knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Mengenal Algoritm...

Mengenal Algoritma Instagram Agar Promosi di IG Sukses

08 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 4.712  
Social Media

Mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020 Agar Promosi Sukses

Hampir semua platform digital terus melakukan inovasi dengan menambah fitur-fitur terbaru secara berkala setiap tahunnya. Tujuannya, untuk memberi keuntungan lebih bagi penggunanya.

Untuk itu, para pelaku usaha juga perlu mengenal algoritma Instagram terbaru agar promosi yang dilakukan bisa mendapatkan kesuksesan.

Pentingnya Mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020

Algoritma Instagram adalah prediksi berdasarkan perilaku pengguna di masa lalu terhadap konten-konten yang sudah ditayangkan, beserta analisis lengkapnya. 

Penting bagi pemilik bisnis dan pelaku usaha yang menggunakan Instagram sebagai media promosi untuk mengenal algoritma Instagram. 

Hal ini berkaitan dengan engagement yang akan didapat dari berbagai tayangan dan promosi yang Anda lakukan.

Pernahkah Anda mengunggah satu konten di akun Instagram dengan harapan banyak followers yang memberi tanggapan positif, namun ternyata malah mendapatkan interaksi dan likes yang sangat sedikit?

Jika pernah, berarti ada beberapa hal terkait Algoritma Instagram yang belum Anda pahami dengan baik. 

Agar setiap tayangan bisa memiliki interaksi atau engagement sesuai harapan, Anda harus terlebih dahulu mengenal Algoritma Instagram dengan baik.

6 Hal Tentang Algoritma Instagram

Memahami algoritma IG memungkinkan Anda menjangkau pasar yang luas, mendapatkan perhatian dari konsumen yang mungkin tertarik dengan bisnis Anda, sehingga akhirnya bisa menciptakan lebih banyak penjualan.

Jumlah pengguna Instagram yang kurang lebih 1,6 juta pengguna aktif dan terus bertambah setiap tahunnya merupakan pasar yang luas dan sangat sayang kalau Anda abaikan. 

Untuk menarik perhatian mereka, perhatian hal penting tentang algoritma Instagram di bawah ini:

1. Mana yang Lebih Baik, Konten Video atau Konten Foto?

Reels adalah fitur terbaru Instagram di mana Anda bisa mengunggah video berdurasi maksimal 90 menit. Video dalam Reels bisa Anda padukan dengan background musik, seperti lagu atau audio yang sedang populer dan banyak digunakan.

Pada algoritma Instagram terbaru, penggunaan Reels ternyata lebih meningkatkan jangkauan dan keterlibatan pengguna dibandingkan dengan foto feed biasa.

Jadi, jangan ragu bereksperimen dengan berbagai fitur yang tersedia di Instagram ya untuk melihat mana yang paling efektif untuk audiens Anda.

2. Engagement Memberi Pengaruh Besar

Arti engagement adalah keterikatan. Jika dihubungkan dengan media sosial, berarti komunikasi dua arah.

Pada algoritma Instagram terbaru, engagement, baik yang berupa views, likes, comment, bahkan jumlah orang yang membagikan konten Anda akan memberi pengaruh yang besar.

Jadi kalau ingin semua postingan di Instagram Anda terus muncul di halaman explore, usahakan interaksi dua arah terus terjadi dalam semua postingan.

3. Jenis Akun Memiliki Nilai yang Sama

Ada 2 jenis akun Instagram yang selama ini bisa digunakan di Instagram, yaitu akun personal dan profesional. Akun profesional terbagi lagi menjadi akun bisnis dan kreator.

Saat menggunakan akun profesional, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai fitur-fitur profesional yang telah disediakan.

Lalu bagaimana dengan hasil interaksi yang didapatkan? Ternyata, walaupun memiliki perbedaan fitur, baik akun personal maupun profesional, masih memiliki nilai yang sama.

Semuanya tergantung dengan kualitas konten yang Anda bagikan, baik di feed, story maupun Reels, serta bagaimana Anda mengoptimalkan kinerja akun Instagram Anda.

4. Interaksi Palsu dan Komentar Panjang

Beberapa waktu lalu, ramai pengguna Instagram melakukan promosi menggunakan chatbot atau tools sejenis untuk meningkatkan engagement dan jangkauan yang lebih luas. 

Namun sekarang, interaksi palsu tadi sudah tak dihitung lagi sebagai faktor yang membuat engagement jadi bagus.

Malah yang terjadi saat ini adalah semua komentar yang panjang akan meningkatkan engagement, sehingga akun Anda bisa terus muncul dan ditemukan di homepage pengguna Instagram lainnya.

Jika ingin promosi apa pun yang Anda tampilkan di IG bisa menjangkau target pasar, pancing followers Anda memberikan komentar yang panjang, bisa berupa review produk, user experience, dan sebagainya.

5. Konsistensi Posting

Konsistensi posting juga menjadi faktor penting dalam algoritma terbaru. Akun yang secara konsisten memposting konten berkualitas cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi.

Oleh karena itu, buatlah jadwal posting yang teratur dan patuhi jadwal tersebut untuk menjaga eksistensi Anda di Instagram. 

Saat followers lebih sering melihat konten Anda, maka interaksi serta visibilitas akun juga akan meningkat.

6. Penggunaan Hashtag yang Efektif

Hashtag masih menjadi alat penting untuk meningkatkan visibilitas konten di Instagram. Saat ini, algoritma Instagram menekankan penggunaan hashtag yang lebih spesifik dan relevan.

Hashtag yang terlalu umum atau tidak relevan mungkin tidak memberikan hasil yang optimal. Sebaliknya, gunakan kombinasi hashtag populer dan niche yang sesuai dengan konten Anda untuk mencapai audiens yang tepat.

Sekarang Anda sudah mengenal algoritma terbaru untuk membantu Anda berpromosi di Instagram. 

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadi lebih kreatif untuk menciptakan konten Instagram yang menarik. Kalau perlu terapkan pula berbagai social media campaign di Instagram dan Buat Instagram Feed Rapi ya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER