6 Strategi Meningkatkan Omset dari Sosial Media

Read Time: 3 min

CATEGORY:

Social Media


SHARE:

FACEBOOK

TWITTER


RATING:

Menggunakan sosial media untuk menjual sesuatu adalah cara pemasaran sosial media paling baru dan efisien untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda. Dengan menggunakan platform sosial media, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan membangun hubungan dengan target pelanggan. Hubungan baik yang terjalin sudah tentu mampu meningkatkan omset yang diharapkan.

 

6 Strategi Meningkatkan Omzet dari Sosial Media

1.     Dapatkan Lebih Banyak Review

Pembeli yang puas akan menarik pembeli lainnya. Konsep ini merupakan konsep lama yang dapat diperkuat lagi dengan sosial media. Ketika orang-orang mendengar tentang bisnis Anda secara online, mereka akan mencari tahu tentang reputasi produk Anda di antara pembeli sebelumnya. Karena itu, Anda harus mengupayakan agar orang-orang melihat review baik dari pembeli yang puas. Cara yang bisa digunakan, misalnya dengan membagikan ulang kiriman review, mengumpulkan review tersebut dalam satu halaman di website, atau menjadikan review tersebut berada di highlight Instagram.

 

 

2.     Jadilah Pembicaraan

Strategi pemasaran “dari mulut ke mulut” masih merupakan strategi jitu untuk mendapatkan pembeli. Maka ciptakan kesempatan agar produk dan bisnis Anda menjadi bahan pembicaraan. Misalnya dengan mengadakan acara perkumpulan dengan mengundang massa atau influencer. Atau dengan berpartisipasi menjadi sponsor dalam acara atau proyek komunitas lokal. Untuk memperlancar upaya-upaya strategi promosi seperti ini, Anda bisa bekerja sama dengan jasa digital marketing atau digital agency terpercaya. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan nama baik di antara audiens yang bahkan belum pernah mengenal bisnis Anda.

 

3.     Dapatkan Fans Loyal

Memiliki fans loyal tentu berdampak baik pada penjualan dan nama baik bisnis. Secara alami, bina hubungan baik dengan orang-orang yang tertarik dengan brand Anda. Buatlah komunitas online yang mewadahi fans loyal tersebut. Jangan ragu untuk memberikan reward kepada mereka, bisa dalam bentuk voucher diskon khusus atau kesempatan mencoba produk terbaru sebelum dirilis.

 

4.     Ubah yang Negatif menjadi Positif

Salah satu bagian yang tidak menyenangkan dari sosial media adalah adanya orang-orang yang ingin menyebarkan hal-hal negatif, ujaran kebencian, atau kritik tidak berdasar. Meskipun begitu, jangan biarkan orang-orang tersebut pergi begitu saja atau menghapus komentar negatif tersebut. Berikan respons yang baik, tanyakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki produk atau pengalaman berbelanja yang mereka alami. Dengan membalas hal negatif dengan sesuatu yang positif, Anda dapat mengubah orang-orang tadi menjadi pelanggan yang loyal.

 

 

5.     Ajak Pelanggan Anda untuk Mengajak Teman

Di sosial media, pelanggan Anda akan bergaul secara virtual dengan orang-orang yang berada di situasi yang sama dengan mereka. Apakah sesama pecinta KPOP, anime, politik, dan lainnya. Anda dapat mempelajari komunitas dan ketertarikan mayoritas pelanggan Anda dan menyesuaikannya dengan bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat pula menawarkan reward bagi pelanggan yang mengajak teman untuk bergabung atau berinteraksi dengan akun Anda di sosial media. Secara jangka panjang, strategi ini akan menguntungkan Anda dalam mendapatkan omzet.

 

6.     Berikan Penawaran Berbatas Waktu

Penjualan dapat ditingkatkan dengan melakukan penawaran terbatas. Hal ini akan mendorong orang-orang yang selama ini ragu-ragu untuk melakukan pembelian produk Anda menjadi lebih aktif. Jika Anda tidak mendapatkan respons yang diharapkan, lakukan perbaikan pada strategi pemasaran media sosial yang diterapkan dan coba lagi dengan cara yang lebih baik di lain waktu.

 

 

Kunci dari meningkatkan omzet di sosial media adalah dengan membangun brand yang memiliki nama baik di antara pengguna sosial media. Tak ada salahnya juga mempelajari bagaimana bisnis lain melakukan promosi dan adaptasikan hal tersebut dalam strategi bisnis Anda sendiri, serta sesuaikan dengan selera pasar. Inovasi dan kreativitas dibutuhkan untuk meningkatkan omzet di sosial media. 

PREV
NEXT