Dunia digital mengalami perkembangan yang luar biasa, memunculkan banyak trend baru dan gaya hidup yang baru pula. Internet menjadi sarana informasi yang paling cepat dan lengkap saat ini. Siapapun bisa mengakses internet dan menemukan berbagai berita yang mereka inginkan lewat gawai masing-masing. Keberadaan para influencer dan Key Opinion Leader (KOL) juga menjadi salah satu pilar pendukung menyebarnya informasi di internet, utamanya melalui beragam platform media sosial.

 

Perbedaan KOL dan Influencer

KOL dan influencer memiliki perbedaan meski sama-sama aktif di media sosial. Mereka yang disebut sebagai influencer adalah pemilik akun suatu platform media sosial dengan jumlah followers yang besar. Biasanya, influencer jadi yang terdepan dalam menciptakan sebuah tren, kemudian diikuti oleh para followers mereka.

 

Jika Anda sebagai pemilik brand, Anda dapat menggunakan jasa mereka untuk mempromosikan produk, layanan, maupun brand bisnis Anda. Menggunakan jasa influencer untuk menaikkan penjualan sangat efektif, apalagi jika orang yang dipilih bisa mempromosikan produk dengan baik dan membuat pengikutnya memiliki keinginan untuk membeli produk yang dipromosikan.

 

Berbeda halnya dengan Key Opinion Leader (KOL). Profesi yang satu ini lebih pada upaya meningkatkan brand awareness. Mereka tidak harus memiliki banyak follower di media sosial. Sebab, ada pula KOL yang tidak begitu aktif di media sosial, namun sangat aktif dalam kegiatan offline. KOL adalah orang yang ahli dalam bidang tertentu.

 

Tidak heran, ada brand lebih memilih menggunakan KOL apabila ingin meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk atau layanan, bahkan promosi tertentu. Sebab, masyarakat lebih mendengarkan opini para KOL mengenai suatu produk. Kebanyakan orang menganggap pendapat KOL lebih valid karena mereka adalah orang yang ahli. Contohnya, Ivan Gunawan yang memiliki keahlian di bidang fashion, atau Chef Juna untuk urusan fancy food, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

 

Cara KOL Mempromosikan Bisnis Anda

Jika Anda penasaran bagaimana seorang KOL melakukan promosi untuk produk atau bisnis Anda, berikut beberapa cara yang biasa mereka lakukan, yaitu:

 

  • Meyakinkan masyarakat bahwa produk yang Anda luncurkan merupakan produk layak pakai dan berkualitas. Mereka tidak akan sembarangan memberikan pendapat mengenai sebuah brand, sebab profesi mereka pun dipertaruhkan kredibilitasnya.
  • KOL tidak segan memberikan pendapat positif mereka mengenai beberapa kondisi yang berhubungan dengan bisnis Anda, baik atas pertanyaan yang diajukan oleh para konsumen, maupun dari brand itu sendiri. Dengan adanya, KOL yang mumpuni, maka bisnis Anda bisa lebih cepat diterima di tengah masyarakat.
  • Mengedukasi masyarakat mengenai kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan setelah menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan. Hal ini tentu sangat baik dalam membangun brand awareness, bahkan kadang bisa meningkatkan penjualan begitu konsumen tertarik untuk membuktikan sendiri kelebihan produk yang dipromosikan KOL.
  • KOL akan membuktikan sendiri bahwa pendapat mereka mengenai sebuah produk atau bisnis benar adanya. Artinya, mereka tentu saja menggunakan terlebih dahulu produk yang hendak mereka promosikan dan tak segan pula mengaplikasikannya dalam aktivitas harian mereka. Inilah yang kemudian bisa memberi pengaruh besar kepada calon konsumen Anda karena sudah ada seseorang yang ahli di bidangnya mereferensikan produk atau layanan yang ditawarkan. 

 

  

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih KOL

KOL tidak selalu aktif berinteraksi di sosial media, kebanyakan dari mereka lebih aktif beraktivitas di dunia nyata. Tapi di era digital seperti saat ini, bisa dipastikan mereka memiliki salah satu media sosial, seperti Instagram atau YouTube yang digunakan sebagai media untuk edukasi masyarakat. Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa KOL untuk promosi bisnis Anda, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

 

  1. Seberapa Relevan dengan Target Pasar Anda

Sebaiknya Anda tidak memilih KOL karena dia sedang naik daun. Penting bagi Anda untuk memastikan, orang yang dipilih relevan dengan target pasar bisnis Anda. Contohnya, dalam bisnis kuliner, KOL yang paling relevan sudah tentu adalah chef, atau pakar kuliner lainnya. Kalau produk Anda adalah produk kesehatan, maka Anda bisa memilih KOL yang memang ahli di bidang kesehatan, misalnya seorang dokter, ahli gizi, dan sebagainya. Jangan hanya berpatokan pada follower yang banyak, namun tidak sesuai dengan target market Anda. Jika Anda melakukan hal ini, hasil yang Anda harapkan dari kegiatan promosi yang dilakukan belum tentu bisa dicapai.

 

  1. Kekuatan Jangkauan Audiens

Dengan pengaruh yang besar dari seorang KOL, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih besar lagi sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan. Hal ini tentu saja dipengaruhi pula seberapa expert KOL yang Anda pilih dalam bidang tertentu di mata para audiens. Semakin ahli, maka semakin besar pula pengaruhnya sehingga banyak masyarakat yang mendengar dan mengikuti apa yang KOL itu referensikan.

 

 

  1. Engagement yang Dihasilkan

Apabila dalam sebuah unggahan konten di media sosial ramai dengan interaksi antar audiens, bisa dikatakan KOL tersebut mampu melakukan tugasnya dengan baik. Interaksi antara brand Anda dan para audiens menjadi keterikatan emosional yang dampaknya bagus untuk perkembangan bisnis. Oleh karena itu, pilih seorang KOL yang merupakan public figure dengan citra baik, lengkap dengan pengikut yang banyak dan aktif, sehingga engagement yang dihasilkan pun memuaskan.

 

Cara lain untuk mendapatkan KOL yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan bisa mencapai sukses dalam digital marketing campaign yang Anda selenggarakan, Anda bisa bekerja sama dengan KOL managementatau top 10 advertising agencies yang memang ahli di bidang kerjasama dengan para KOL.

 

  1. Memiliki Pengaruh Besar

KOL bukan sekadar selebriti dunia maya biasa, sebab mereka yang expert dan berpengalaman bisa memberikan saran yang terpercaya pada masyarakat, terkait dengan bisnis yang sedang dipromosikan. Daya tarik KOL adalah meyakinkan calon pembeli untuk menggunakan produk yang mereka sarankan. Itu sebabnya, tak ada salahnya Anda bekerja sama dengan KOL yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga bisa meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai keberadaan brand Anda..

 

Untuk diskusi lebih lanjut mengenai cara KOL mempromosikan bisnis Anda dan bagaimana penerapan strategi digital marketing yang tepat sasaran, Anda bisa langsung kontak tim Redcomm yang siap sedia membantu Anda.