harus membayar biaya lebih hanya untuk advertising. Iklan bisa dipasang dengan durasi panjang dan dengan biaya yang lebih efisien karena tak terbatas durasi layaknya kalau pasang iklan di televisi maupun radio. 

 

Pemasangan billboard memang penting, tapi iklan seperti ini membutuhkan biaya sangat besar dengan jangkauan pasar yang terbatas. Sebaliknya, satu kali pasang iklan di website bisa menjangkau siapa pun dan dari wilayah mana pun, termasuk bisa diakses pelanggan dari luar negeri. 

 

Website bisa menjadi customer service, yang memberi informasi lengkap mengenai bisnis dan produk yang tersedia, mencatat kebutuhan dan pesanan pelanggan, bahkan menerima keluhan pelanggan sekaligus memberikan solusi terbaik. Bahkan di dalam website juga bisa menyediakan fitur pembelian, pembayaran dan tracking pesanan. 

 

  1. Meningkatkan Kredibilitas UKM untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan 

Secara tidak langsung, penggunaan website oleh suatu UKM bisa membuat calon pelanggan merasa lebih yakin bahwa usaha tersebut memang benar-benar ada. Dengan begitu, ketertarikan mereka untuk membeli produk pun juga akan meningkat. 

 

Namun perlu diperhatikan, penggunaan website tentu harus diimbangi dengan desain yang menarik, pengelolaan dan optimasi yang berkesinambungan agar lebih mudah ditemukan pelanggan di mesin pencari, serta berbagai teknik digital marketing strategy lainnya yang dibutuhkan dalam pengembangan website agar mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. 

 

Jika saat ini Anda masih bingung harus memulai dari mana untuk bisa memiliki website yang mampu menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa bekerja sama dengan full service marketing agency atau salah satu digital agency yang ada di Indonesia. Mereka akan membantu Anda membangun website terbaik yang bisa menarik lebih banyak pelanggan mengunjungi website Anda. 

 

  1. Interaksi dengan Pelanggan Terjaga Baik

UKM yang menggunakan website sebagai media promosi, juga sekaligus membuka peluang agar pelanggan bisa langsung berinteraksi saat membutuhkan suatu produk atau jasa. Untuk itu, pengaturan navigasi pada website harus dibuat serapi dan semudah mungkin sehingga pelanggan bisa memudahkan pelanggan saat berkunjung. 

 

Beberapa navigasi yang wajib ada dalam website demi membangun interaksi yang baik dengan pelanggan, antara lain: adanya informasi detail terkait brand, nama dan visi perusahaan. Kemudian harus ada layanan yang tersedia, seperti layanan pemesanan, layanan tanya jawab, bahkan fitur untuk melakukan transaksi. Kontak perusahaan juga harus jelas, mulai dari tempat, lokasi, dan alamat usaha, nomor kontak yang bisa dihubungi, alamat surel, dan sebagainya. 

 

  1. Penyediaan Live Chat Sebagai Layanan Maksimal Kepada Pelanggan 

Pemanfaatan website ternyata bisa menjadi suatu upaya dari pemilik UKM untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Salah satu fitur yang kini dapat digunakan yaitu live chat, di mana calon konsumen bisa bertanya langsung mengenai informasi produk. 

 

Penggunaan website juga bisa menjadi ladang informasi bagi konsumen. Misalnya jika Anda seorang pemilik brand UKM yang bergerak di produksi sepatu kulit. Untuk mendekatkan diri kepada pelanggan, tambahkan tips untuk merawat sepatunya sehingga tetap awet dan terlihat baru. 

 

Artikel 6 Alasan Website Meningkatkan Kredibilitas UKM untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan hanyalah sebagian kecil. Masalah Anda mau menggunakan website atau tidak sebagai salah satu upaya penerapan digital marketing tetap keputusannya ada di tangan Anda. Saran, tidak ada salahnya Anda membuat website dan mencoba mendapatkan manfaat dari adanya website tersebut. 

 
PREV
NEXT