Perkembangan dunia bisnis semakin lama memang semakin pesat, khususnya di internet. Bahkan, bisa dikatakan bisnis yang tidak mampu menyesuaikan dengan perkembangan internet akan terancam mati. Oleh sebab itu, sangat penting bagi para pengusaha UKM untuk mengetahui tentang digital marketing campaign. Yang mana tujuannya untuk mendatangkan market serta bisa bersaing dengan kompetitor.

 

Digital marketing campaign merupakan sebuah rencana atau metode yang digunakan untuk melakukan pemasaran atau marketing melalui jalur digital. Dengan digital marketing yang baik, bisnis dapat bertahan, bahkan meningkat. Ada beberapa metode digital marketing yang harus dipahami oleh setiap pebisnis. Berikut adalah beberapa jenis digital marketing yang populer.

 

 

Jenis-Jenis Digital Marketing Campaign yang Bisa Diterapkan Pengusaha UKM

  1. Search Engine Optimization 

Search Engine Optimization atau akrab disebut SEO adalah proses untuk mendapatkan traffic pada website maupun blog sehingga bisa masuk halaman pertama di mesin pencari. Beberapa aspek pada konten yang harus dioptimasi, antara lain deskripsi, penggunaan keyword, pemilihan judul, dan kualitas backlink. Jika sebuah website dapat tampil di halaman pertama pencarian, maka jumlah traffic pun akan meningkat.

 

  1. Search Engine Marketing 

Sekilas SEM atau Search Engine Marketing ini mirip dengan SEO. Hal yang membedakannya adalah SEM disebut juga dengan istilah pencarian berbayar. Pelaku marketing akan membayar sejumlah uang sesuai dengan kunjungan atau iklan yang direspons oleh traffic. Hasil yang diberikan oleh SEM ini juga terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan SEO.

 

  1. Content Marketing

Content marketing merupakan teknik digital marketing yang berfokus untuk berbagi konten. Konten ini dapat berupa tips, motivasi, hiburan, dan lain-lain. Tujuan dari pemberian konten ini adalah untuk menarik target market dan meningkatkan branding. Untuk bentuk kontennya disesuaikan dengan platform apa yang digunakan, apakah blog, website, YouTube, atau Instagram.

 

 

  1. Affiliate Marketing

Metode digital marketing ini cukup populer di kalangan banyak orang karena sebagian besar bisnis online menggunakan cara ini. Pada intinya, affiliate marketing adalah hubungan kerja sama dengan pihak lain untuk mempromosikan bisnisnya dan akan memberikan komisi jika terjadi pembelian melalui link affiliate-nya. Produk-produk digital seperti e-course adalah yang paling sering menggunakannya.

 

  1. Social Media Marketing

Sesuai namanya, social media marketing adalah metode digital marketing yang menggunakan platform media sosial guna menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Konsumen sudah jenuh dengan promosi yang bertipe hard selling ataupun yang terlalu gembar-gembor dalam menawarkan barang juga produknya. Konsumen butuh interaksi dua arah dengan pemilik brand.

 

Karena alasan tersebut, terciptalah metode social media marketing. Dengan cara ini, pemilik produk bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan calon konsumennya sehingga konsumen akan merasa terlibat dan hubungan yang baik ini bisa meningkatkan angka penjualan. Biasanya, pemilik produk dapat pula meminta pendapat atau sesekali melakukan giveaway agar interaksi semakin meningkat.

 

 

  1. Email Marketing

Metode digital marketing yang terakhir adalah email marketing. Cara ini juga cukup banyak diminati karena sekali mendapatkan database, maka promosi bisa dilakukan terus-menerus. Singkatnya, yang dilakukan email marketing adalah menggunakan email untuk memberikan edukasi atau newsletter seputar produk kepada target market. Setelah beberapa kali memberikan edukasi, biasanya pemilik produk akan mulai menyelipkan soft selling dan akhirnya melakukan penawaran.

 

Itulah 6 jenis digital marketing campaign yang bisa diterapkan pengusaha UKM agar bisa terus bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Siapa yang lebih sering belajar dan bisa beradaptasi dengan perkembangan, maka dialah yang akan menang. Oleh sebab itu, mempelajari semua metode digital marketing di atas sangat penting agar bisnis Anda tidak tertinggal dengan kompetitor lain.