Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari media sosial. Salah satu media sosial, yang bisa Anda gunakan untuk monetisasi adalah Instagram. Dengan fiturnya yang semakin menarik dan semakin banyak, kini Instagram tidak hanya dijadikan media sosial untuk berbagi foto saja atau sekadar selfie dan stories.

 

Lebih dari itu, Anda bisa memaksimalkan Instagram untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan bisnis. Sejumlah fitur yang ada di Instagram sangat memudahkan jika Anda ingin menghasilkan uang dari platform ini.

 

Mengapa Instagram Berpeluang Menghasilkan Uang?

Instagram disebut sebagai salah satu media populer karena memiliki pengguna yang sangat banyak jika dibandingkan dengan media sosial lain. Menurut rilis Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia pada bulan Mei 2020 mencapai 69,2 juta orang. Jumlah tersebut didominasi oleh perempuan.

 

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, banyak orang menghabiskan waktu dengan berselancar di internet dan di berbagai platform media sosial, terutama di Instagram. Biasanya, mereka menikmati beragam konten menarik dari akun-akun yang mereka ikuti. Itu artinya, peluang Anda untuk bisa menghasilkan uang melalui Instagram sangat besar, baik dalam upaya mengembangkan bisnis, melakukan promosi produk, jasa, dan layanan bisnis, meningkatkan brand awareness, atau untuk membangun personal branding.

 

Tentu saja ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda bisa menghasilkan uang melalui Instagram. Salah satunya, membuat konten yang berkualitas. Pembuatan konten tidak bisa dilakukan sembarangan, sebab Anda perlu menyesuaikannya dengan audiens atau followers Anda. Di saat yang sama, jika Anda menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis, maka  ada baiknya Anda juga menyesuaikan konten dengan target market yang diinginkan. 

 

 

7 Cara Monetisasi Akun Instagram Anda

Apabila konten telah siap dibagikan, berikut 7 cara monetisasi akun Instagram yang bisa Anda coba.

 

  1. Memanfaatkan Affiliate Marketing

Beberapa waktu belakangan, kebanyakan orang mulai tertarik menjadi affiliate marketer untuk menghasilkan uang. Affiliate marketing adalah suatu metode pemasaran atau bisnis yang memungkinkan Anda mendapatkan komisi kalau berhasil mempromosikan suatu produk, jasa, atau layanan. Biasanya, penerapan teknik afiliasi yang dilakukan adalah dengan cara membagikan tautan atau kode promo di media sosial. 

 

Supaya sukses, pastikan Anda sudah memiliki banyak pengikut di Instagram. Sebab, jumlah klik dari followers sangat menentukan peningkatan komisi dari keberhasilan penjualan produk. Di sisi lain, Anda perlu mengarahkan followers agar melakukan pembelian atau menggunakan kode promosi yang Anda bagikan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan komisi sesuai dengan yang telah ditentukan. Semakin banyak penjualan yang dihasilkan, semakin banyak pula komisi yang didapat.

 

  1. Menjadi Influencer Review Produk

Menjadi influencer yang melakukan review produk juga termasuk upaya monetisasi Instagram, terutama kalau review itu Anda tayangkan di Instagram Anda. Prinsipnya, kalau Anda berhasil mempengaruhi para followers untuk melakukan sesuatu seperti yang Anda lakukan, Anda bisa dikatakan sebagai seorang influencer.

 

Memiliki followers yang banyak, akan menjadi kelebihan para reviewer produk di Instagram. Sebab, followers yang banyak tersebut bisa menjadi modal Anda untuk dapat dilirik brand yang membutuhkan influencer. Di saat yang sama, pemilik brand atau pebisnis online shop akan memilih influencer yang juga menggunakan produk mereka. Tujuannya, agar produk tersebut dapat dikenal dan digunakan pula oleh orang-orang yang mengikuti influencer tersebut.

 

Agar Anda menjadi seorang influencer yang berkualitas, Anda harus meningkatkan kualitas konten yang Anda bagikan di media sosial. Semakin berkualitas konten Anda, maka semakin meningkatkan engagement di Instagram. Engagement yang tinggi itulah yang kemudian jadi dasar bagi para pemilik brand untuk mengajak Anda bekerja sama. 

 

Para influencer yang sudah terkenal dapat menghasilkan uang hingga belasan juta hanya dari satu kerja sama. Bayangkan jika Anda bisa bekerja sama dengan banyak brand, maka uang akan mengalir deras ke rekening Anda.

 

  1. Menjual Produk Sendiri

Bagi Anda yang memiliki produk sendiri, inilah saatnya menghasilkan uang melalui Instagram. Anda hanya perlu membuat foto katalog untuk produk-produk Anda. Kemudian, posting foto produk melalui feed dan story Instagram. Usahakan untuk menggunakan foto katalog yang bagus agar pengikut Instagram Anda tertarik membeli produk yang ditawarkan.

 

 

  1. Menjual Produk Dropship

Kegiatan dropshipping bisa menjadi pilihan Anda untuk memulai bisnis dan menghasilkan uang melalui Instagram, tanpa perlu banyak modal. Dengan kata lain, Anda hanya perlu mempromosikan produk-produk tertentu melalui akun Instagram Anda.

 

Apabila ada pembeli, maka pemasok akan mengirimkan produk langsung ke pelanggan. Ini tentu saja sangat memudahkan karena Anda tidak perlu memikirkan proses pengiriman barang. Anda cukup memantau hingga barang tersebut sampai dengan selamat di tangan pembeli. 

 

  1. Membagikan Ilmu yang Anda Ketahui

Membagikan ilmu yang Anda ketahui melalui Instagram pun bisa menjadi salah satu cara monetisasi Instagram. Cara ini, tidak perlu modal yang banyak. Anda hanya perlu menyiapkan pengetahuan atau kemampuan yang Anda miliki, kemudian membagikannya dalam bentuk ebook, buku, atau bisa pula dengan mengadakan webinar dan seminar online di Instagram TV.

 

  1. Menawarkan Jasa

Selain membagikan ilmu yang Anda punya, Anda juga bisa menawarkan jasa melalui Instagram. Misalnya, Anda memiliki kemampuan membuat Instagram feed yang rapi dan unik. Nah, biasanya para online shop tertarik menggunakan jasa ini, mengingat tidak banyak di antara mereka yang menguasai ilmu desain. Padahal, online shop dengan feed Instagram yang rapi dan cantik akan lebih mudah menarik pembeli, atau minimal menarik pengguna Instagram lain sehingga menjadi followers akun online shop tersebut. 

 

Selain jasa desain feed Instagram, jasa membuat preset untuk menghasilkan foto yang ciamik juga bisa dipromosikan di Instagram. Biasanya, untuk satu preset bisa dijual dengan harga 200 ribuan. Bayangkan, jika ada 100 orang saja dari pengikut Anda di Instagram minta dibuatkan preset, berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan? Ini akan menjadi bisnis yang menghasilkan keuntungan, tanpa banyak modal.

 

 

  1. Menjual Hasil Foto

Bagi Anda yang memiliki skill di bidang fotografi, ini bisa menjadi pilihan untuk monetisasi di Instagram. Anda bisa menjual hasil foto, lukisan, atau sejenisnya. Kalau hasil foto atau lukisan Anda bagus, maka akan dibanderol dengan harga yang tinggi juga.

 

Untuk menarik minat para pembeli, Anda bisa sesering mungkin membagikan hasil foto atau lukisan pada postingan feed Instagram, sehingga memudahkan calon pembeli untuk melihat portofolio Anda.

 

Nah, apakah Anda tertarik melakukan 7 cara monetisasi Instagram di atas? Ini bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memulai bisnis dengan mengandalkan platform Instagram. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Yuk mulai bangun akun Instagram Anda dengan konten yang berkualitas demi mendapatkan lebih banyak keuntungan bisnis!