Sepanjang tahun 2020, dunia digital mengalami perubahan besar-besaran dan bisnis digital pun semakin menggeliat. Ditambah lagi, masyarakat dunia terpaksa menghabiskan waktu lebih banyak di rumah demi menghindari penyebaran virus, maka internet dan juga video-video di YouTube menjadi salah satu media hiburan dan sumber informasi. Namun, memasuki tahun 2021, di mana vaksin virus sudah ditemukan, dan perbaikan demi perbaikan dilakukan demi mengatasi pandemi, bisa jadi akan ada perubahan lagi. Untuk itu, tim YouTube pun berbagi insight video YouTube yang sedang trending dan panduan marketing 2021 yang patut diketahui pebisnis dan pegiat dunia digital. 

 

Insight Video YouTube yang Sedang Trending dan Panduan Marketing 2021

Berdasarkan data yang didapatkan dari penonton YouTube dan dihimpun dalam Culture & Trends Report, disebutkan bahwa ada sebanyak 65% pengguna YouTube menyatakan feel yang mereka rasakan saat menonton video pre-recorded yang diunggah ke YouTube dengan siaran langsung, sama saja. Meski begitu, tetap sensasi yang didapatkan dari menonton tayangan live streaming jauh lebih mengasyikkan karena bisa berinteraksi secara langsung. Itu sebabnya, tayangan live stream mengalami peningkatan selama masa pandemi 2020 lalu.

 

Poin utama dari insight yang dibagikan oleh YouTube menggarisbawahi bagaimana konsumsi video online mengalami perubahan yang lebih luas di tengah masyarakat, sehingga bisa menjadi peluang bagi para pebisnis untuk memanfaatkan video sebagai media promosi digital yang jauh lebih mudah dalam menjangkau audiens atau target market. Dengan catatan, ada riset dan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui audiens seperti apa yang cocok dengan brand yang diusung. 

 

 

Insight Video YouTube yang Bisa Lebih Mudah Menjadi Trending

Berdasarkan dari riset yang dilakukan oleh YouTube, ada tiga hal yang telah teridentifikasi sebagai cara mudah suatu video mencapai trending dan menjadi perbincangan di kalangan pengguna. Insight inilah yang bisa dijadikan panduan marketing pada tahun 2021 ini. Insight yang dimaksud, antara lain: 

 

  1. Pola Dasar dari Para Content Kreator

Para content creator mengalami perubahan pada pola dasar pembuatan video. Mereka mengeksplorasi berbagai cara penyampaian cerita dan bentuk tayangan video yang berbeda dari sebelumnya. Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian para audiens yang sempat jenuh dengan tayangan YouTube yang itu-itu saja. Dengan tersedianya beragam tayangan video yang berbeda, tentu ikut mengubah pola penonton video yang saat ini sudah mulai terbuka dan berusaha menemukan hal-hal baru. 

 

Di dalam data insight yang dikumpulkan YouTube, ditemukan pula usia dari para creator yang semakin beragam. Kini pembuat video tak hanya remaja dan dewasa muda saja, melainkan anak-anak pun (dengan pengawasan orang tua) sudah banyak yang menjadi konten kreator. Selain itu, ditemukan pula data mengenai perkembangan channel-channel baru yang menarik minat senior society untuk ikut berpartisipasi dengan bangkitnya kreativitas para vlogger mengembangkan channel masing-masing.

 

  1. Konten Video Jauh Lebih Interaktif Dibandingkan Sebelumnya

Para content creator tak lagi terbatas pada aturan baku pembuatan konten. Mereka lebih mengeksplorasi ide dan menemukan berbagai hal baru yang bisa mereka kreasikan dengan cara berbeda demi menaikkan rank di channel YouTube. Itulah yang membuat konten video menjadi jauh lebih interaktif dan mengundang para penonton untuk ikut berinteraksi. Dengan cara ini, para content creator membangun interaksi yang solid dengan para penontonnya. Otomatis, tingkat engagement pun bisa semakin tinggi. 

 

Salah satu jenis tayangan video yang mengalami peningkatan cukup tinggi dalam hal engagement adalah live streaming, permainan game secara online, juga channel workout from home dan edukasi. Jika Anda pebisnis, maka di tahun 2021 ini, pertimbangkan untuk memaksimalkan potensi-potensi ini bagi kesuksesan strategi digital marketing yang hendak Anda jalankan.

 

 

  1. Evolusi Digital Media dalam Membantu Masyarakat

Hal paling menarik, YouTube dan semua konten di dalamnya ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu bisa membantu masyarakat untuk menghadapi berbagai masalah pribadi dan juga masalah sosial. Dari YouTube, banyak orang mengakui kalau mereka bisa mendapatkan informasi yang menarik dan bervariasi, dan informasi tersebut dapat membantu mereka keluar dari berbagai masalah yang sedang dihadapi.

 

Panduan Marketing 2021

Setelah mempelajari beberapa insight tersebut, Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis dan berencana mengembangkan bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus meningkatkan brand awareness, bisa berfokus pada produksi konten YouTube dengan memperhatikan hal-hal yang membantu suatu video mencapai trending

 

Beberapa contoh tema video yang bisa Anda manfaatkan, misalnya:

 

  • Video Tutorial - cara melakukan sesuatu, cara membuat sesuatu, cara memperbaiki, dan sebagainya. 

  • Video Edukasi - bisa berisi tentang pengetahuan umum, edukasi mengenai kesehatan, parenting, hal-hal yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang banyak dihadapi masyarakat. 

  • Video Hiburan & Inspiratif - video jenis ini merupakan kombinasi antara video hiburan namun disisipi dengan kisah atau suatu adegan yang bisa memberi inspirasi bagi orang lain, misalnya cara mengatasi kegagalan, bangkit dari keterpurukan, berbagi tak pernah rugi, dan sebagainya. 

 

 

Dengan mengetahui insight lengkap yang dibagikan oleh YouTube ini, alangkah baiknya kalau Anda melakukan perencanaan matang terkait pembuatan konten video dan pengelolaan channel. Jangan lupa, bangun terus interaksi dengan subscriber Anda untuk meningkatkan engagement dan loyalitas dari audiens Anda. Dengan melakukan pendekatan pada target market melalui konten yang digemari serta interaksi yang solid, tak menutup kemungkinan mereka menjadi lebih setia mengikuti setiap konten marketing yang Anda unggah sampai mereka tak terlalu menyadari bahwa sebenarnya Anda pun sedang melakukan promosi terkait brand, produk, maupun layanan Anda. 

 

Untuk memaksimalkan produksi konten dan penerapan digital marketing strategies yang lebih efektif dan tepat sasaran, Anda bisa mengajak best digital agency Jakarta untuk berkolaborasi, seperti Redcomm contohnya. Di Redcomm, para profesional di bidang social media and digital marketing siap membantu Anda mencapai target 2021 yang sudah Anda tetapkan.