Dalam dunia digital marketing, newsletter merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang kemajuan bisnis serta digital marketing strategist. Dengan adanya newsletter ini, para pelanggan akan semakin mudah terhubung dengan bisnis Anda, sekaligus mendapatkan informasi terbaru seputar produk yang Anda miliki, baik itu barang maupun jasa.

 

Newsletter dinilai sebagai alat marketing paling ampuh saat ini karena bisa menjangkau begitu banyak calon pelanggan dengan budget pemasaran yang cukup hemat dibandingkan metode digital marketing campaign lainnya. Hanya saja, Anda harus membuat newsletter yang baik dan menarik dengan memasukkan 7 elemen penting di bawah ini!

 

 

7 Elemen Penting yang Wajib Ada dalam Newsletter

 

  1. Headline

Mengirimkan newsletter menjadi bagian dari strategi e-marketing dengan target yang lebih spesifik. Maka elemen pertama yang perlu mendapatkan fokus perhatian Anda adalah headline atau judul. Adanya judul yang jelas dan menarik, dapat mendorong pelanggan untuk melakukan klik sehingga bisa mengetahui isi yang ada pada email berlangganan tersebut.

 

Headline juga perlu dibuat dengan menggunakan kata-kata persuasif yang mengundang rasa penasaran. Di saat yang sama, judul pada awal newsletter sebisa mungkin dapat menggambarkan seluruh isi dari newsletter. Dengan kata lain, judul yang Anda buat harus mampu merayu siapa pun yang menerimanya sehingga mereka mencari tahu lebih lanjut, bahkan bisa jadi malah mendorong mereka untuk melakukan apa yang Anda inginkan dari pengiriman newsletter.

 

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat judul email berlangganan atau buletin semenarik mungkin. Jika Anda kesulitan membuat headline, Anda bisa menggantinya dengan menampilkan informasi apa yang hendak disampaikan.

 

  1. Bahasa Lugas

Selain headline, pemilihan bahasa juga sangat penting diperhatikan dalam membuat newsletter. Sebisa mungkin, gunakan bahasa yang lugas, yang berarti mudah dipahami semua orang, serta menyenangkan untuk dibaca. Hal ini agar penerima email berlangganan tidak akan mengabaikannya.

 

Penggunaan bahasa yang tidak berbelit-belit pun merupakan faktor penentuan apakah calon pelanggan dapat dengan mudah menangkap semua informasi yang disampaikan pada newsletter. Sebab pada umumnya, email buletin memuat informasi penting tentang bisnis Anda atau promosi bisnis yang sedang berlangsung. Jadi, Anda harus memilih kalimat yang bisa mengikat pembaca agar mau membaca seluruh isi newsletter hingga akhir.

 

  1. Font Jelas

Selain bahasa, pemilihan font juga harus diperhatikan dalam membuat newsletter yang baik. Hal ini berkaitan dengan visualisasi dan daya tarik. Desainer grafis umumnya sudah mengerti tentang jenis font apa yang cocok digunakan dalam newsletter.

 

Usahakan jangan menggunakan font terlalu kaku atau berlebihan. Penggunaan huruf yang tepat akan membuat newsletter tersebut semakin menarik serta nyaman dibaca. Anda bisa membuat font yang berbeda-beda, agar informasi penting semakin jelas terlihat, namun dengan porsi yang cukup dan tetap terlihat profesional.

 

 

  1. Informasi Tentang Bisnis

Anda mungkin memiliki banyak informasi terkait bisnis yang ingin disebarkan melalui newsletter. Walaupun begitu, Anda harus menahan diri untuk tidak menampilkan seluruh informasi dalam satu kali pengiriman email berlangganan, terutama saat Anda sedang memasarkan produk terbaru atau melakukan inovasi terhadap produk yang sebelumnya pernah ada.

 

Jika sedang memasarkan produk, cantumkan secara jelas informasi mengenai keunggulan, manfaat, serta harga produk, sehingga newsletter efektif digunakan sebagai sarana promosi. Kemudian, Anda bisa mencantumkan sedikit selayang pandang mengenai perusahaan Anda di bagian akhir. 

 

  1. Memuat Gambar / Ilustrasi

Cara analisis kembali, mana yang lebih Anda sukai antara membaca informasi yang disertai gambar atau informasi yang seluruhnya berisi teks? Pada umumnya, orang jauh lebih mudah menangkap informasi melalui gambar dibandingkan dengan tulisan.

 

Bahkan bagi orang yang tak terlalu senang membaca teks yang panjang, mereka akan skip email seperti ini. Oleh karena itu, lebih baik sertakan ilustrasi, gambar menarik, foto produk, atau desain grafis, untuk memperkuat informasi yang hendak Anda sampaikan kepada pelanggan.

 

  1. Informasi Kontak

Tentu saja dalam sebuah newsletter yang baik, informasi kontak juga harus ada. Ini adalah tujuan utama dari penggunaan email berlangganan, yaitu memudahkan pelanggan menghubungi Anda kembali ketika mereka tertarik dengan informasi yang telah Anda kirimkan.

 

Oleh karena itu, sertakan informasi kontak secara jelas, mulai dari nomor telepon, nomor WhatsApp, website, email, dan alamat kantor. Pastikan tidak salah dalam memuat nomor kontak, karena email marketing Anda bisa jadi sia-sia kalau sampai pelanggan gagal menghubungi Anda.

 

 

  1. Akun Media Sosial Bisnis

Selain kontak, jangan lupa mencantumkan akun media sosial bisnis yang sudah dimiliki. Karena tak dipungkiri, saat ini promosi bisnis jauh lebih efektif melalui media sosial, dan sebagian pelanggan dari generasi milenial serta generasi Z umumnya lebih senang ketika bisa menemukan informasi produk atau brand yang disukai melalui media sosial. 

 

Dengan adanya informasi terkait akun media sosial, para pelanggan juga akan semakin percaya pada bisnis atau produk Anda. Lebih baik lagi jika penyematan akunnya disertai logo platform media sosial. Ada banyak template newsletter yang bisa Anda gunakan, bahkan Anda bisa melakukan download templates email marketing secara gratis, jika Anda belum tahu harus seperti apa newsletter yang bagus untuk dikirimkan ke pelanggan.

 

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam membuat newsletter, namun pastikan Anda mencantumkan semua elemen penting yang harus ada dalamnya, agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan efektif dalam menghasilkan konversi. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan top digital agency Indonesia yang sudah berpengalaman dalam pembuatan email berlangganan untuk mempromosikan bisnis atau produk.