Baru-baru ini pihak Instagram mengadakan pertemuan dengan wartawan di kantor pusat mereka yang berada di San Francisco. Di acara tersebut, Julian Gutman, Product Lead of Instagram, menyebutkan algoritma Instagram terbaru saat ini akan lebih banyak berfokus pada koneksi, minat, timeline, jumlah following, jumlah followers, frekuensi penggunaan, dan waktu rata-rata. Mari kita bahas satu persatu.

 

Parameter Algoritma Instagram Tahun 2020

  1. Minat / Interest

Instagram akan mengenali minat pengguna dari list / daftar yang diikuti, kunjungan profil, postingan yang disukai (yang diukur dan dianalisis dari teknologi pengenalan gambar milik Instagram), komentar, dan semua tindakan maupun interaksi. Hasilnya analisis minat inilah yang kemudian akan mengarahkan Anda pada postingan-postingan sejenis.

 

 

  1. Koneksi / Connection

Keterhubungan antara pengguna Instagram yang satu dengan lainnya memiliki peran penting bagi Algoritma Instagram saat ini. Itu sebabnya, Instagram akan menampilkan di halaman homepage Anda postingan yang berasal dari orang-orang yang lebih banyak berinteraksi dengan Anda. Jika ada seseorang yang sering memberi like dan komentar di postingan Anda, berarti orang itu telah menandai Anda sehingga mereka tahu setiap ada postingan terbaru. Maka, lakukan sebaliknya. Anda perlu menandai mereka dengan mengaktifkan notifikasi di Instagram Anda sehingga bisa tahu ketika mereka memposting sesuatu. Hubungan interaksi dua arah seperti ini akan sangat membantu dalam meningkatkan engagement.

 

  1. Timeline

Saat Anda memposting sesuatu yang baru, baik di feed, di story, IGTV, maka Instagram akan langsung menampilkan postingan baru di homepage untuk memberikan jangkauan yang lebih luas. Biasanya, yang akan memberikan respons adalah followers Anda yang sedang aktif atau online di waktu tersebut.

 

Tips terbaik untuk membuat postingan baru adalah ketika para followers aktif Anda sedang online. Cara ini jadi kunci yang bisa membantu meningkatkan interaksi dengan pengguna Instagram lainnya. Kalau Anda memposting ketika mereka tidur, maka postingan Anda akan cepat sekali terkubur dengan postingan-postingan lain yang jumlahnya jutaan dari pengguna lain.

 

 

  1. Jumlah Following

Jumlah following ternyata memiliki peranan penting bagaimana Anda harus membangun hubungan yang solid dengan mereka. Semakin banyak jumlah teman dalam daftar following, semakin sulit Anda memantau postingan mereka, termasuk membangun interaksi secara personal dengan mereka.

 

Sebaliknya, jika jumlah following Anda sedikit, Anda bisa melihat sebagian besar postingan yang mereka tayangkan dan mulailah memberi komentar dan like, atau membangun komunikasi sehingga mereka tahu keberadaan Anda.

 

  1. Jumlah Followers

Instagram sudah pasti memberikan berbagai fitur yang akan memenuhi kebutuhan para penggunanya agar bisa berinteraksi dengan baik dengan pengguna lain. Pengguna dengan jumlah follower yang lebih banyak akan mendapatkan lebih banyak fitur dan berbagai peluang lain untuk meningkatkan interaksi di akunnya dibandingkan dengan pengguna yang memiliki lebih sedikit follower.

 

Contohnya, pengguna dengan follower yang kurang dari 2000 hanya bisa mengikuti kurang lebih 30 pengguna lain setiap hari. Sementara pengguna yang followers-nya sudah lebih dari 2000 bisa mengikuti sekitar 250-300 akun dalam sehari. Fasilitas berbeda akan didapatkan oleh pengguna dengan followers lebih dari 10k, seperti adanya fitur swipe up.

 

 

  1. Frekuensi Penggunaan / Frequency of Use) & Waktu Rata-rata Penggunaan / Average Time

Jika Anda jarang membuka aplikasi atau akun Instagram Anda, maka ketika Anda membuka akun tersebut yang Anda lihat pertama kali adalah postingan yang paling populer, bukan yang terbaru dari followers Anda. Pada average time, pengguna yang menghabiskan waktu lebih banyak di akun Instagramnya, bisa mendapatkan kesempatan melihat lebih banyak postingan dibandingkan dengan pengguna yang hanya membuka akunnya kurang dari 10 menit.

 

Dari dua hal di atas, baik terkait frekuensi maupun waktu rata-rata penggunaan, penting bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk berbisnis memperhatikan kedua hal ini. Itu makanya, pemilik bisnis maupun suatu brand akan menggunakan seorang social media strategies untuk mengelola akun Instagram maupun akun sosial media lainnya milik perusahaan.

 

Mengenal Parameter Algoritma Instagram Tahun 2020 ini sangat penting karena akan berguna bagi Anda untuk menentukan, merancang, juga mewujudkan langkah strategis untuk meningkatkan engagement yang lebih baik, terutama bagi pelaku usaha yang menggunakan Instagram sebagai media promosi.