Apakah Anda salah satu orang yang belum memahami apa itu loyalty program? Loyalty program atau program loyalitas pelanggan adalah salah satu digital marketing strategist yang kerap diselenggarakan suatu perusahaan. Gunanya, untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. 

 

Dengan kata lain, program-program seperti ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong pelanggan agar tetap berinteraksi dengan perusahaan atau melakukan pembelian produk. Akan tetapi, jika perusahaan ingin sukses dalam menerapkan strategi digital marketing tersebut, perusahaan harus bisa mendesain dan menyusun program loyalitas dengan baik agar jauh lebih menarik serta berkesan bagi pelanggan. Berikut ini ada beberapa contoh loyalty program yang efektif untuk Anda coba.

 

 

5 Contoh Loyalty Program yang Efektif

  1. Loyalty Point atau Poin Loyalitas

Loyalty point adalah salah satu loyalty program yang sering digunakan oleh perusahaan. Cara penggunaannya sangat sederhana. Para pelanggan atau konsumen yang melakukan transaksi dalam jumlah tertentu nantinya akan mendapatkan poin. Kemudian poin tersebut disimpan serta dikumpulkan hingga jumlah yang cukup. Semakin besar dan semakin banyak melakukan transaksi, akan semakin banyak pula point yang bisa dikumpulkan untuk mendapat hadiah eksklusif. 

 

Kalau poin-poin yang telah dikumpulkan tadi mencapai jumlah tertentu yang sudah ditetapkan perusahaan, nantinya bisa ditukarkan langsung dengan berbagai macam hadiah, mulai dari produk, layanan, diskon atau potongan harga, hingga berhak mendapatkan gratis liburan, misalnya. Apa pun itu, tentu loyalty point ini bisa saling menguntungkan kedua belah pihak.

 

  1. Event Terbatas

Berikutnya ada juga loyalty program kedua yang bisa dilakukan, yaitu dalam bentuk event terbatas. Program ini nantinya bisa diberikan secara individu maupun secara umum. Nah, untuk secara umum, program event terbatas dapat diberikan di event-event musiman ataupun di acara tahunan. Jadi, pada saat tertentu itulah perusahaan dapat memberikan keuntungan atau benefit untuk para pelanggan atau konsumennya dengan diadakan diskon, free service, dan lainnya.

 

Sementara untuk event terbatas yang diberikan secara individu, perusahaan memberikan keuntungan atau hadiah kepada pelanggan pada hari atau momen spesial, misalnya memberikan diskon ketika pelanggan berbelanja di hari ulang tahunnya, free menginap di kamar deluxe jika pelanggan loyal merayakan hari ulang tahun, dan lain sebagainya. Intinya, Anda sebagai pemilik brand menunjukkan perhatian kepada pelanggan untuk momen spesial mereka sehingga secara emosi pelanggan itu akan semakin dekat dengan merek produk Anda. 

 

 

  1. Program Tingkatan (Tier)

Program yang satu ini bisa menjadi salah satu program lanjutan yang diadakan dari program membership atau khusus program tersendiri. Di dalam program membership tersebut, para pelanggan akan diajak langsung untuk bergabung dengan komunitas yang telah didirikan oleh perusahaan. 

 

Setelah para pelanggan berkenan bergabung dan menjadi anggota di club membership tersebut, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari tawaran menarik seperti potongan harga, promo spesial hanya untuk anggota komunitas, hingga perlakuan khusus yang tidak akan bisa didapatkan oleh pelanggan lain non-membership.

 

  1. Kemitraan

Selanjutnya ada juga program kemitraan, di mana pada program yang satu ini para pelanggan akan diberikan kesempatan untuk bisa menjadi mitra kerja perusahaan sekaligus bisa menjadi pengguna produk-produk perusahaan dengan harga lebih spesial. Pelanggan akan diberikan wewenang untuk bisa menyebarluaskan serta memasarkan produk dari perusahaan dan mendapatkan keuntungan sesuai perjanjian. 

 

Contoh program kemitraan bisa dalam bentuk endorse produk. Pelanggan yang memiliki keberadaan yang kuat di media sosial bisa ikut mengkampanyekan produk perusahaan dan untuk itu dia berhak mendapatkan produknya secara gratis dengan tambahan sejumlah hadiah, atau sesuai dengan perjanjian tertentu. 

 

 

  1. Program Value Brand

Maksud dari program loyalitas customer yang satu ini adalah menguntungkan customer sekaligus dapat memperkuat value dari brand. Contoh programnya, perusahaan dapat menawarkan harga lebih murah dari harga normal dalam program buy 1 get 2, misalnya, atau dalam bentuk cashback, dan lainnya sehingga konsumen memiliki keinginan untuk membeli lagi dan lagi. Selain itu, tujuan utama dari loyalty program ini adalah membuat para pelanggan betah dan tetap terus berlangganan pada brand atau produk dari perusahaan Anda.