knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Pentingnya Data Driven Marketing dalam Strategi Digital Marketing Agency

22 May  · 
2 min read
 · 
eye 51  
Data Driven Marketing

Pentingnya Data Driven Marketing 3

Pernahkah Anda membayangkan apa yang bisa Anda dapatkan kalau bisa memprediksi strategi marketing yang paling menguntungkan, bahkan sebelum menyelenggarakan digital campaign?

Tentunya Anda tidak perlu lagi membuang-buang budget untuk iklan yang belum tentu menghasilkan konversi, kan? Nah, inilah kekuatan data driven marketing sesungguhnya.

Data driven marketing memungkinkan Anda memahami perilaku konsumen, mendapatkan insight yang real time, hingga akhirnya mampu merancang strategi yang akurat, efisien, dan berdampak besar.

Cari tahu selengkapnya mengenai apa itu data driven marketing, manfaat, dan komponen pentingnya yang perlu Anda pahami di artikel Redcomm Knowledge kali ini.

Apa Itu Data-Driven Marketing?

Sebelum membahas manfaat dan penerapannya, ada baiknya Anda paham dulu mengenai definisi data driven marketing secara utuh.

Pengertian data driven marketing adalah pendekatan pemasaran yang memanfaatkan data dari berbagai sumber untuk menyusun strategi, mengukur performa kampanye, dan mengoptimalkan hasil secara real time.

Data yang dimaksudkan di sini meliputi perilaku pengguna di website, data interaksi di media sosial, hasil performa iklan berbayar, tren pencarian di mesin pencari, hingga preferensi dan feedback pelanggan.

Dengan kata lain, setiap keputusan pemasaran tidak lagi berbasis asumsi atau feeling, tetapi berdasarkan fakta dan data yang terukur.

Mengapa Digital Marketing Agency Wajib Mengadopsi Data Driven Marketing?

Menerapkan pendekatan berbasis data membuka peluang besar untuk meningkatkan performa campaign secara menyeluruh.

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagai pemilik atau pekerja di dunia digital marketing agency kalau memanfaatkan data driven marketing, di antaranya:

1. Meningkatkan Efektivitas Kampanye

Saat Anda memiliki data yang lengkap dengan menerapkan data driven marketing, maka Anda bisa melihat channel pemasaran mana saja yang paling efektif.

Anda bahkan dapat mengidentifikasi jenis konten yang paling audiens sukai hingga tahu secara pasti waktu terbaik untuk publikasi konten di website dan media sosial.

Bahkan dari pengalaman Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun, data driven marketing dapat membantu perusahaan mengalami peningkatan profitabilitas bisnis hingga lebih dari 50% lho.

2. Menyesuaikan Strategi dengan Perilaku Konsumen

Proses menjalankan operasional bisnis pastinya membuka wawasan Anda mengenai perilaku konsumen yang sangat dinamis dan selalu berubah mengikuti perkembangan zaman.

Nah, pemanfaatan data yang sistematis dan terstruktur memudahkan proses memahami customer journey, mengidentifikasi perubahan tren, sekaligus menyesuaikan campaign ketika data menunjukkan hasil yang berbeda.

Buktinya, Anda bisa membaca pengalaman Rakuten dan Google memanfaatkan data menjadi penghasilan.

Anda akan lebih percaya diri dalam menjalankan strategi digital marketing karena sudah paham perjalanan pelanggan dari data yang Anda kumpulkan secara real time.

3. Mengoptimalkan Budget dan ROI

Salah satu tantangan terbesar bagi digital marketing agency adalah memastikan anggaran iklan bisa dimaksimalkan untuk membantu bisnis meningkatkan ROI.

Solusinya ya gunakan data. Ini cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar pengambilan keputusan jadi lebih akurat, misalnya:

  • Mengalokasikan anggaran iklan ke channel yang paling efektif.
  • Mengurangi pengeluaran di platform yang tidak menghasilkan.
  • Coba lakukan A/B testing berbasis data untuk menentukan formula terbaik.

Bahkan dengan data terkini, Anda juga bisa mengambil keputusan, apakah perlu menambah budget untuk beriklan di Google Ads, atau perlu tidaknya bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta.

Komponen Utama Data Driven Marketing yang Harus Dikuasai Digital Marketing Agency

Strategi berbasis data tidak akan maksimal tanpa memahami pilar-pilar utamanya. Berikut empat komponen penting yang harus Anda kuasai:

1. Data Collection (Pengumpulan Data)

Langkah awal dari seluruh strategi data driven marketing adalah mengumpulkan data yang relevan dan akurat.

Semakin lengkap data yang Anda kumpulkan, semakin akurat pula analisis yang bisa dilakukan.

Nah, untuk mengumpulkan data, Anda bisa memanfaatkan beberapa tools pendukung data driven marketing berikut ini:

  • Google analytics: mendapatkan data terkait website traffic dan user behavior.
  • Google Search Console: untuk mendapatkan data performa SEO.
  • Facebook insights dan TikTok analytics untuk data performa media sosial.
  • CRM software bisa Anda dapatkan untuk membangun database pelanggan dan histori transaksi.

2. Analisis Data (Data Analysis)

Data yang sudah terkumpul belum dapat memberi hasil yang nyata. Anda harus mengolahnya terlebih dahulu menjadi insight yang relevan bagi bisnis. Nanti dari hasil pengolahan data itulah Anda bisa mengambil keputusan.

Anda bisa memanfaatkan Google Data Studio untuk visualisasi data yang mudah dipahami. Kemudian integrasikan data marketing dan sales menggunakan tools atau bekerja sama saja dengan tim profesional dari digital marketing agency.

Biasanya, tim agensi memiliki kemampuan data analysis sehingga bisa membantu Anda mendapatkan insight terbaik, sekaligus membantu menyusunkan strategi promosi dan pemasaran yang paling tepat bagi bisnis Anda.

3. Personalisasi Berbasis Data

Selanjutnya dengan insight yang tepat, Anda bisa mempersonalisasi email marketing berdasarkan histori pembelian.

Lalu di dalam email marketing, Anda bisa sekaligus merekomendasikan produk yang paling relevan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Atau kalau Anda mau meluncurkan retargeting ads, maka personalisasi berbasis data membuat iklan Anda jadi lebih efektif dan tepat sasaran.

4. Pengukuran dan Optimasi Berkelanjutan

Karena menjalankan bisnis tidak hanya untuk satu dua tahun, melainkan berkelanjutan, maka Anda perlu memantau dan menganalisis data. Beberapa manfaat menganalisis data secara real time, antara lain:


Mengingat pentingnya data driven marketing dalam strategi digital marketing agency, maka sudah waktunya Anda memanfaatkan data secara optimal.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kepemilikan data yang real time. Salah satunya, Anda bisa meningkatkan penjualan dengan strategi data driven marketing.

Apakah perusahaan Anda sudah menerapkan data driven marketing dalam setiap kampanye? Jika belum, coba diskusikan dulu dengan tim profesional. Langsung hubungi Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER