MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Segera Tiba DeepSouth, Superkomputer Canggih Setara Otak Manusia

 · 
5 min read
 · 
eye 175  
Technology

redcomm

Western Sydney University di Australia sedang mempersiapkan peluncuran superkomputer tercanggih, DeepSouth, yang dijadwalkan menyapa publik pada tahun depan. 

Dengan kapasitas mengolah 228 triliun operasi sinaptik per detik, teknologi ini berpotensi menciptakan otak cyborg dengan kekuatan melebihi otak manusia.

Otak manusia, yang hanya membutuhkan daya sekitar 20 watt untuk mengolah operasi matematika setara dengan satu miliar per detik, menjadi sumber inspirasi bagi peneliti Australia. 

Mereka mengembangkan superkomputer pertama yang mampu mensimulasikan jaringan dengan skala luar biasa tersebut.

DeepSouth Siap Tantang Kemampuan Operasi Otak Manusia

Ketika DeepSouth meluncur tahun depan, diharapkan dapat menyaingi tingkat operasi otak manusia. 

Ini membuka peluang memahami lebih dalam bagaimana otak efisien menggunakan daya kecil untuk mengolah informasi dalam jumlah besar.

Direktur Pusat Internasional Sistem Neuromorfik Western Sydney University, André Van Schaik, menyatakan, "Kemajuan pemahaman kita tentang otak terhambat oleh keterbatasan simulasi jaringan otak dalam skala besar, dan sistem kami akan mengubahnya."

Menurut Ralph Etienne-Cummings dari Universitas Johns Hopkins Baltimore, DeepSouth akan menjadi terobosan dalam studi ilmu saraf. 

Superkomputer ini dianggap sebagai hardware krusial bagi peneliti dan pengembang solusi teknik baru di bidang kecerdasan buatan.

Dengan proyek DeepSouth, harapan baru muncul untuk meresapi pemahaman kita tentang otak manusia, membuka pintu bagi inovasi lintas disiplin ilmu dan teknologi. 

Tahun ini, dunia akan menyaksikan kehadiran superkomputer yang mengguncang pandangan kita terhadap artificial intelligence

Apakah kamu sudah siap? Sebelum itu, ketahui juga 4 Tren AI yang Membantu Ekonomi Kreator dan Cara Mengambil Keuntungannya

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER