MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Tren Content Marketing Terbaru

03 Sep  · 
3 min read
 · 
eye 9.771  
Digital Marketing

redcomm

Seiring perkembangan zaman dan perubahan kebutuhan konsumen, dunia bisnis termasuk strategi pemasaran terus mengalami transformasi.

Saat ini content marketing menjadi elemen penting dalam menjaga relevansi dan daya saing pasar. Berbagai tren baru dalam penerapan strategi content marketing terus bermunculan, sesuai perubahan perilaku konsumen dan kemajuan teknologi.

Bersama Redcomm Knowledge kali ini, mari pelajari beberapa tren content marketing terbaru agar bisnis Anda tetap unggul dalam persaingan pasar.

7 Strategi Content Marketing Sesuai Tren Terbaru

Berbicara soal bisnis, strategi content marketing yang dikombinasikan dengan digital marketing dan SEO menjadi strategi yang paling diandalkan dalam menarik konsumen saat ini.

Seperti halnya penjualan langsung, di dunia online juga terjadi persaingan dalam mempromosikan bisnis. 

Agar bisa mendapatkan pasar sesuai target, Anda perlu menerapkan strategi baru yang memanfaatkan konten sesuai tren terkini. 

Untuk itu, berikut beberapa tren content marketing terbaru yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

1. Berbagi Konten di Media Sosial

Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone dan internet untuk mencari beragam informasi. Mulai dari sekadar mencari hiburan, berita terkini, pengetahuan, bacaan, hingga berbelanja.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis, penting banget lho memanfaatkan berbagai media digital dan media sosial untuk menjangkau orang-orang tersebut agar mengenal bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

Membangun media sosial untuk brand juga menjadi investasi berharga. Caranya, Anda perlu lebih memperhatikan konten marketing yang Anda gunakan untuk mempromosikan dan menjual produk maupun jasa Anda.

Membagikan konten menarik, berupa teks, foto, image, video, infografis, dan lainnya, memungkinkan bisnis Anda terhubung dengan banyak orang, termasuk memudahkan dalam membangun hubungan dengan followers.

2. Podcast

Apakah Anda suka mendengarkan Podcast? Podcast adalah salah satu platform media sosial yang populer sejak beberapa tahun terakhir.

Banyak orang yang tidak hanya senang mendengarkan Podcast, tetapi juga ikut membuat konten sendiri dengan memanfaatkan platform audio yang satu ini.

Alasannya karena memang banyak orang yang kini lebih senang “mendengarkan” informasi dan pengetahuan terbaru sembari melakukan aktivitas lain. Cara seperti ini bahkan dianggap sebagai cara belajar yang efisien di era modern.

Nah, Anda juga bisa lho memanfaatkan Podcast untuk berbagi informasi, inspirasi, atau tips, sekaligus mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki. 

Tetapi ingat, isi Podcast-nya jangan melulu jualan ya, nanti audiens bosan. Ada baiknya Anda lebih banyak membahas topik-topik menarik yang dibutuhkan audiens, dan di dalamnya boleh Anda sisipkan sedikit mengenai informasi bisnis Anda.

3. Meningkatkan Pengalaman Konten

Pengalaman konten atau content experience adalah cara membangun konten yang tidak hanya menarik, tetapi juga memberikan kemudahan dan pengalaman baru kepada siapa saja yang menikmatinya.

Pembuatan konten ini memerlukan teknik penulisan yang tepat, seperti content writing dan copywriting, sehingga dapat menarik perhatian orang untuk berinteraksi.

Untuk melakukannya, mulailah dengan memperbarui format konten yang disajikan. Misalnya, dengan memberi gambar yang eye-catching, menambahkan judul atau sub judul pada postingan.

Jika konten berupa artikel, ada baiknya Anda menggunakan bentuk artikel listicle yang lebih efektif meningkatkan keterbacaan, sekaligus memudahkan proses penyampaian informasi secara lengkap.

4. Live Streaming

Hingga saat ini, live streaming masih menjadi salah satu strategi marketing yang populer dan bisa membantu Anda meningkatkan promosi dan transaksi.

Format konten live streaming bahkan dianggap menarik karena dalam prosesnya dapat menciptakan interaksi langsung antara streamer dan penonton.

Sesi Question and Answer (Q&A) sering pula diselenggarakan dalam live stream yang berlangsung, di mana audiens dapat mengajukan pertanyaan dan Anda bisa langsung merespons atau sebaliknya.

5. Konten Reels di Instagram

Reels merupakan salah satu fitur unggulan di Instagram. Berbeda dengan konten foto feed, interaksi yang dihasilkan video Reels terbilang cukup tinggi.

Instagram Reels memungkinkan Anda membuat video yang bisa dipadukan dengan lagu terkini atau audio populer. 

Supaya audiens terus berkunjung ke platform bisnis Anda, pastikan Anda membuat konten video Reels yang bermanfaat, menarik, interaktif, dan membuat audiens menunggu-nunggu video Anda selanjutnya.

6. Konten Buatan Pengguna

Anda dapat mengisi akun bisnis dengan konten buatan pengguna. Caranya bisa dengan melakukan repost atau posting ulang konten milik followers ke akun Anda, baik di feed atau di story.

Konten buatan pengguna atau user generated content adalah konten yang dihasilkan secara sukarela oleh pengguna dan bisa Anda gunakan untuk tujuan pemasaran.

Kenapa perlu memanfaat UGC ini?

  • Anda jadi lebih mudah membantu interaksi yang baik antara bisnis dengan followers.
  • Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.
  • Pengguna yang kontennya Anda repost, akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan.

Namun pastikan ketika Anda melakukan repost konten dari audiens, Anda melakukannya dengan benar dan bisa menjaga citra bisnis Anda ya. Jangan asal repost.

7. Data Visual

Data visual adalah tren pemasaran konten yang dapat meningkatkan pengalaman konten secara drastis. Jika memiliki Photoshop atau program editing lain, Anda dapat mengubah data yang Anda punya ke dalam bentuk infografis.

Cara ini tidak hanya membuat konten Anda terlihat lebih cantik, tetapi memudahkan dalam menyampaikan informasi secara lengkap dalam bentuk yang mudah dipahami.

Konten promosi atau content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif, bahkan lebih efektif daripada pemasaran tradisional.

Hal ini memungkinkan Anda menampilkan iklan yang lebih personal dan memberikan kesempatan untuk terhubung dan membentuk interaksi yang kuat dengan pelanggan.

Masih bingung dengan konten seperti apa yang cocok untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda? 

Tenang, hubungi saja tim digital marketing agency Indonesia yang berkantor di Jakarta seperti Redcomm Indonesia. Isi form di Kontak Redcomm. Tuliskan masalah yang sedang Anda hadapi. Nanti tim kami akan segera menghubungi Anda.

Selain itu, ada banyak tren konten lainnya yang bisa dimanfaatkan. Pantau terus website Redcomm sebagai referensi berbagai strategi digital marketing terbaru.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER