MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Ide Bisnis Startup Terbaru di Era Revolusi Industri 4.0

22 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 6.580  
Business

redcomm

Ide bisnis apa saja? Ada banyak ide bisnis yang bisa Anda coba, misalnya ide bisnis startup. Mulai dari startup pendidikan, startup kesehatan, ide bisnis startup e-commerce, bahkan ide bisnis startup bidang teknologi dan augmented reality. Pada artikel kali ini, Redcomm Knowledge akan berbagi ide bisnis startup terbaru di era revolusi industri 4.0.

4 Ide Bisnis Startup Terbaru yang Bisa Anda Coba!

Untuk membangun bisnis, Anda perlu membangun brand identity dan pastinya harus punya ide bisnis terlebih dahulu. Salah satu ide bisnis yang bisa Anda coba adalah ide bisnis startup.

Ada banyak peluang bisnis startup yang idenya dimulai dari gagasan yang muncul begitu saja, atau merupakan solusi dari masalah yang banyak dialami masyarakat. Lalu, ide bisnis startup apa yang masih memiliki peluang besar di era revolusi industri ini?

1. Ide Bisnis Startup Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu faktor penting dan kebutuhan yang tidak dapat digantikan. Mungkin Anda juga sudah sering melihat startup berbasis pendidikan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Terbukti bisnis ini sangat diminati masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bisnis ini berfokus membantu audiens untuk dapat belajar hal-hal yang mereka butuhkan. Anak sekolah bisa mendapatkan pengetahuan tambahan berkaitan dengan pelajaran di sekolah dasar. 

Remaja atau mahasiswa bisa menambah wawasan berkaitan dengan bidang keilmuan yang mereka pelajari, sekaligus meningkatkan keterampilan lain, seperti keterampilan bahasa asing, teknologi digital, dan sebagainya. 

Sementara masyarakat umum, baik ibu rumah tangga maupun para profesional, bisa menambah bidang keahlian, melakukan reskill dan upskill, atau malah bisa berganti profesi setelah menguasai ilmu tertentu.

Jika sebelumnya para pengguna hanya mendengarkan materi dan penjelasan, Anda bisa membuat bisnis startup model baru yang lebih interaktif. 

Misalnya, pengguna dapat bertemu dengan berbagai guru dari berbagai negara yang nantinya bisa mereka pilih sendiri. Lalu, mereka melakukan pendaftaran, pembayaran, dan mengikuti pelajaran.

2. Ide Bisnis Startup Bidang Kesehatan

Ide bisnis berikutnya yang juga bisa Anda pertimbangkan, yaitu membangun bisnis startup bidang kesehatan. Hal ini karena kesehatan menjadi salah satu sektor penting dalam kelangsungan hidup manusia. 

Tak jarang, banyak orang harus mengantri lama saat melakukan cek kesehatan di rumah sakit. Ini jelas akan membuang waktu dan tenaga. Maka, Anda bisa menciptakan aplikasi yang memungkinkan pasien melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk berobat di rumah sakit tertentu. Jika sudah, mereka tinggal datang ke rumah sakit pada jam yang telah ditentukan.

Aplikasi berikutnya yang juga menjanjikan adalah aplikasi konsultasi kesehatan online. Di aplikasi ini, siapa pun bisa berkonsultasi dengan dokter, apoteker, ahli gizi, dan lainnya, tanpa harus bertemu langsung.

Ide startup kesehatan masih sangat related dengan masyarakat saat ini. Apalagi kesadaran masyarakat untuk hidup sehat sudah sangat tinggi. 

3. Ide Bisnis Startup Bidang Teknologi dan Augmented Reality

Ide bisnis startup selanjutnya adalah Augmented Reality. Dengan AR, Anda bisa melihat suatu hal yang tadinya hanya secara 2D menjadi 3D. Contoh yang memberikan gambaran secara jelas mengenai AR adalah penggunaan filter Instagram. 

Anda tentu pernah menggunakan filter atau bingkai yang beragam di Instagram. Pada penggunaan filter tersebut, wajah Anda sama sekali tidak berubah, namun nanti memang tampak sedikit berbeda saat dilihat dari layar smartphone. Inilah yang dikatakan real time.

4. Ide Bisnis Startup e-Commerce

Dari sekian banyak bisnis startup yang ada di Indonesia, e-Commerce paling diminati. Hal ini karena kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berbelanja mulai berubah dari offline menjadi lebih senang berbelanja online.

Dengan adanya terobosan e-commerce, tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Mereka sudah tidak perlu lagi keluar rumah dan pergi ke toko untuk membeli barang. Cukup menggunakan website atau aplikasi, semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan mudah. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai bisnis e-commerce? Anda bisa membaca lebih lanjut pada artikel berjudul 5 hal penting yang perlu diperhatikan dalam membangun e-commerce bisnis startup.

 

Itulah beberapa ide bisnis startup yang memiliki peluang cukup besar khususnya di era revolusi industri seperti sekarang. Ingin membangun bisnis, namun terkendala modal? Anda bisa menemukan solusinya dengan membaca artikel berikut: Begini Cara Mendapatkan Pendanaan untuk Startup.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER