Zaman sekarang, siapa yang tidak tahu mengenai startup? Singkatnya startup adalah perusahaan baru atau rintisan, yang biasanya berbasis teknologi. Seiring dengan kemudahan masyarakat mengakses internet, tentunya membuka peluang yang sangat luas bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis startup.

 

Pada artikel kali ini, Redcomm Knowledge akan berbagi ide bisnis startup terbaru di era revolusi industri 4.0.

 

4 Ide Bisnis Startup Terbaru yang Bisa Anda Coba!

Untuk membangun sebuah bisnis, Anda perlu membangun brand identity pula. Namun sebelum itu, tentu saja Anda harus memiliki ide bisnis startup terlebih dulu. Ada banyak peluang bisnis startup yang idenya dimulai dari gagasan yang muncul begitu saja, atau merupakan solusi dari masalah yang banyak dialami masyarakat. Lalu, ide bisnis startup apa yang merupakan peluang besar di era revolusi industri ini?

 

 

  1. Startup Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dan kebutuhan yang tidak dapat digantikan. Mungkin Anda juga sudah sering melihat startup berbasis pendidikan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.

 

Terbukti bisnis tersebut sangat diminati masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bisnis ini berfokus membantu audiens untuk dapat belajar hal-hal yang mereka butuhkan. Anak sekolah bisa mendapatkan pengetahuan tambahan berkaitan dengan pelajaran di sekolah dasar. 

 

Remaja atau mahasiswa bisa menambah wawasan berkaitan dengan bidang keilmuan yang mereka pelajari sekaligus meningkatkan keterampilan lain, seperti keterampilan bahasa asing, teknologi digital, dan sebagainya. Sementara masyarakat umum, baik ibu rumah tangga maupun para profesional bisa pula menambah bidang keahlian mereka.

 

Jika sebelumnya para pengguna hanya mendengarkan materi dan penjelasan, Anda bisa membuat usaha startup yang baru, misalnya kursus online yang lebih interaktif. Di startup tersebut, para pengguna dapat bertemu dengan berbagai guru yang nantinya bisa mereka pilih sendiri. Lalu, mereka melakukan pendaftaran, pembayaran, dan mengikuti pelajaran.

 

Dengan antusiasme dari masyarakat, Anda juga dapat turut membuat startup business, tetapi dengan konsep yang beda. Nah, untuk itu, Anda bisa belajar bisnis dari 4 startup sukses Indonesia.

 

 

  1. Startup Kesehatan

Usaha startup kedua yang bisa Anda coba adalah startup di bidang kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu dari sekian banyak sektor yang wajib diperhatikan, karena menyangkut nyawa dan keselamatan hidup.

 

Tak jarang, banyak orang harus mengantri lama saat melakukan cek kesehatan di rumah sakit. Apalagi sekarang sedang pandemi, yang mana Anda tidak boleh terlalu sering bertemu banyak orang.

 

Oleh karena itulah, solusi startup kesehatan ini muncul. Mungkin Anda juga sudah pernah melihat beberapa aplikasi online tentang kesehatan, nah semua aplikasi itu bisa dikatakan sebagai sebuah startup. Di aplikasi tersebut, siapa pun bisa berkonsultasi dengan dokter, apoteker, dan yang lain tanpa harus bertemu langsung.

 

Ide startup kesehatan masih sangat related dengan masyarakat saat ini. Karena saat pandemi kondisi tubuh merupakan hal penting. Selain itu, masyarakat pun sudah cukup bergantung dengan internet.

 

  1. Startup Teknologi, Augmented Reality

Ide bisnis startup selanjutnya adalah Augmented Reality. Sepertinya, sudah banyak orang yang mengenal teknologi ini. Jika belum, maka pengertian AR adalah teknologi baru yang mana merupakan gabungan dari sistem yang sudah dibuat dengan dunia nyata secara real time.

 

Dengan AR, Anda bisa melihat suatu hal yang tadinya hanya secara 2D menjadi 3D. Contoh yang memberikan gambaran secara jelas mengenai AR adalah penggunaan filter Instagram. Anda tentu pernah menggunakan filter atau bingkai yang beragam di Instagram. Pada penggunaan filter tersebut, wajah Anda sama sekali tidak berubah, namun nanti memang tampak sedikit berbeda saat dilihat dari layar smartphone. Inilah yang dikatakan real time.

 

 

  1. Startup e-Commerce

Dari sekian banyak bisnis startup yang ada di Indonesia, e-Commerce paling diminati. Karena sepertinya, masyarakat Indonesia mulai terbiasa berbelanja dari rumah sejak diberlakukannya pembatasan interaksi sosial akibat pandemi. 

 

Dengan adanya terobosan e-commerce, tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Mereka sudah tidak perlu lagi keluar rumah dan pergi ke toko untuk membeli barang. Cukup diam di rumah saja, mereka bisa membeli banyak produk secara online. Sebagai tambahan referensi, Anda bisa membaca 5 hal penting yang perlu diperhatikan dalam membangun e-commerce bisnis startup.

 

Itulah beberapa ide bisnis startup yang memiliki peluang cukup besar khususnya di era revolusi industri seperti sekarang. Kemajuan teknologi memang berpengaruh besar, salah satunya terhadap dunia bisnis digital. Namun hal itulah yang bisa membantu pekerjaan manusia semakin mudah.