Dua tahun belakangan, Podcast jadi salah satu platform yang begitu banyak diminati. Layanan audio streaming ini ternyata bisa menjadi sarana bagi Anda yang ingin secara rutin membagikan konten dengan tujuan membangun branding, memasarkan produk, dan juga meningkatkan engagement. Bagi Anda para pebisnis, Podcast dapat menjadi salah satu sarana untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

Ketika platform lain berfokus menampilkan foto maupun teks, maka Podcast sedikit berbeda dalam penggunaannya, karena lebih berfokus pada konten audio, meski kadang bisa pula dikombinasikan dengan video. Anda perlu memperhatikan banyak hal dalam proses pembuatan konten sehingga informasi yang diunggah dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens.

 

Mengapa Anda Perlu Memanfaatkan Podcast untuk Mengembangkan Bisnis?

Salah alasan Podcast begitu diminati saat ini adalah kemudahan akses yang diberikan. Apalagi, sebagian orang yang aktivitasnya sangat sibuk bisa tetap update informasi dengan lebih mudah karena keberadaan Podcast. Dengan kata lain, sembari beraktivitas mereka bisa mendengarkan Podcast untuk konten informasi yang mereka butuhkan. 

 

Bagi yang baru memulai bisnis, bisa mendengarkan Podcast tentang 3 Pilihan Podcast Memulai Bisnis. Jika ingin menjadi pengusaha sukses, Anda juga bisa mendengarkan 7 Podcast Inspiratif Jadi Pengusaha. Masih banyak tema-tema menarik lainnya yang tersedia di Podcast, tergantung apa yang dibutuhkan audiens.

 

Melihat semakin banyak pengguna Podcast di Indonesia, sudah banyak pula brand yang memanfaatkannya untuk melakukan social media and digital marketing campaign menggunakan Podcast

 

Untuk membuat Podcast, Anda tidak perlu menyiapkan banyak peralatan. Hanya dengan bermodalkan teks narasi yang ingin Anda bawakan dan mikrofon, Anda sudah bisa membuat Podcast dengan mudah dan cepat, lalu mengunggahnya di channel Anda.

 

Alasan lain Podcast diminati, karena konten dengan format audio lebih bersifat pribadi. Dengan mendengarkan Anda berbicara, akan lebih mudah membangun kepercayaan audiens terhadap apa yang Anda bicarakan.

 

 

Cara Memanfaatkan Podcast Agar Dapat Banyak Pelanggan

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis melalui Podcast, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar konten Anda semakin menarik, yaitu:

 

  1. Buat Tema Podcast yang Konsisten

Semua hal perlu perencanaan, begitu pun dengan konten Podcast yang ingin Anda buat. Jika ingin audiens melihat channel Anda secara profesional, maka Anda perlu menyiapkan materi konten sekaligus materi promosinya secara profesional pula. Salah satunya, menetapkan tema Podcast yang konsisten. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat menentukan tema untuk channel Podcast Anda, antara lain:

 

    • Apakah tujuannya menjual lebih banyak produk?
    • Apakah Anda ingin lebih banyak audiens?
    • Apakah Anda ingin meningkatkan engagement produk?

 

  1. Buat Konten Podcast Berseri

Ketika mulai merekam Podcast, Anda tidak harus membuat Podcast berdurasi 1 jam atau lebih lama. Perlu diketahui, tayangan audio berdurasi lama bisa menyebabkan kebosanan dan sebaiknya dihindari. Alangkah lebih baik jika Anda menyiasati agar audiens terus berkunjung ke channel Anda dengan cara membuat konten berseri atau episode. Cara ini juga dipercaya bisa meningkatkan ketertarikan dan rasa penasaran yang membuat audiens menanti-nantikan konten Anda selanjutnya. 

 

  1. Mengulas Produk Anda Lebih Detail

Posisikan diri Anda sebagai seorang pendengar yang tidak tahu sama sekali mengenai produk Anda. Kemudian, bayangkan apa yang seharusnya Anda lakukan sebagai pemilik produk, sehingga pendengar Anda mengenal produk Anda dengan baik?

 

Pikirkan pula, bagaimana caranya menciptakan rasa penasaran akan produk, kemudian lahirlah keinginan untuk memiliki produk tersebut. Layaknya kata pepatah “Tak kenal, maka tak sayang”, Anda perlu menciptakan konten sedemikian rupa supaya melalui tayangan audio yang Anda buat di channel Podcast, audiens bisa mengenal produk Anda tanpa harus terlihat terus-terusan melakukan promosi.

 

Anda bisa mengulas produk secara detail, mulai dari nama produk, manfaat, hingga kegunaannya kehidupan sehari-hari. Namun, bagian promosi ini perlu diselipkan dengan cara yang sangat manis menggunakan storytelling sehingga audiens tidak merasa konten Anda hanyalah konten jualan semata. 

 

Intinya, lakukan softselling tanpa menimbulkan kesan Anda sedang jualan agar produk Anda semakin dikenal tanpa disadari oleh audiens. Contohnya, Anda bisa bercerita tentang aktivitas work from home yang sedang banyak dilakukan oleh audiens. 

Berikan tips agar audiens tetap merasa senang beraktivitas dari rumah, dan sisipkan di dalam tips tersebut mengenai produk Anda yang kebetulan adalah produk pengharum ruangan. Ruangan yang harum akan meningkatkan mood dan membuat suasana kerja di rumah jadi lebih menyenangkan. 

 

Semakin produk Anda digambarkan sebagai produk yang bisa membantu mempermudah keseharian audiens, semakin mereka tertarik dengan produk yang ditawarkan, bahkan tak menutup kemungkinan mereka bisa jadi pelanggan setia produk atau layanan bisnis Anda.

 

 

  1. Mengundang Bintang Tamu

Demi semakin meyakinkan calon pelanggan, Anda bisa mengundang bintang tamu untuk sharing pengetahuan, berbagi pengalaman, bahkan memberi ulasan positif tentang produk Anda. Apalagi kalau bintang tamu yang Anda undang juga memiliki banyak pengikut, ini bisa jadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Namun ingat, upayakan agar bintang tamu yang diundang ini memang sudah menggunakan produk Anda dalam keseharian mereka.

 

Mengundang bintang tamu seperti ini bisa Anda konsep dalam bentuk bincang-bincang santai atau wawancara ringan, sehingga audiens yang mendengarkan channel Podcast Anda tetap merasa asyik, terhibur, namun mendapatkan informasi lengkap yang mereka butuhkan. 

 

Cara lain, Anda juga bisa mengundang influencer terkenal untuk sesi ini. Karena, dengan melibatkan para influencer akan meningkatkan brand awareness produk Anda. Tidak hanya mengulas tentang produk Anda, mereka yang jadi bintang tamu ini bisa menjadi “penyegar” percakapan sehingga semakin banyak audiens tertarik untuk menjadi pengikut channel Anda.

 

  1. Mengajak Pendengar Berdiskusi

 

Salah satu cara agar bisa membuat pendengar menjadi pengikut setia pada channel Anda, libatkan mereka untuk berdiskusi, mencari tahu konten seperti apa yang mereka inginkan, atau bintang tamu siapa yang mereka ingin hadir di channel Anda. Cara melibatkan mereka bisa dengan:

 

    • Mengirimkan email kepada para pendengar Podcast dan tanyakan topik yang ingin mereka dengarkan di channel Anda.
    • Buat voting melalui platform media sosial lain, seperti Facebook, Instagram, Instagram story, maupun Twitter.
    • Mintalah saran kepada pendengar melalui bagian kolom komentar Podcast yang sudah tayang.

 

 

  1. Tambahkan Call To Action di Akhir Episode

Di setiap akhir episode Podcast yang Anda bagikan, bisa ditambahkan penerapan teknik Call To Action (CTA). Misal, Anda ingin mendapatkan alamat email para audiens, maka Anda bisa mengajak mereka untuk mendaftarkan email pada form yang Anda sediakan di kolom komentar. Sementara, jika Anda ingin para pendengar melihat produk yang Anda jual, maka sarankan mereka untuk langsung menuju online store ataupun media sosial bisnis Anda. 

 

Ingin tahu lebih banyak terkait tips dan strategi digital marketing? Cari tahu lebih banyak di Redcomm Knowledge atau kontak Tim Redcomm.