knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
5 Trik Mudah Biar...

5 Trik Mudah Biar Konten Anda Masuk FYP TikTok

06 May  · 
3 min read
 · 
eye 4.345  
Social Media

Tips konten masuk FYP TikTok

Hanya posting konten keren di TikTok tidak cukup. Anda butuh lebih dari itu agar bisnis Anda dikenal banyak orang dan selalu ada di benak calon followers.

Jalan tercepat menuju mencapai tujuan tersebut, Anda harus membuat konten masuk FYP TikTok. Kenapa?

Karena For You Page (FYP) itu yang pertama kali muncul begitu orang membuka aplikasi, jadi pasti banyak orang yang melihatnya. 

Bisa dikatakan, masuk FYP sangat membantu mendapat lebih banyak followers, views, dan likes, juga menaikan brand awareness.

Hasilnya, Anda bisa langsung mendapatkan peningkatan penjualan yang otomatis akan meningkatkan pula keuntungan perusahaan.

Setelah jadi viral di TikTok, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengarahkan traffic ke platform lain dan membangun online presence bisnis secara keseluruhan.

Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak trik menambah peluang konten masuk FYP TikTok yang akan dijelaskan lengkap di bawah ini.

1. Posting Secara Konsisten dan Gunakan Hashtag

Semakin rajin posting, maka semakin besar peluang Anda untuk masuk FYP. Aim-nya tiga kali seminggu, kalau bisa setiap hari lebih bagus lagi.

Tapi jangan asal posting ya. Anda tetap harus memastikan konten yang diposting menarik dan bikin penonton terlibat. Lalu, postinglah konten saat prime time

Seperti Instagram, TikTok juga mengkategorikan konten dan meningkatkan discoverability melalui penggunaan hashtag.

Maka dari itu, gunakan hashtag yang lagi hits untuk membuat konten Anda lebih mungkin masuk FYP TikTok.

Pastikan Anda mengutamakan kualitas bukan kuantitas. Lalu, gunakan 3-6 hashtag yang relevan dengan konten Anda.

Ada baiknya memilih hashtag yang memang ada hubungannya dengan konten dan niche Anda, bukan hanya #fyp atau #ForYou. Jika bingung, gunakan saja hashtag generator.

2. Bikin Konten Singkat yang Unik dan Melibatkan Audiens

TikTok menyukai konten yang menarik serta engaging. Kalau video Anda bikin penonton excited, peluang masuk FYP lebih besar. 

Tapi gimana caranya biar konten Anda terlihat berbeda dari yang lain? Berikut tipsnya:

  • Pastiin kualitas video dan audio Anda top-notch
  • Pakai smartphone yang kualitas videonya bisa HD video, sehingga Anda tidak perlu budget besar.
  • Contek dan cari inspirasi dari video orang lain, tapi jangan copas ya. Audiens TikTok itu suka konten unik. Jadi pastiin ide TikTok Anda beda dari yang lain.
  • Bikin singkat, namun tetap seru dan membuat penonton terlibat. Ingat, kualitas tetap nomor satu.

Semakin banyak waktu yang orang habiskan untuk menonton TikTok Anda, semakin besar kemungkinan mereka nonton sampai akhir dan tidak scroll ke video orang lain.

3. Buat Video Keren untuk Meningkatkan Completion Rate

Tinggi rendahnya completion rate penting bagi TikTok. Prinsipnya, semakin banyak yang menonton video Anda sampai selesai, semakin besar kemungkinan konten masuk FYP.

Untuk itu, ikuti saja tips membuat video keren berikut:

  • Keep it simple. Video TikTok terbaik biasanya yang simple dan gampang diikuti.
  • Anda bisa mencoba berkreasi dengan transisi kreatif. Coba gunakan beberapa transisi yang tersedia di aplikasi, atau kembangkan ide-ide Anda sendiri.
  • Video TikTok viral biasanya yang menghibur, lucu, menyenangkan, dan bikin orang ketawa. Jadi, sesuaikan saja dengan konsep yang ingin Anda tampilkan kepada audiens. 
  • Berinteraksi dengan penonton itu penting. Oleh karena itu, bangunlah interaksi, bisa dengan membalas komen mereka. Ini sangat membantu menciptakan komunitas di sekitar konten Anda.
  • Gunakan tripod untuk meningkatkan stabilitas agar video yang Anda hasilkan jernih, jelas, tidak goyang, dan tidak ada bagian yang blur dan bikin pusing yang menontonnya.
  • Ukuran optimal konten video di TikTok itu 1080 x 1920 dengan rasio 9:16. Anda bisa resize video menggunakan aplikasi gratis, seperti Capcut.
  • Pencahayaan memegang peranan penting yang menentukan kualitas video. Anda bisa menggunakan cahaya alami. Ini jelas lebih baik.
  • Jika tak memungkinkan, gunakan cahaya buatan dari perangkat lighting yang bagus, sehingga video terang dan tidak ada bayangan.

Apabila Anda belum memiliki tim yang khusus membuat konten, coba bekerja sama saja dengan digital marketing agency Indonesia seperti Redcomm dengan menghubungi di Kontak Redcomm.

4. Pakai Audio Trending dan Caption Menarik

Penggunaan sound juga jadi penentu kualitas video TikTok Anda. Terutama kalau tujuan pembuatan videonya untuk promosi bisnis di TikTok.

Anda bisa mencari audio dan effect tertentu yang tersedia di dalam aplikasi. Dengan penggunaan audio yang lagi hits memudahkan Anda mendapatkan lebih banyak likes dan views.

Caranya, tap 'Sounds' dan cek 'Discover' untuk mencari audio yang lagi trending. Simpan sebagai favorit agar Anda bisa menggunakannya lagi kapan saja Anda butuhkan.

Kemudian, buatlah caption. Namun karena caption di TikTok terbatas hanya 150 karakter sudah termasuk hashtag, jadi pastikan isinya spesifik dan menarik, namun tetap singkat.

Caption yang menarik dan bikin penasaran akan lebih mampu meningkatkan views dan completion rates. Caranya gimana?

  • Anda bisa bikin misteri dengan bilang sesuatu, seperti, “this took me 5 attempts to get right,” atau “wait until the end.” Ini bisa bikin penonton tidak melewatkan konten Anda dan mau menonton sampai habis.
  • Trik lainnya, tanya saja sesuatu. Komentar juga jadi faktor interaksi, dan bikin orang nonton dan balas sehingga membantu memberikan sinyal positif ke algoritma FYP. 

Pada prinsipnya, Anda harus bikin penonton penasaran dan ingin nonton sampai akhir. Cek juga video populer di niche yang sama untuk mendapatkan inspirasi hook yang pas buat audiens, seperti:

  • Pengen tau rahasia…
  • Aku bakal kasih tau kamu…
  • Kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang…

Apapun hook-nya, pastikan sesuai sama audiens target ya. Ini bantu menambah engagement dan memperbesar peluang konten masuk FYP TikTok.

5. Posting Konten Saat Penonton Paling Aktif

Dengan interaksi jadi faktor penting buat konten masuk TikTok FYP, waktu posting bisa nentuin sukses atau gagalnya video Anda.

Gimana caranya mengetahui kapan followers Anda online dan siap buat interaksi?

Kalau akun TikTok Anda sudah Pro atau terdaftar sebagai TikTok Creator, akan tersedia fitur analitik yang memungkinkan Anda menemukan data:

  • Tampilan profil dan video dalam 7-28 hari terakhir.
  • Pertumbuhan pengikut.
  • Video yang lagi tren.
  • Demografi gender/usia.
  • Audiens internasional.
  • Kapan followers banyak yang sedang online.

Anda bisa mengetahui semua yang dibutuhkan untuk menyesuaikan konten TikTok untuk prospek di niche Anda. Selain itu, akun pro juga kasih akses ke WorkSpace dan alat buat bantu menambah followers.

Tetaplah aktif dan terlibat dengan followers, serta jangan segan memberi like dan komen di video mereka sebanyak mungkin.

Oh ya, kalau butuh ide untuk membuat konten, coba pelajari juga Tips Menyusun Creative Brief dalam Penciptaan Konten Unik.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER