Pengusaha mana pun akan berusaha meningkatkan penjualan produk demi tercapainya keuntungan yang diharapkan, sekaligus bisa mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Apa yang biasanya Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan? Apakah cukup hanya menunggu pelanggan datang dan melakukan transaksi? Kedua pertanyaan ini, Anda sendiri yang bisa menjawabnya. Nah di artikel kali ini, Redcomm Knowledge akan membantu Anda menemukan jawaban untuk pertanyaan, apakah digital marketing bisa membantu penjualan produk Anda? 

 

Ini Alasan Digital Marketing Bisa Membantu Penjualan Produk Anda!

1. Memberikan Kemudahan Berbagi Informasi

Sebenarnya kemudahan berbagi informasi di sini berhubungan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang kian maju di masa sekarang. Dulu penjual akan menawarkan produknya secara konvensional, yaitu di toko masing-masing. Namun sekarang, terutama sejak terjadi pandemi Corona, pemasaran secara konvensional yang mengharuskan pelanggan datang ke toko untuk melakukan transaksi sudah jelas mengalami penurunan yang cukup signifikan. 

 

 

Alih-alih pergi ke toko atau pusat perbelanjaan untuk berbelanja, kebanyakan orang di masa kini lebih memilih berbelanja secara online. Biasanya sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk, mereka akan terlebih dahulu berselancar di internet untuk mencari berbagai informasi mengenai produk maupun jasa yang hendak mereka beli. Setelahnya, baru mereka melakukan transaksi dan biasanya transaksi pun langsung dilakukan secara online

 

2. Disukai Konsumen Apalagi Jika Disertai Katalog Produk

Gaya hidup modern yang serba cepat, ringkas, dan praktis membuat setiap orang memilih untuk berkegiatan tanpa perlu membuang waktu percuma. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari terkait pekerjaan, pendidikan, maupun hiburan, mereka pun lebih menyukai berbelanja dengan cara yang cepat tanpa harus meninggalkan rumah. Untuk itu, peluang memanfaatkan digital marketing sebagai upaya membantu peningkatan penjualan produk jelas terbuka lebar. 

 

Anda tinggal menerapkan digital marketing strategy secara tepat, baik menggunakan website, social media campaign, atau e-commerce. Perkenalkan produk ataupun brand Anda dengan membuat berbagai konten yang menarik, unggah foto produk yang detail, beresolusi bagus, dan tampilan yang juga eye-catching. Jika mampu memberikan harga bersaing itu pun akan membuka kesempatan Anda untuk menjual lebih banyak produk, mengingat dengan memanfaatkan pemasaran digital saat ini memungkinkan pembeli bisa dengan cepat membandingkan harga antara produk yang satu dengan produk lainnya, atau harga dari merek Anda dengan merek kompetitor. 

 

 

3. Menjangkau Banyak Pembeli

Bisakah Anda membayangkan betapa merepotkannya jika Anda hendak membeli produk yang hanya tersedia di toko yang ada di Jakarta, sementara Anda tinggal di Surabaya? Dulu, Anda tentu harus terbang ke Jakarta hanya demi mendapatkan produk tersebut. Sekarang, dengan semakin berkembangnya digital marketing business dan internet marketing business, Anda cukup memanfaatkan media digital untuk melakukan pemesanan, membayar transaksi, dan kemudian tinggal menunggu produk tiba di rumah Anda tanpa Anda perlu pergi ke Jakarta. 

 

Apalagi saat ini tersedia beragam jenis kurir pengiriman yang bisa dimanfaatkan dalam mengantar produk, baik jarak dekat maupun jauh, dengan harga terjangkau. Anda bisa memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang telah tersedia dalam penerapan digital marketing sehingga bisa membantu Anda meningkatkan penjualan produk. 

 

4. Toko Buka 24 Jam 7 Hari Seminggu

Dengan Anda mulai sesegera mungkin go digital dan menerapkan strategi digital marketing, Anda seakan punya toko atau usaha yang buka 24 jam dan 7 hari seminggu tanpa pernah tutup. Pelanggan kapanpun membutuhkan produk Anda bisa melakukan pemesanan kapan pun mereka inginkan. Jangkauan pemasaran yang luas, ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri, sudah pasti akan meningkatkan jumlah pelanggan yang berbelanja di online shop milik Anda. Tapi dengan catatan, usaha Anda ini memang benar-benar mudah ditemukan di internet dan Anda sudah menerapkan digital marketing strategy dengan tepat. 

 

Bagi Anda para pelaku usaha pemula yang belum benar-benar paham dengan digital marketing, Anda bisa terlebih dahulu mengajak digital agency terbaik di Jakarta untuk bekerja sama. Dalam kerjasama ini, sudah pasti akan terjadi banyak diskusi dan urun rembuk untuk bersama-sama mencapai tujuan yang diharapkan. Nah, di sinilah kesempatan Anda untuk sekaligus mempelajari cara penerapan strategi digital marketing yang tepat tadi. 

 

 

5. Lebih Bisa Bersaing dengan Pengusaha Lain

Dalam dunia bisnis tentu persaingannya sangat ketat. Maka, masing-masing penjual harus memiliki strategi bagaimana agar usahanya tetap bertahan, bahkan bisa berkembang menjadi lebih besar. Melalui penjualan secara online, maka seller juga sekaligus bisa memantau bagaimana kompetitor melakukan promosi dan penjualan produk mereka. 

 

Akibatnya, akan ada evaluasi serta inovasi dalam memperbaiki kualitas produk, jasa, layanan, dan sebagainya karena pembeli sudah tentu menginginkan produk yang mereka beli haruslah berkualitas baik. 

 

Jadi, apakah digital marketing bisa membantu penjualan produk Anda? Jawabannya Anda sudah tahu. Digital marketing bisa membantu Anda melakukan promosi, menjalin hubungan dengan pelanggan, berinteraksi, menganalisis sepak terjang kompetitor, membantu meningkatkan penjualan produk Anda, dan sebagainya. Namun di saat yang sama, Anda harus tahu strategi digital marketing yang paling tepat untuk diterapkan bagi usaha Anda.