Hanya posting konten keren di TikTok tidak cukup. Anda butuh lebih dari itu agar bisnis Anda dikenal banyak orang dan selalu ada di benak calon followers.
Hanya posting konten keren di TikTok tidak cukup. Anda butuh lebih dari itu agar bisnis Anda dikenal banyak orang dan selalu ada di benak calon followers.
Jalan tercepat menuju mencapai tujuan tersebut, Anda harus membuat konten masuk FYP TikTok. Kenapa?
Karena For You Page (FYP) itu yang pertama kali muncul begitu orang membuka aplikasi, jadi pasti banyak orang yang melihatnya.
Bisa dikatakan, masuk FYP sangat membantu mendapat lebih banyak followers, views, dan likes, juga menaikan brand awareness.
Hasilnya, Anda bisa langsung mendapatkan peningkatan penjualan yang otomatis akan meningkatkan pula keuntungan perusahaan.
Setelah jadi viral di TikTok, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengarahkan traffic ke platform lain dan membangun online presence bisnis secara keseluruhan.
Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak trik menambah peluang konten masuk FYP TikTok yang akan dijelaskan lengkap di bawah ini.
Semakin rajin posting, maka semakin besar peluang Anda untuk masuk FYP. Aim-nya tiga kali seminggu, kalau bisa setiap hari lebih bagus lagi.
Tapi jangan asal posting ya. Anda tetap harus memastikan konten yang diposting menarik dan bikin penonton terlibat. Lalu, postinglah konten saat prime time.
Seperti Instagram, TikTok juga mengkategorikan konten dan meningkatkan discoverability melalui penggunaan hashtag.
Maka dari itu, gunakan hashtag yang lagi hits untuk membuat konten Anda lebih mungkin masuk FYP TikTok.
Pastikan Anda mengutamakan kualitas bukan kuantitas. Lalu, gunakan 3-6 hashtag yang relevan dengan konten Anda.
Ada baiknya memilih hashtag yang memang ada hubungannya dengan konten dan niche Anda, bukan hanya #fyp atau #ForYou. Jika bingung, gunakan saja hashtag generator.
TikTok menyukai konten yang menarik serta engaging. Kalau video Anda bikin penonton excited, peluang masuk FYP lebih besar.
Tapi gimana caranya biar konten Anda terlihat berbeda dari yang lain? Berikut tipsnya:
Semakin banyak waktu yang orang habiskan untuk menonton TikTok Anda, semakin besar kemungkinan mereka nonton sampai akhir dan tidak scroll ke video orang lain.
Tinggi rendahnya completion rate penting bagi TikTok. Prinsipnya, semakin banyak yang menonton video Anda sampai selesai, semakin besar kemungkinan konten masuk FYP.
Untuk itu, ikuti saja tips membuat video keren berikut:
Apabila Anda belum memiliki tim yang khusus membuat konten, coba bekerja sama saja dengan digital marketing agency Indonesia seperti Redcomm dengan menghubungi di Kontak Redcomm.
Penggunaan sound juga jadi penentu kualitas video TikTok Anda. Terutama kalau tujuan pembuatan videonya untuk promosi bisnis di TikTok.
Anda bisa mencari audio dan effect tertentu yang tersedia di dalam aplikasi. Dengan penggunaan audio yang lagi hits memudahkan Anda mendapatkan lebih banyak likes dan views.
Caranya, tap 'Sounds' dan cek 'Discover' untuk mencari audio yang lagi trending. Simpan sebagai favorit agar Anda bisa menggunakannya lagi kapan saja Anda butuhkan.
Kemudian, buatlah caption. Namun karena caption di TikTok terbatas hanya 150 karakter sudah termasuk hashtag, jadi pastikan isinya spesifik dan menarik, namun tetap singkat.
Caption yang menarik dan bikin penasaran akan lebih mampu meningkatkan views dan completion rates. Caranya gimana?
Pada prinsipnya, Anda harus bikin penonton penasaran dan ingin nonton sampai akhir. Cek juga video populer di niche yang sama untuk mendapatkan inspirasi hook yang pas buat audiens, seperti:
Apapun hook-nya, pastikan sesuai sama audiens target ya. Ini bantu menambah engagement dan memperbesar peluang konten masuk FYP TikTok.
Dengan interaksi jadi faktor penting buat konten masuk TikTok FYP, waktu posting bisa nentuin sukses atau gagalnya video Anda.
Gimana caranya mengetahui kapan followers Anda online dan siap buat interaksi?
Kalau akun TikTok Anda sudah Pro atau terdaftar sebagai TikTok Creator, akan tersedia fitur analitik yang memungkinkan Anda menemukan data:
Anda bisa mengetahui semua yang dibutuhkan untuk menyesuaikan konten TikTok untuk prospek di niche Anda. Selain itu, akun pro juga kasih akses ke WorkSpace dan alat buat bantu menambah followers.
Tetaplah aktif dan terlibat dengan followers, serta jangan segan memberi like dan komen di video mereka sebanyak mungkin.
Oh ya, kalau butuh ide untuk membuat konten, coba pelajari juga Tips Menyusun Creative Brief dalam Penciptaan Konten Unik.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC