Bagi sebagian orang, media sosial merupakan sumber hiburan dan informasi yang tak boleh dilewatkan. Ada banyak berita terkini dibagikan melalui media sosial, bahkan sebelum ditayangkan di website media besar. Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis sebaiknya memanfaatkan momen ini agar dapat mengembangkan bisnis dan branding companies.

 

Semakin aktif Anda di media sosial, semakin banyak pengguna internet bisa mengenal dan mengetahui brand, produk, dan layanan bisnis Anda. Ini juga berlaku bagi para pemilik toko online yang ingin dagangannya ditemukan dengan mudah di media sosial atau platform lain di internet. 

 

Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Online

Mengapa harus memasarkan bisnis Anda di media sosial? Karena social media presence atau kehadiran bisnis Anda di media sosial merupakan salah satu strategi digital marketing potensial yang bisa menghasilkan konversi penjualan.

 

Dengan menghadirkan bisnis Anda di jejaring sosial, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjangkau lebih banyak orang dari mana pun dan kapan pun. Selain itu, Anda juga bisa memberi kemudahan bagi calon pelanggan untuk menemukan dan mengetahui lebih jauh tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

Berikut ini adalah beberapa cara memaksimalkan media sosial untuk bisnis online yang bisa Anda coba.

 

 

  1. Pengaruhi Audiens Melalui Halaman Bisnis

Apakah Anda sudah menggunakan halaman bisnis Facebook untuk memasarkan produk Anda? Jika belum, inilah saatnya untuk memanfaatkan halaman Facebook sebagai langkah awal dalam mempengaruhi calon konsumen baru Anda.

 

Sejumlah fitur yang ada di halaman bisnis Facebook dapat membuat Anda menawarkan produk dengan lebih mudah dan sangat membantu Anda dalam mendapatkan ulasan dari pelanggan. Semakin banyak respons positif yang Anda dapatkan, maka akan memicu calon pelanggan lain penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

 

Untuk mendapatkan hasil social media and digital marketing campaignyang maksimal, Anda harus membuat konten yang menarik. Kemudian aktif membalas komentar para konsumen sekalipun merupakan komentar yang negatif. Semakin cepat Anda merespons para konsumen, Anda akan semakin dikenal sebagai seorang pebisnis yang profesional oleh pelanggan. Sebaliknya, jika Anda mengabaikan komentar mereka, besar kemungkinan Anda akan kehilangan konsumen potensial.

 

Selain konten iklan yang hardselling, Anda pun bisa memberikan konten yang softselling berupa edukasi disertai promosi produk Anda. Dengan begitu, audiens menilai konten dan produk Anda berkualitas, dan itu akan membuat audiens menantikan konten-konten selanjutnya.

 

  1. Membangun Kepercayaan Audiens

Alasan seseorang tidak mau berbelanja secara online biasanya karena pengalaman buruk saat berbelanja. Misalnya, ketika menemukan penjual yang tidak jujur, sehingga memesan produk A, tapi yang dikirim barang B.

 

Tentunya ini menjadi tugas Anda sebagai seorang pebisnis untuk membuat audiens percaya terhadap produk dan layanan Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda mencantumkan data profil bisnis secara akurat dan jujur.

 

Ketika memberikan informasi mengenai produk, usahakan untuk menjelaskan secara lengkap. Jika Anda menjual pakaian, ada baiknya Anda memasukkan informasi mengenai ukuran dan juga bahan yang digunakan pada pakaian tersebut.

 

Usahakan untuk tidak menggunakan kalimat yang susah dimengerti dan mengandung makna yang ambigu. Hal itu akan membuat audiens kebingungan memahami produk Anda. Maka dari itu, penting untuk membuat promosi produk secara detail dan mudah dipahami oleh para audiens.

 

Semakin Anda dipercaya oleh audiens, semakin mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Membangun kepercayaan tidak bisa dikesampingkan jika ingin bisnis Anda semakin dikenal banyak orang. Jika Anda dapat membangun kepercayaan dari satu audiens, besar kemungkinan audiens tersebut akan memberikan informasi ke audiens lain bahwa produk Anda memang trusted.

 

 

  1. Targetkan Promosi untuk Audiens Lokal

Saat Anda memulai bisnis, ada baiknya menargetkan audiens lokal terlebih dahulu. Dengan menjangkau audiens lokal di sekitar Anda, maka Anda bisa lebih mudah menguasai pasar terdekat untuk melakukan brand awareness serta pengenalan produk Anda.

 

Selain untuk membantu perekonomian warga lokal, dengan membeli produk yang lokasinya dekat dengan pelanggan justru mempercepat proses pengiriman dan menghemat ongkos kirim.

 

Untuk menjangkau target audiens lokal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

 

  • Menggunakan Google Bisnis

Layanan ini akan memudahkan Anda menarik audiens yang berada di sekitar lokasi bisnis. Sebab, selain nama dari bisnis, Anda pun bisa menambahkan lokasi, nomor telepon, serta ulasan dari pelanggan sebelumnya.

  • Promosi Silang dengan Pebisnis Lokal Lainnya 

Anda bisa mengajak para pebisnis lokal untuk saling mempromosikan barang jualan. Cara ini juga cukup mudah dan gratis.

  • Jadi Sponsor di Event Lokal

Menjadi sponsor saat event lokal adalah cara yang tepat untuk meningkatkan bisnis dan menjaring banyak audiens lokal.

 

 

Itulah beberapa cara meningkatkan keberadaan bisnis Anda di media sosial. Ini sangat penting dilakukan, mengingat sebagian besar orang terhubung ke internet setiap hari. Dengan Anda menawarkan jasa atau produk secara online melalui media sosial, potensi untuk mendapatkan lebih banyak konsumen akan semakin besar.