Bagi Anda yang baru memulai suatu bisnis, termasuk yang baru bergerak di bidang bisnis UMKM dan UKM, Anda perlu tahu bahwa personal branding sebaiknya dibangun terlebih dahulu untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan target market atas produk dan bisnis Anda. 

 

Hanya saja, membangun personal branding maupun produk branding bukan hal yang mudah. Butuh waktu dan upaya yang tak bisa dibilang main-main. Meskipun begitu, Anda tetap harus melakukannya, agar strategi digital marketing yang Anda terapkan dapat berjalan dan memberi hasil sesuai harapan. Lalu, bagaimana cara tercepat membangun personal branding?

 

Cara Tercepat Membangun Personal Branding

  1. Perkenalkan Diri Anda dan Produk Anda 

Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Tak akan ada orang yang tahu siapa Anda, kalau Anda tidak memperkenalkan diri di depan umum. Karena itu, mulailah membuat diri Anda dikenal banyak orang, entah melalui prestasi, menjadi pembicara di berbagai acara, melalui buku, media sosial, dan masih banyak lagi media yang bisa digunakan untuk memperkenalkan diri Anda. Jangan lupa, kenalkan pula tentang produk dan bisnis yang sedang Anda bangun. 

 

 

Ada prinsip yang berlaku dan diterapkan cukup banyak oleh pelaku bisnis digital, jika Anda memiliki latar belakang sebagai public figure, maka personal branding sebaiknya dilakukan sebelum produk branding. Sementara kalau Anda adalah orang yang belum terkenal, mulailah dengan produk branding, baru setelahnya membangun personal branding

 

  1. Buat Iklan

Memasang iklan menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam proses branding, supaya produk dan bisnis Anda dikenal lebih banyak orang. Untuk perusahaan berskala besar, melakukan proses produksi dan memasang suatu iklan menjadi hal yang sangat mudah. 

 

Akan tetapi, untuk perusahaan kecil atau UKM, pemasangan iklan sering kali masih menjadi kendala, mengingat ada biaya yang dibutuhkan dalam proses pemasangan iklan tersebut. Walaupun ada tambahan biaya pemasaran, Anda tidak perlu khawatir. Kini, Anda bisa memanfaatkan iklan digital marketing for small business dengan biaya yang lebih murah dan bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana Anda. Bahkan beberapa iklan digital ada yang tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. 

 

  1. Ikuti Berbagai Kegiatan Pameran

Untuk membangun branding, baik personal branding maupun produk branding, Anda bisa mengikuti berbagai macam event untuk mengenalkan produk atau usaha Anda, terutama event yang cocok dengan tema usaha Anda. Ada banyak kisah sukses yang telah diceritakan pebisnis besar, bahwa mereka memulai bisnis dari stand di suatu pameran atau mengikuti event tertentu yang memungkinkan mereka memperkenalkan bisnis dan produk yang sedang mereka mulai. 

 

 

Tips agar hasil maksimal saat Anda mengikuti event adalah memilih stand yang strategis agar pengunjung mudah menemukan Anda. Hias stand semenarik mungkin agar menarik dan mengundang antusias pengunjung dalam melihat produk yang Anda tawarkan. Sediakan pula brosur yang menerangkan produk, sekaligus bisnis Anda, serta kartu nama Anda. Jangan lupa, bercakap-cakaplah dengan ramah ketika ada pengunjung yang menghampiri Anda. 

 

  1. Jangan Hanya Menjual Produk

Dalam membangun personal branding, sebaiknya bukan hanya sekadar konten promosi yang fokus pada penjualan produk, melainkan konten yang dapat membangun hubungan baik antara pelanggan dengan bisnis Anda. Konten bisa berupa informasi dan edukasi yang masih berhubungan dengan produk, solusi untuk suatu permasalahan yang banyak dihadapi calon pelanggan, atau kisah sukses terkait pengalaman orang lain yang sudah menggunakan produk Anda.  

 

Anda juga bisa membuat konten yang berisi, informasi tentang manfaat yang akan didapat oleh orang-orang yang menggunakan produk, kelebihan produk Anda dibandingkan produk lain, dan sebagainya. Kemaslah konten dengan cara menarik sehingga pelanggan akan mengenal produk Anda dan bisa mengingatnya dengan baik. Kelak ketika mereka membutuhkannya, mereka tak segan untuk mencari produk Anda. 

 

  1. Menempatkan Diri Sebagai Konsumen 

Sebagai seorang pebisnis, pastikan Anda memahami kebutuhan serta keinginan konsumen, dan menempatkannya sebagai prioritas utama. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pelayanan yang baik secara sosial. Perlu diingat, pesaing Anda di pasar sangat banyak.

 

Orang yang menjual produk sejenis dengan produk Anda ada banyak, bahkan ada pula produk-produk yang sebenarnya sama, namun dijual dengan nama berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki strategi khusus yang bisa memenangkan hati konsumen. 

 

 

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar tahu apa kebutuhan dan keinginan konsumen adalah dengan menempatkan diri Anda sebagai pelanggan atau melihat dari sudut pandang mereka. Ketika Anda memposisikan diri sebagai konsumen dan mengetahui standar kualitas produk seperti apa yang Anda inginkan, maka seperti itu pula yang diinginkan pelanggan. 

 

Sekali lagi, membangun personal branding atau produk branding memang membutuhkan waktu, tenaga, ketekunan dalam menjalani prosesnya, bahkan membutuhkan uang. Berusahalah sebaik mungkin, karena jika Anda berhasil membangun branding yang baik, maka bukan tidak mungkin Anda akan menguasai pasar dan mampu memenangkan persaingan. Jika membutuhkan saran dan masukan mengenai membangun branding, Anda bisa menghubungi digital agency Jakarta. Selamat mencoba. Semoga Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses.