Hingga semester kedua tahun 2020, pandemi Covid-19 masih terjadi dan melanda dunia, termasuk di Indonesia. Semua sisi kehidupan mau tak mau menyesuaikan diri demi bisa bertahan. Tidak hanya masyarakat secara umum, bidang bisnis pun perlu menyesuaikan diri agar tidak tergilas arus melemahnya ekonomi dan perdagangan. Maka inilah tren content marketing terbaru di masa pandemi Covid-19.

 

Tren Content Marketing Terbaru di Masa Pandemi Covid-19

Berbicara soal bisnis, tentu strategi digital marketing menjadi salah satu yang paling diandalkan dalam menarik konsumen di masa pandemi seperti sekarang. Bisnis mau tak mau dijalankan secara online demi memutus mata rantai penyebaran virus. Sama halnya seperti penjualan langsung, di dunia online juga terjadi persaingan dalam mempromosikan bisnis. Agar bisa mendapatkan pasar sesuai target, Anda perlu menerapkan strategi baru, dalam hal ini adalah membuat konten marketing yang sesuai dengan tren di masa kini. 

 

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tren content marketing di akhir tahun 2020, yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis yang sedang berjalan.

 

  1. Berbagi Konten di Media Sosial

Saat ini, sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktu mereka di media sosial mengingat ada banyak daerah memberlakukan PSBB dan pembatasan aktivitas di tempat umum. Mereka berselancar di internet maupun di media sosial untuk banyak hal, mulai hanya sekadar mencari hiburan, mencari pengetahuan dan bacaan, bahkan berbelanja. 

 

Maka, bagi Anda yang saat ini menjalankan bisnis, penting sekali memanfaatkan berbagai media digital dan media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang. Membangun media sosial untuk brand Anda tentu menjadi investasi yang sangat berharga. Caranya, Anda perlu lebih perhatian terhadap konten marketing yang Anda gunakan untuk mempromosikan dan menjual produk maupun jasa Anda. 

 

Membagikan konten menarik, baik berupa, teks, foto, image, video, apa pun bentuknya, akan sangat membantu Anda dalam membangun hubungan dengan followers. Sesekali, Anda juga bisa menyisipkan produk atau layanan dalam postingan tersebut.

 

 

  1. Podcast

Podcast telah menjadi salah satu platform media sosial yang populer sejak beberapa tahun belakangan hingga hari ini. Banyak orang yang tidak hanya senang mendengarkan Podcast, tapi juga ikut membuat konten sendiri. Anda bisa memanfaatkan media ini untuk berbagi informasi, inspirasi, tips tentang sesuai, yang kemudian di dalamnya bisa sekaligus mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki. Anda juga bisa membahas topik-topik menarik yang berkaitan dengan bisnis Anda.

 

  1. Meningkatkan Pengalaman Konten

Content experience (pengalaman konten) adalah cara membangun konten yang tidak hanya menarik, tapi juga memberikan kemudahan dan pengalaman baru kepada siapa saja yang menikmatinya. Pembuatan konten seperti ini memang memerlukan teknik penulisan yang tepat, seperti content writing dan copywriting sehingga dapat menarik perhatian orang untuk berinteraksi.

 

Untuk melakukannya, mulailah dengan memperbaharui format konten yang disajikan. Misalnya, dengan memberi gambar yang eye-catching untuk dilihat mata, menambahkan judul atau sub judul pada postingan, dan bisa pula membuat listicle untuk memudahkan proses penyampaian informasi secara lebih lengkap.

 

  1. Live Streaming

Live streaming menjadi sangat populer saat ini dan merupakan salah satu tren pemasaran konten terbaru di masa pandemi Covid-19, yang mana banyak orang masih membatasi aktivitas di luar rumah. Format konten seperti ini dianggap menarik karena dalam prosesnya dapat menimbulkan interaksi antara streamer dan penonton secara langsung. Tentu saja kalau dimanfaatkan dengan baik, bisa membantu Anda meningkatkan promosi dan transaksi.

 

Question and Answer (Q&A) sering pula diselenggarakan dalam live stream yang berlangsung, di mana audiens dapat mengajukan pertanyaan dan Anda bisa langsung merespons atau sebaliknya.

 

 

  1. Konten Carousel di Instagram

Format postingan dengan model carousel di Instagram disebut sebagai jenis konten terbaru yang langsung populer karena dianggap berbeda dengan kebanyakan konten yang sudah ada. Interaksi yang dihasilkan dengan konten tersebut juga terbilang tinggi.

 

Konten jenis ini, memungkinkan Anda membuat slideshow berisi beberapa image yang diatur sedemikian rupa disertai desain yang membuat orang ingin terus membaca. Anda bisa pula membuat microblog dengan carousel di Instagram. Memadukan gambar atau foto dengan informasi singkat yang berguna bagi audiens menjadi daya tarik tersendiri sehingga audiens akan terus berkunjung ke platform bisnis Anda. 

 

  1. Konten Buatan Pengguna

Konten buatan pengguna juga cocok untuk Anda pertimbangkan. Karena konten seperti ini dapat menghemat waktu Anda dalam membuat postingan sendiri. Anda bisa melakukannya dengan cara repost atau posting ulang konten milik followers ke akun Anda, baik di feed atau di story.

 

Melakukan posting ulang konten milik pengguna dapat membangun interaksi yang baik, antara bisnis Anda dengan pengguna sekaligus antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lain. Di saat yang sama, pengguna yang kontennya Anda repost, akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan. Namun dengan catatan, lakukan cara ini dengan tepat dan benar, bukan asal repost

 

  1. Data Visual

Data visual adalah tren pemasaran konten yang dapat meningkatkan pengalaman konten secara drastis. Jika Anda memiliki Photoshop atau program editing lain, Anda dapat mengubah data yang Anda punya ke dalam bentuk infografis. Cara ini tidak hanya membuat konten Anda terlihat lebih cantik, tapi juga akan membuat informasi yang disampaikan lebih mudah untuk dipahami.

 

 

Kesimpulan

Konten promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif, bahkan lebih efektif daripada pemasaran tradisional. Hal ini memungkinkan Anda dapat menampilkan iklan yang lebih dipersonalisasi dan memberikan kesempatan kepada Anda untuk terhubung dengan pelanggan dan membentuk interaksi yang kuat.

 

Ada banyak tren konten lainnya yang bisa dimanfaatkan. Pantau terus website Redcomm sebagai referensi berbagai strategi digital marketing terbaru.