knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
7+ Tips Ampuh Mer...

7+ Tips Ampuh Merekrut Reseller untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis UKM

06 Jan  · 
3 min read
 · 
eye 12.896  
Bisnis

Tips Merekrut Reseller

Reseller adalah aset penting bagi setiap owner bisnis online, termasuk bagi para pelaku UKM. Keberadaan reseller bisa membantu pebisnis meningkatkan profit hingga berkali-kali lipat.

Memang sudah banyak pebisnis yang mampu menghasilkan kurang lebih 100 penjualan dalam satu hari, namun dengan adanya bantuan dari reseller, penjualan berpeluang meningkat dua hingga tiga kali lipat lho. 

Untuk mencapai peningkatan seperti ini, tentu Anda harus tahu cara membangun tim reseller yang solid dan loyal. 

Nah, pada artikel kali ini, Redcomm akan berbagi tips ampuh merekrut reseller untuk meningkatkan penjualan bisnis UKM.  

Tips Membangun Tim Reseller yang Sukses Capai Target Penjualan

1. Buat Sistem Reseller

Reseller adalah orang-orang yang akan membantu memasarkan produk dan layanan bisnis Anda ke pasar yang lebih luas. 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat sistem reseller, dengan menentukan konsep seperti apa yang cocok dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Cari dan Temukan Reseller

Jika sistem telah siap, selanjutnya Anda perlu melakukan pencarian reseller ini di berbagai media sosial, baik di Instagram, Facebook, atau platform media sosial lainnya. 

Gunakan cara paling menarik untuk mereka dan tawarkan kerja sama yang saling menguntungkan.

3. Kumpulkan Data dan Filterisasi

Mintalah data dan informasi selengkap mungkin mengenai calon reseller yang berminat bergabung menjadi tim Anda, mulai dari identitas, pekerjaan atau kegiatan sebelumnya.

Lalu cari tahu pula seberapa jauh mereka menguasai teknologi, dan beberapa faktor lain. 

Data dan informasi ini nanti berguna untuk memudahkan Anda menyusun dan menyesuaikan metode jualan yang paling cocok bagi mereka. 

Jangan lupa, buat perjanjian kerjasama tertulis untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

4. Terapkan Strategi Perekrutan Efektif

Instagram, WhatsApp, Facebook, dan Twitter adalah media sosial yang mempunyai jumlah pengguna sangat besar. 

Platform ini bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk melakukan perekrutan reseller yang dapat membantu menjual produk atau layanan bisnis Anda. 

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan dalam merekrut reseller:

a. Cari Reseller

Fokus terlebih dahulu untuk mendapatkan minimal 5.000 kontak pengguna media sosial maupun Whatsapp. 

Anda bahkan bisa membuat pengumuman singkat mengenai kebutuhan akan reseller ini di berbagai akun media sosial yang Anda miliki.

b. Buat Konten Edukasi

Setelah berhasil memiliki banyak teman di media sosial, buatlah konten edukasi mengenai bisnis secara rutin. 

Lakukan hal ini selama beberapa waktu dan lihat respons yang diberikan orang-orang dalam jaringan pertemanan Anda di media sosial.

c. Seleksi dan Umumkan Adanya Kelas

Jika sudah banyak yang mulai tertarik dan memberi respons positif, buatlah pengumuman mengenai kelas sharing bisnis yang hendak Anda selenggarakan. 

Kelas sharing ini bisa Anda adakan di grup tertutup di Facebook atau membuat grup di Whatsapp. Jangan lupa sediakan formulir yang harus diisi oleh orang yang berminat untuk bergabung.

Lakukan seleksi dari formulir pendaftaran yang telah diisi dan mulailah melakukan perekrutan. Untuk satu grup di Whatsapp, Anda bisa mengundang hingga 250 peserta. 

d. Kelas Sharing Membangun Bisnis Reseller

Pada jadwal yang telah ditentukan, mulailah kelas sharing bisnis, misalnya untuk jangka waktu dua atau tiga minggu saja. 

Tiap minggu, Anda bisa bagikan materi mengenai cara berjualan dan mendapatkan penghasilan, atau cara membangun bisnis. 

Jangan lupa, berikan pula penawaran untuk menjadi reseller di tim Anda dan jelaskan keuntungan yang bisa Anda berikan kepada mereka.

e. Kelola Tim Reseller

Khusus bagi peserta kelas sharing yang akhirnya menjadi tim reseller, buatlah grup terpisah. Di grup kedua ini, Anda bisa membangun komunikasi bisnis yang lebih intens kepada para reseller yang sudah berkomitmen untuk menjadi partner bisnis Anda.

5. Benefit dan Bonus

Di dalam berbisnis, bukan hanya Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan yang berhasil dilakukan. Pastinya, para reseller juga menginginkan hal yang sama.

Oleh sebab itu, penting lho menginformasikan tentang benefit dan keuntungan apa saja yang bisa mereka dapatkan jika mampu menjual produk Anda.

Misalnya, Anda bisa memberi keuntungan berupa selisih harga jual, mendapatkan potongan harga dengan besar tertentu jika melakukan pembelian dalam jumlah yang sudah Anda tentukan. 

Untuk jumlah penjualan yang lebih besar, misalnya setiap 12 lusin penjualan, Anda akan memberi diskon tambahan. 

Selain itu, bagi reseller yang berhasil mencapai target penjualan tertinggi, ada hadiah lain yang juga Anda siapkan. 

Hadiah atau bonus di sini bisa berupa, uang tunai, bingkisan, tiket liburan, produk gratis dan sebagainya. 

6. Kelola Tim Reseller untuk Kerjasama Jangka Panjang

Cara mengelola tim reseller yang paling tepat untuk kerjasama jangka panjang adalah dengan konsisten memberikan bimbingan penjualan. Misalnya:

  • Bagikan materi tentang cara meningkatkan penjualan di momen Harbolnas, misalnya. Dalam banyak kasus, reseller mengalami peningkatan penjualan setelah ada pembinaan yang dilakukan secara rutin.
  • Lakukan penyegaran dan bangkitkan kembali motivasi para reseller dalam pertemuan dua mingguan. Dalam pertemuan ini, berikan bantuan dan dorongan lebih agar para reseller semakin bersemangat jualan.
  • Jadilah rekan yang baik mengingat Anda bukan bos atau pemimpin mereka, melainkan rekan yang berjalan bersama untuk mencapai tujuan bersama pula, yaitu peningkatan penjualan.
  • Masih ragu dan belum yakin bisa mengelola tim reseller? Tenang, Anda bisa berdiskusi dan berkonsultasi dengan tim digital marketing agency Indonesia yang akan membantu Anda menemukan solusi. Hubungi mereka dengan klik Kontak Redcomm.

Dengan cara ini, para reseller akan bisa lebih loyal kepada Anda karena mereka merasa dihargai sekaligus bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

7. Sesi Konsultasi dan Diskusi

Adakalanya tim reseller tidak cukup hanya dijejali berbagai materi bisnis, namun mereka membutuhkan konsultasi atau diskusi atas permasalahan yang sedang mereka hadapi terkait penjualan. 

Maka buatlah jadwal dalam jangka waktu tertentu untuk sesi diskusi bersama di grup diskusi atau secara private. Jadi seluruh anggota tim bisa sama-sama berdiskusi, berbagi ide dan solusi di waktu tersebut.  

Di sisi lain, pahami juga kalau ada orang-orang yang merasa tak nyaman kalau harus membagikan permasalahan yang sedang mereka hadapi di forum terbuka seperti di grup Whatsapp. 

Untuk itu, Anda perlu meluangkan waktu dan membuka kesempatan bagi tim reseller yang ingin berkonsultasi secara pribadi agar mereka pun bisa mencapai target penjualan dan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. 

Konsultasi dan diskusi menjadi dua hal yang baik untuk Anda lakukan secara rutin sehingga para reseller bisa menyampaikan gagasan dan ide kreatif. 

Bahkan bisa jadi mereka memberi usulan yang kemudian dapat Anda mempertimbangkan sebagai strategi penjualan yang bisa diterapkan oleh seluruh tim. 

Aktif melakukan diskusi adalah bentuk penghargaan lain kepada reseller, karena membiarkan mereka untuk tumbuh dan belajar mengambil keputusan, bukan sekadar menanti materi saja.


Nah, semoga 5 cara membangun tim reseller yang loyal dan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda ini berguna dan memberi ide segar untuk diterapkan dalam strategi pengembangan bisnis berikutnya.

Lalu agar tim bisa mencapai angka penjualan terbaik mereka, tak ada salahnya Anda juga menerapkan Strategi Membangun Tim Reseller Handal untuk Bisnis Online.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER