Cara Terbaik Meningkatkan Engagement di Instagram Sesuai Algoritma Instagram
-
Lakukan Posting Pada Jam Sibuk
Kapan tepatnya jam sibuk bagi setiap akun? Untuk hal ini, Anda sendiri yang menentukan. Cara melihatnya di bagian insight kalau akun Instagram Anda sudah akun bisnis.
Caranya: klik Insight > Audience > Pengikut > Jam
Dari insight, Anda bisa mempelajari pada jam berapa followers Anda melihat-lihat feed dan story Instagram Anda. Di waktu tersebut, Anda harus melakukan posting. Lebih baik lagi jika setiap hari Anda punya jadwal untuk posting, misalnya pagi, siang, dan malam.
-
Posting Konten Video Itu Penting
Pada pembahasan mengenai Algoritma Instagram Tahun 2020, telah disebutkan bahwa Instagram tidak memprioritaskan apakah konten Anda hanya foto atau video. Meski begitu, jika Anda ingin audiens lebih lama menghabiskan waktu di akun Instagram Anda, maka postinglah konten dalam bentuk video. Fakta yang sudah banyak terjadi, ketika hanya memposting foto, biasanya audiens hanya melihat sebentar, kemudian berpindah ke postingan lain, atau malah pindah ke akun Instagram lain.
Sementara kalau Anda memposting cerita dalam bentuk image yang bisa digeser ke kanan beberapa kali, dengan caption yang menarik, maka audiens akan dengan senang hati menghabiskan waktu lebih lama di feed Anda. Begitu pula yang terjadi kalau konten yang Anda unggah dalam bentuk video yang jelas membutuhkan waktu untuk menontonnya.

-
Kelola Follower dan Buat Mereka Setia
Mengelola para pengikut Anda sangat penting karena interaksi yang mereka lakukan memberi pengaruh besar bagi peningkatan engagement Anda. Dengan kata lain, cara meningkatkan engagement Instagram bisa dengan mengajak audiens atau followers Anda untuk terlibat dalam konten-konten yang Anda ciptakan, baik berupa caption, siaran langsung di InstaStory atau IGTV, berbagi cerita, bikin kuis atau survey menggunakan fitur yang telah disediakan Instagram, mengirimkan DM untuk hal-hal yang berupa tips, dan sebagainya.
-
Gunakan Hashtag Secara Tepat Sasaran
Ada banyak saran untuk menggunakan hashtag populer agar jangkauan postingan Instagram menjadi lebih luas. Hanya saja, coba pertimbangkan lagi secara logika, semakin populer suatu hashtag, maka semakin banyak yang menggunakan. Penggunaan hashtag dalam jumlah berlebihan juga hanya akan membuat bingung audiens.
Lebih baik, gunakan hashtag dalam jumlah sedikit, misalnya hanya satu dan dua saja, lalu ikuti dengan hashtag khas dan unik milik Anda sendiri (kalau bisa yang mendeskripsikan produk atau brand Anda), dan cari yang populer, namun masih sedikit digunakan orang.

-
Posting Konten yang Dibutuhkan Pengikut Anda
Nah, ini cara terakhir untuk meningkatkan engagement di Instagram yang sesuai dengan algoritma Instagram. Postinglah konten yang dibutuhkan pengikut Anda, dan bisa jadi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Atau minimal jadi hiburan yang mewarnai hari-hari mereka.
Contohnya, posting video lucu mengenai hewan peliharaan karena kebetulan banyak pengikut akun Anda yang suka dengan kucing, misalnya. Atau Anda bisa mengunggah teks yang dipadukan dengan image berdesain menarik tentang review suatu buku, mengingat pengguna Anda banyak pecinta buku dan gemar membaca. Yah, hal-hal semacam inilah yang perlu Anda perhatikan.
Ingat, orang akan dengan senang hati memberikan reaksi terhadap postingan apa pun yang muncul di beranda mereka, jika postingan tersebut mampu menggugah perasaan dan emosi mereka.
Meningkatkan engagement di Instagram yang telah dijabarkan di artikel kali ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya cara yang bisa Anda temukan di artikel-artikel lain yang ada di internet, namun ini cara terbaik sesuai algoritma Instagram yang bisa segera Anda coba.