Apa yang membuat pengguna internet tertarik membaca konten website? Pernahkah Anda berpikir, masih bermanfaatkah konten artikel yang Anda tulis hari ini untuk 5 tahun mendatang?
Apa yang membuat pengguna internet tertarik membaca konten website? Pernahkah Anda berpikir, masih bermanfaatkah konten artikel yang Anda tulis hari ini untuk 5 tahun mendatang?
Kedua pertanyaan ini sebenarnya bisa dijawab dengan konten atau artikel evergreen.
Nah, seperti apa sebenarnya artikel evergreen? Adakah trik menulis artikel evergreen untuk mendatangkan traffic tinggi?
Artikel evergreen adalah artikel bertipe timeless, tidak memiliki batas waktu dan berguna jangka panjang. Contohnya, artikel bisnis, pendidikan, pengetahuan umum, dan sebagainya.
Sederhananya, artikel evergreen adalah artikel yang bertahan lama dan terus dicari pembaca. Artikel ini berguna dan bisa kapan saja dibaca asalkan ditulis dengan kaidah penulisan yang baik dan benar, disertai alur rapi, dan lengkap.
Artikel evergreen yang “berisi” dan dapat menjadi solusi untuk permasalahan pembaca, pasti akan mendatangkan banyak traffic bagi website Anda.
Lantas, bagaimana trik menulis artikel evergreen yang bisa mendatangkan traffic tinggi pada website bisnis?
Sebelum mulai menulis konten atau artikel yang evergreen dan topiknya akan terus dicari banyak audiens sepanjang tahun, Anda perlu terlebih dahulu memilih dan menentukan jenis konten dan topik yang tepat.
Berikut beberapa pilihan jenis dan topik konten evergreen:
Konten Q&A atau question and answer adalah konten yang bisa menjawab pertanyaan “Apa artinya itu?” atau “Kenapa bisa begitu?”
Biasanya konten jenis ini masuk dalam kategori konten evergreen, asal disertai dengan jawaban relevan dan referensi pendukung yang valid.
Beberapa contoh topik artikel evergreen pada konten Q&A misalnya:
Konten step by step atau how to bersifat menjelaskan secara detail tahapan atau proses melakukan sesuatu.
Isi konten biasanya dapat menjadi jawaban bagi audiens yang ingin mempelajari sesuatu secara mendalam.
Konten step by step atau how to adalah salah satu topik hangat yang bisa Anda pilih sebagai artikel evergreen.
Konten esai adalah artikel yang mengulas hasil analisis. Konten ini dapat pula menjadi artikel evergreen jika dilengkapi dengan data riset atau case study.
Konten berupa review atau ulasan terkait traveling, beauty, kuliner, produk tertentu, dan lainnya, biasanya banyak dicari orang sehingga dapat mendatangkan traffic bagi website Anda.
Tema lain yang bisa Anda jadikan konten evergreen, misalnya daftar referensi dalam berbagai topik tertentu.
Contoh: 5 pebisnis sukses di Indonesia, 5 hasil analisis data pengguna internet di Indonesia, dan sebagainya.
Konten tips seputar parenting, pengembangan diri, atau public speaking berguna sepanjang waktu dan banyak dicari orang. Pembaca tentu ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik bagi diri sendiri, lingkungan, maupun keluarga.
Jika kelak ada perubahan data, Anda tinggal melakukan update pada artikel-artikel evergreen ini tanpa melakukan banyak perubahan, bahkan tidak perlu menulis artikel baru.
Cara ini jauh lebih mudah dan hemat waktu dalam menyediakan konten berkualitas di website bisnis Anda.
Setelah tahu jenis konten dan topik evergreen yang mau Anda tulis, maka selanjutnya terapkan cara efektif menulis artikel yang bisa mendatangkan banyak traffic ke situs web, topiknya everlasting, dan selalu dicari orang.
Dalam membuat artikel evergreen, Anda harus memperhatikan bagaimana membuat pembaca betah membaca artikel yang Anda tulis.
Untuk itu, pastikan Anda membuat konten dengan tata bahasa yang menarik, terstruktur, tidak banyak pengulangan dan berbelit-belit.
Anda perlu mempertimbangkan berapa lama konten Anda dapat bertahan. Apakah konten tersebut relevan 5 atau 10 tahun lagi?
Apakah konten tersebut membahas topik yang hanya terjadi saat ini atau sedang menjadi trend saja?
Jika konten tersebut relevan untuk jangka waktu lama, Anda bisa segera mengeksekusinya menjadi satu artikel dengan isi lengkap dan detail.
Artikel yang lengkap memiliki peluang lebih besar untuk dibaca orang, serta dapat menempati posisi terbaik di halaman pertama mesin pencari seperti Google.
Agar konten evergreen semakin banyak pembacanya, Anda harus rajin membagikan konten tersebut melalui media sosial, pesan di messenger, atau memasang iklan Google Ads, misalnya.
Ada banyak media sosial yang menyediakan fitur iklan, yang memungkinkan artikel Anda tersebar otomatis, dan dapat menjangkau lebih banyak pembaca dari berbagai kalangan dan wilayah dari dalam dan luar negeri.
Tentu saja untuk memanfaatkan kemudahan pemasangan iklan, ada biaya yang harus Anda bayarkan.
Cara lain agar artikel Anda mendatangkan lebih banyak pembaca, buatlah jadwal update website yang konsisten, disertai jadwal share di waktu tertentu yang sudah Anda tetapkan sendiri.
Jika Anda melakukan hal ini secara berkesinambungan, Anda bisa mendapatkan pembaca setia yang dengan senang hati menunggu website Anda merilis artikel terbaru.
Apabila tidak ingin terlihat masif dalam membagikan konten yang sama, Anda bisa membagikan konten tersebut dua atau tiga hari sekali.
Yang pasti, ingatkan audiens Anda untuk selalu membaca konten evergreen yang telah Anda buat.
Itulah trik menulis artikel evergreen yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan traffic tinggi. Selamat mencoba tips dan trik ini dan semoga ulasan ini bermanfaat. Selain itu, pastikan Konten Powerful dengan Prinsip 3F, kemudian buat juga Meta Description yang SEO Friendly & Mendatangkan Traffic.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC