Setiap tahun, teknologi internet beserta seluruh platform di dalamnya terus melakukan inovasi dan menambah fitur-fitur yang lebih baik. Tujuannya, tentu saja memberi keuntungan lebih bagi penggunanya. Untuk itu, para pelaku usaha perlu mengenal algoritma Instagram tahun 2020 agar promosi sukses.

 

Pentingnya Mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020

Algoritma Instagram adalah prediksi berdasarkan perilaku pengguna di masa lalu terhadap konten-konten yang sudah ditayangkan, beserta analisis lengkapnya. Penting bagi pengguna Instagram, juga pemilik bisnis dan pelaku usaha yang menggunakan Instagram sebagai media promosi untuk mengenal algoritma Instagram. Hal ini karena berkaitan dengan engagement yang akan didapat dari berbagai tayangan dan promosi yang dilakukan.

 

 

Pernahkah Anda mengalami, ketika mengunggah satu tayangan di akun Instagram dengan harapan banyak followers yang memberi tanggapan positif, namun ternyata mendapatkan interaksi dan likes yang sangat sedikit? Jika pernah, berarti ada beberapa hal terkait Algoritma Instagram yang belum Anda pahami dengan baik. Agar setiap tayangan bisa memiliki interaksi atau engagement sesuai harapan, Anda harus terlebih dahulu mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020 ini dengan baik.

 

Mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020 agar Promosi Sukses

Setiap pelaku usaha dan pebisnis yang menggunakan Instagram sebagai media promosi penting sekali mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020 agar setiap promosi bisa mencapai target ataupun jangkauan yang diharapkan. Hal ini sesuai fakta bahwa ada lebih dari 800 juta pengguna aktif, termasuk di dalamnya para pelaku bisnis di berbagai bidang, yang ikut mengunggah konten setiap hari. Jika tak memahami cara kerja algoritma dengan baik, tentu saja semua promosi yang dilakukan jadi sia-sia karena sedikit sekali interaksi yang bisa didapatkan. 

 

Dalam algoritma Instagram tahun 2020, ada beberapa hal yang penting sekali untuk Anda ketahui, antara lain:

 

 

  1. Mana yang Lebih Baik, Konten Video atau Konten Foto?

Konten feed, baik yang berupa video maupun foto, akan dianggap sama dan algoritma akan selalu berubah mengikuti trend pengguna Instagram secara keseluruhan. Artinya, jika sebelumnya Anda berpikir konten video lebih memiliki peluang yang lebih baik dibandingkan dengan konten foto, maka saat ini keduanya memiliki peluang yang sama, tinggal bagaimana Anda menyiapkan dan mengolahnya agar lebih menarik.

 

  1. Engagement Memberi Pengaruh Besar

Arti engagement adalah keterikatan. Jika dihubungkan dengan media sosial, maka berarti komunikasi dua arah. Pada Algoritma Instagram Tahun 2020, engagement, baik yang berupa views, likes, comment, bahkan jumlah orang yang membagikan konten Anda akan memberi pengaruh yang besar untuk feed Instagram Anda. Jadi, jika Anda ingin semua postingan di Instagram Anda terus muncul di halaman depan, usahakan interaksi dua arah terus terjadi pada postingan-postingan Anda.

 

  1. Jenis Akun Memiliki Nilai yang Sama

Ada 3 jenis akun Instagram yang selama ini dikenal oleh para pengguna setianya, yaitu akun bisnis, personal, akun khusus content creator. Jika dulu banyak yang beranggapan bahwa ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam meraih interaksi, maka di tahun 2020 ini semuanya dianggap sama.

 

Dengan kata lain, tak peduli Anda menggunakan Instagram Bisnis, personal atau content creator, semua tetap tergantung kualitas konten yang Anda bagikan, baik di feed maupun di story atau IGTV, serta bagaimana Anda mengoptimalkan kinerja akun Instagram Anda.

 

 

  1. Interaksi Palsu dan Komentar Panjang

Beberapa waktu lalu, ramai pengguna Instagram melakukan promosi menggunakan chatbot atau tools sejenis untuk meningkatkan engagement dan jangkauan yang lebih luas. Namun sekarang, interaksi palsu tadi sudah tak dihitung lagi sebagai faktor yang membuat engagement jadi bagus.

 

Malah yang terjadi saat ini adalah semua komentar yang panjang akan meningkatkan engagement jadi bagus dan akun Anda akan bisa terus muncul dan ditemukan di homepage pengguna Instagram lainnya. Maka, jika Anda ingin promosi apa pun yang Anda tampilkan bisa menjangkau target pasar, pancing followers Anda untuk memberikan komentar yang panjang, bisa berupa review produk, user experience, dan sebagainya.

 

Sekarang Anda sudah mengenal algoritma Instagram tahun 2020 agar promosi sukses. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadi lebih kreatif untuk menciptakan konten Instagram yang menarik. Kalau perlu terapkan pula berbagai social media strategies atau creative social media yang lebih interaktif. Selamat berkreasi.