knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Mengenal Formula AIDA untuk Membuat Copywriting yang Memikat

21 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 48.572  
Digital Marketing

Mengenal Formula Aida Untuk Membuat Copywriting Yang Memikat

Copywriting adalah teknis penulisan materi iklan atau konten untuk mempromosikan suatu brand dengan tujuan menarik perhatian, meningkatkan minat untuk membaca, dan upaya mendorong pembaca melakukan suatu tindakan yang Anda sarankan. 

Penyusunan tulisan dalam teknik ini memerlukan banyak sekali pertimbangan dan kreativitas. Alhasil, konten tulisan di dalamnya benar-benar efektif bisa menarik minat dari calon pelanggan.

Namun, tidak semua orang paham dengan tata cara penulisan yang baik dan terstruktur. Untuk itu, Anda perlu mengenal formula AIDA untuk membuat copywriting yang memikat. 

Copywriting dengan Formula AIDA

AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Keempat komponen ini mampu mengubah halaman kosong menjadi tulisan atau konten yang berkesan dan menarik minat.

Bahkan menggunakan formula AIDA memungkinkan Anda membuat orang lain menjadi terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten tersebut. Berikut cara menerapkan formula AIDA dalam pembuatan konten copywriting

1. Attention

Menurut salah satu penelitian yang pernah dilakukan SilverPop pada tahun 2013, orang-orang akan merasa tertarik akan suatu konten hanya dalam waktu 8 detik saja. 

Artinya, jika Anda sebagai pembuatan konten tidak mampu membuat calon pelanggan tertarik dengan konten Anda pada 8 detik pertama, maka konten itu bisa dianggap gagal menyampaikan pesan kepada target pasar. 

Tiga elemen di dalam konten yang bisa Anda jadikan faktor untuk menarik perhatian adalah judul, gambar, dan kalimat pembuka. 

Tipsnya, Anda perlu membuat buyer personal terlebih dahulu supaya Anda tahu target audiens yang mau Anda jangkau itu siapa saja.

Kalau sudah tahu, Anda jadi lebih membuat materi iklan yang relevan dengan permasalahan yang audiens hadapi, sekaligus dapat memberikan solusi, dan membuat mereka merasa dan berpikir, “Ini yang sedang saya cari!”

2. Interest

Tidak hanya perhatian, Anda juga perlu membuat pembaca konten jadi tertarik dengan iklan yang Anda tayangkan. 

Beberapa elemen yang harus Anda optimalkan untuk mencapai interest dari calon pelanggan, antara lain: ada informasi, fakta, studi kasus, data statistik, kondisi ideal, serta alasan mengapa konsumen percaya kalau mereka memerlukan apa yang Anda tampilkan pada konten tersebut.

Beberapa kalimat yang bisa Anda jadikan contoh untuk membangkitkan minat, misalnya: 

  • Mampu menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam kurang dari 2 minggu.
  • Berhasil tampil menarik dan glowing dalam satu minggu pemakaian rutin. 
  • Tampak flawless hanya dengan sentuhan foundation dan concealer ini.

3. Desire

Komponen desire hampir mirip dengan interest. Hanya saja pada tahap ini, Anda harus bisa membuat calon pelanggan benar-benar menginginkan produk yang sedang Anda tawarkan.

Salah satu tipsnya, menyebutkan beberapa manfaat dari produk unggulan, seperti: “diperkaya dengan vitamin B kompleks” atau “Efektif meningkatkan metabolisme tubuh”. 

Tips lain yang bisa diterapkan, Anda perlu memancing emosi dari pelanggan, namun memberikan solusi setelahnya. 

Salah satu contoh kalimat yang bisa diterapkan, misalnya: “Diet ketat biasanya membuat Anda tidak akan mendapatkan hasil secara maksimal. Untungnya, ada suplemen X yang bisa membakar lemak hanya dalam waktu sehari saja.”

4. Action

Anda perlu mengajak calon pelanggan untuk mengambil suatu tindakan agar membeli produk yang sedang Anda tawarkan dalam konten copywriting

Tidak hanya itu saja, pelanggan juga bisa diajak berkontribusi dengan membuat akun, melakukan pengunduhan, mendaftar, menelpon, atau mengisi kuesioner.

Anda hanya perlu berpikir kreatif untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan oleh calon pelanggan, sehingga mereka mempertimbangkan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. 

Pengisian kuesioner pun tidak masalah, asalkan pertanyaan di dalamnya bisa membuat calon konsumen akhirnya tertarik akan produk dari brand Anda.

5. Persuasif

Setelah menerapkan formula AIDA pada 4 langkah sebelumnya, maka selanjutnya Anda perlu menggabungkan keempat formula di atas agar berhasil menarik perhatian, membuat pelanggan merasa memerlukan produk tersebut, dan akhirnya melakukan pembelian. 

Hal ini biasa disebut dengan langkah persuasif dari kegiatan promosi demi membujuk banyak orang untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam konten copywriting.   

Anda harus menyusun rencana dengan cara mengurutkan keempat komponen AIDA agar pembuatan iklan menjadi lebih terstruktur dan terencana. Jangan lupakan menentukan target pasar dan kompetitor, serta menerapkan Teknik SEO Copywriting demi mendapatkan hasil maksimal dan optimal kedepannya. 

Kalau masih bingung, boleh banget lho Anda menghubungi tim digital marketing agency Indonesia untuk mendiskusikan kebutuhan konten pemasaran, sekaligus merencanakan strategi digital campaign yang tepat sasaran untuk bisnis Anda.

Cukup isi formulir di Kontak Redcomm. Jelaskan maksud, tujuan, atau permasalahan yang Anda hadapi. Nanti tim Redcomm akan langsung menghubungi Anda.

Formula AIDA memang seringkali digunakan banyak pengiklan dalam membuat copywriting. Hal ini berkaitan dengan pentingnya suatu content bagi calon pelanggan. Contohnya bisa Anda lihat pada pembahasan Copywriting yang Menarik dan Memancing Closing.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER