Perkembangan sebuah usaha atau bisnis pada dasarnya tergantung pada bagaimana Anda melakukan pemasaran. Dibutuhkan digital marketing strategy yang tepat dan biaya yang terencana dengan baik agar pemasaran tersebut berhasil. Ciri-ciri sebuah pemasaran dikatakan baik dan berhasil dapat dilihat dari jumlah penjualan dan banyaknya pelanggan yang didapatkan.

 

Di masa sekarang, pemasaran lebih mudah dilakukan dengan jangkauan lebih luas. Dengan memanfaatkan media digital yang ada, Anda dapat mengenalkan produk atau jasa ke masyarakat. Salah satu cara yang cukup efektif adalah bekerja sama dengan blogger atau penulis blog. Kebanyakan blogger adalah penulis aktif di website atau blog dengan tema-tema tertentu. Di zaman serba internet sekarang, orang cenderung mencari solusi atas permasalahan mereka di kolom mesin pencarian, seperti Bing, Google, atau yang lainnya.

 

Pencarian itu kemudian mengarah mereka ke sebuah website yang berhubungan dengan kata kunci yang diketik. Semakin banyak pengunjung sebuah blog atau website, maka semakin besar pula kesempatan berada di halaman satu mesin pencarian. Hal ini dikarenakan para blogger paham bagaimana menganalisis SEO agar produk atau jasa milik Anda menjadi no. 1 dalam pencarian di website.

 

 

3 Manfaat Utama Kerja Sama dengan Blogger

Bagi Anda yang baru atau belum pernah bekerja sama dengan blogger, berikut akan dijelaskan 3 manfaat kerja sama dengan blogger:

 

1. Dapat Membantu Memasarkan Produk

Manfaat pertama bekerja sama dengan blogger adalah mereka dapat membantu memasarkan produk Anda. Jika Anda memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan blogger, pilihlah yang mempunyai popular blog atau blog dengan page view tinggi sehingga banyak orang yang melihat iklan atau artikel mengenai produk Anda.

 

Ada beberapa jenis pemasaran yang bisa dilakukan oleh blogger terhadap produk Anda, yakni sponsored post atau artikel bersponsor yang isinya adalah artikel review produk Anda dengan metode soft selling. Tipe artikel seperti ini dipercaya lebih bisa menarik perhatian pembaca. 

 

Ada pula kerja sama bentuk article placement yang isinya berupa informasi umum, dan di dalamnya nanti akan disematkan link menuju website atau mesin penerima pesan yang Anda punya. Cara lain, memasang banner ads di halaman blog milik blogger

 

 

2. Dapat Membantu Memperluas Jaringan Konsumen

Bekerja sama dengan blogger tentu bisa memperluas jaringan konsumen Anda. Rata-rata yang mengunjungi sebuah website adalah mereka yang memang sangat membutuhkan solusi. Misal, ada orang yang mencari mukena murah, mereka akan mencari website tentang mukena atau artikel mengenai hal tersebut. Jika Anda menyertakan link yang menuju halaman pembelian pada website Anda, maka closing atau transaksi pembelian pun bisa terjadi. 

 

Blogger juga bisa menjadi konsumen pertama Anda, karena mereka harus mencoba produk Anda terlebih dahulu untuk menuliskan artikel berdasarkan user experience. Ketika tulisan blogger sudah ditayangkan di blog mereka, maka orang-orang yang berada di dalam jaringan pertemanan blogger akan ikut membaca tulisan itu dan memiliki peluang besar untuk jadi konsumen Anda pula. Belum lagi jika akhirnya blogger tersebut menceritakan secara verbal mengenai produk Anda pada orang-orang di sekeliling mereka.

 

 

3. Dapat Membantu Mempopulerkan Produk

Blogger yang akan kita ajak kerja sama bukan hanya menulis artikel sponsor, tetapi mereka juga bertanggung jawab agar artikel tersebut supaya bisa dibaca oleh banyak orang dalam jaringan pertemanan mereka. Selain itu, blogger juga akan membagikan artikel yang mereka tulis di berbagai sosial media milik mereka demi mempopulerkan produk Anda. Keuntungan yang Anda dapatkan pun jadi berlipat ganda mengingat produk Anda akan berada di website, di sosial media, bahkan di aplikasi chat seperti whatsapp maupun telegram yang digunakan blogger untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Dengan cara ini, produk Anda pun dapat dikenal oleh masyarakat luas dengan jangkauan tanpa batas.

 

Untuk dapat bekerja sama dengan para blogger profesional dan berkualitas baik, Anda bisa menggandeng digital agency, creative agency websites, digital marketing websites, inbound marketing agency, atau perusahaan digital marketing lainnya. 

 

Demikianlah beberapa manfaat kerja sama dengan blogger. Untuk tarif dalam melakukan kerja sama itu, setiap blogger punya angka tersendiri. Namun, Anda akan sangat diuntungkan karena hanya dengan transaksi sekali saja artikel mengenai produk Anda akan terus terbaca oleh setiap pengunjung selama blog itu aktif. Jadi, jangan tunda lagi untuk merasakan manfaat kerja sama dengan blogger bagi kemajuan bisnis Anda!