Digital marketing websites merupakan salah satu strategi promosi yang bisa Anda lakukan, baik untuk membangun brand awareness maupun menjual produk melalui website. Namun, sebelum melakukan teknik promosi yang satu ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu jika situs bisnis Anda sudah memiliki sambungan aman ketika diakses. Dengan kata lain, memiliki sertifikat SSL yang dapat mengubah URL menjadi Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) pada sebuah website. Tanpa adanya sertifikat keamanan itu, situs Anda termasuk dalam kategori tidak aman. Hal ini akan terlihat ketika Anda mengaksesnya di browser

 

HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang dilengkapi dengan penggunaan sertifikat Secure Socket Layer (SSL). Artinya, website menjadi lebih aman karena sertifikat keamanan tersebut mengenkripsi permintaan dan respons dari HTTP normal. HTTPS ini sangat penting, apalagi untuk website marketing company Anda. Google bahkan rekomendasikan supaya semua situs menggunakannya. 

 

 

4 Manfaat Utama Website SEO Friendly Menggunakan HTTPS 

Perlu Anda ketahui, menggunakan Hypertext Transfer Protocol Secure tidak langsung meroketkan peringkat situs Anda ke halaman pertama mesin pencarian Google. Sebab, dibutuhkan strategi pendukung lainnya, termasuk penerapan SEO on page maupun off page serta konten pendukung untuk bisa menempatkan website bisnis Anda pada halaman muda mesin pencari. 

 

Namun, untuk manfaatnya terhadap penetapan ranking situs jangka panjang serta SEO, peralihan dari HTTP ke HTTPS sudah tidak diragukan lagi. Beberapa hal berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan website dengan HTTPS.

 

  1. Memberikan Pengalaman yang Lebih Aman untuk Pengguna 

Sejak beberapa tahun terakhir, Google telah menambahkan pembaharuan notifikasi berupa informasi aman atau tidaknya ketika user mengunjungi sebuah alamat situs di Google Chrome. Untuk domain yang belum menambahkan SSL akan diberikan keterangan not secure. Adanya pemberitahuan tersebut tentu bisa membuat beberapa pengunjung berpikir ulang untuk terus melanjutkan mengakses web Anda, apalagi jika melibatkan transaksi penjualan. Oleh karena itu, sangat disarankan website bisnis sudah harus menggunakan HTTPS pada URL. Alasannya, situs yang sudah HTTPS dapat menjamin informasi yang dimasukkan oleh pengguna saat mendaftar, login, maupun bertransaksi tidak mengalami kebocoran, dalam artian lebih aman. 

 

  1. Dapat Meningkatkan Dwell Time pada Website  

Dwell time merupakan salah satu metrik penting untuk SEO. Tool ini dapat menentukan total durasi yang dihabiskan oleh user dari mesin pencari, kemudian berada di situs Anda, dan akhirnya mereka memilih kembali ke halaman pencarian. Alat pengukur ini dapat memberitahu Google seberapa akurat hasil pencarian serta relevansi situs web Anda untuk kueri mereka. 

 

Untuk mempertahankan dwell time yang bagus, tentu akan lebih sulit dilakukan jika situs Anda belum HTTPS. Sederhananya, pengguna internet menemukan situs web Anda. Karena melihat kontennya relevan dan sesuai yang mereka cari, maka mereka pun masuk ke situs Anda. Sayangnya ketika website sudah terbuka dan mereka melihat ada notifikasi “tidak aman” dari situs web, bisa jadi mereka akan mengurungkan niat untuk masuk dan berselancar di berbagai konten yang tersedia di situs Anda tersebut. Kalau hal ini yang terjadi, peluang menunjukkan berbagai konten berkualitas di website marketing company Anda bisa berkurang, bahkan hilang.

 

Akhirnya, crawler Google ataupun mesin pencari lain akan menilai situs Anda sebagai situs berkualitas rendah, atau sama sekali tidak relevan dengan istilah pencarian tersebut. Jika dibiarkan dan tidak segera diperbaiki, perlahan URL situs Anda akan turun peringkat. 

 

 

  1. Situs dengan HTTPS Loading Time Lebih Cepat 

Saat Anda membuka sebuah situs, berapa lama Anda rela menunggu konten dimuat hingga akhirnya memutuskan pergi? Sebuah riset yang pernah dilakukan Incapsula menemukan bahwa hanya ada 55% orang yang rela menunggu maksimal lima detik.  

 

Nah, penggunaan HTTPS selain dapat meningkatkan security pada web, juga membuat situs web Anda jadi lebih cepat dalam menampilkan konten. Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dari teknik SEO yang diterapkan untuk mensukseskan promosi menggunakan digital marketing websites

 

Walaupun Anda dapat menggunakan teknik memperkecil ukuran file, mengoptimalkan penggunaan gambar, bahkan mengurangi pengalihan untuk meningkatkan kecepatan situs Anda, akan tetapi menggunakan HTTPS merupakan solusi efektif yang dapat menghasilkan keuntungan besar dalam hal mempersingkat loading time website.

 

  1. HTTPS Menghasilkan Pelaporan SEO yang Akurat 

Untuk memiliki website marketing company yang bagus, Anda harus rutin mengaudit hasil penerapan search engine optimization. Mengapa harus begitu? Tentu agar Anda bisa mengetahui apa yang bisa membantu website, dan apa yang tidak memberikan efek apa pun. Jadi, Anda bisa mengatur ulang strategi yang telah disusun bersama tim top digital agency Anda. 

 

Jika menggunakan HTTPS, Anda akan lebih mudah dalam melakukan proses audit karena informasi rujukan  situs tidak aman akan dihilangkan. Jadi, tidak akan ada informasi sumber lalu lintas dari HTTP, artinya Anda tidak akan melihat laporan pengunjung yang datang dari sumber "langsung", sekalipun pada kenyataannya mereka mungkin saja dirujuk dari media sosial, penelusuran organik, atau iklan berbayar. 

 

 

Meningkatkan security situs web menggunakan HTTPS akan menunjukkan dengan jelas sumber lalu lintas lalu lintas terbaik ke website Anda, sehingga laporan untuk analisis SEO menjadi lebih akurat.