Semua pebisnis tentunya ingin menarik banyak pelanggan demi menjaga kelangsungan bisnis. Sayangnya, keinginan ini tidak selalu berhasil kalau dijalankan dengan teknik promosi yang salah. Salah satu teknik terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan banyak pelanggan adalah dengan memaksimalkan saluran penjualan. Ingin tahu lebih banyak tentang metode menerapkan corong penjualan dalam bisnis khususnya, sales funnel? Inilah 5 tahap sales funnel untuk menarik pelanggan.

 

Apa Itu Sales Funnel?

Sales funnel adalah teknik visualisasi perjalanan hidup pelanggan yang berkaitan dengan produk atau layanan bisnis yang Anda lakukan. Dengan memanfaatkan sales funnel dengan baik, pelanggan dapat tergerak untuk membeli produk atau jasa Anda karena merasa membutuhkannya.

 

Penerapan sales funnel akan sedikit berbeda saat berhadapan dengan calon pelanggan yang sama sekali belum pernah menggunakan produk Anda. Ketika mereka mengenal bisnis Anda untuk pertama kalinya, pelanggan tidak akan langsung membuat keputusan untuk membeli sesuatu dari bisnis Anda. Mereka akan mencari tahu terlebih dahulu nilai dan manfaat yang Anda tawarkan dalam bisnis. Nilai-nilai yang sejalan dengan kebutuhan dan selera pelanggan yang nantinya akan mendorong mereka untuk mencoba produk Anda, bahkan kalau akhirnya mereka jadi pelanggan setia maka bisa membuat bisnis Anda laris manis.

 

 

5 Tahap Sales Funnel untuk Menarik Pelanggan

Secara garis besar, ada lima tahapan penting dalam sales funnel yang harus Anda terapkan agar bisa menarik banyak pelanggan. Tahapan tersebut meliputi:

  • Awareness. Tahap pertama ini akan membuat pelanggan mengenali kebutuhan yang sebelumnya tidak disadari. Hal ini akan meningkatkan kecenderungan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Pencarian. Pelanggan mulai mencari informasi tentang produk atau layanan dalam bisnis Anda. Biasanya mereka akan berfokus pada merek dari produk maupun layanan, ragam jenis, dan sebagainya. 
  • Evaluasi. Pelanggan akan melakukan evaluasi terhadap beberapa opsi dan mempertimbangkannya. Pertimbangan di sini bisa meliputi, kualitas produk, harga produk dibandingkan dengan produk lain yang sejenis dari kompetitor atau brand lain, dan pertimbangan lainnya yang nanti akan berpengaruh pada keputusan untuk membeli atau tidak. 
  • Intent. Pada tahap ini, pelanggan mulai melakukan analisis terkait produk, layanan, atau bahkan brand Anda. Jika Anda menyediakan fitur yang memungkinkan pelanggan mengajukan pertanyaan, maka pelanggan akan banyak bertanya mengenai hal-hal yang ingin mereka tahu, yang bisa memperkuat hasil dari pertimbangan mereka atas produk, jasa, maupun bisnis Anda. 
  • Purchase. Pelanggan akhirnya memiliki keyakinan penuh atas keputusan yang mereka ambil dan segera melakukan pembelian. Pada tahap ini bisa jadi, pelanggan akan kembali menghubungi Anda untuk mengajukan negosiasi, bertanya tentang ketersediaan promo atau harga khusus dan bonus, sebelum akhirnya benar-benar membeli produk Anda. 

 

 

Cara Menggunakan Sales Funnel Dalam Strategi Bisnis

Apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda harus menggunakan teknik sales funnel dengan cara yang benar. Tunjukkan bahwa bisnis Anda berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pelanggan melalui cara-cara praktis berikut:

  • Beriklan pada tema yang sesuai dengan kecemasan masyarakat modern. Untuk menemukan tema yang tepat, ini tidak bisa dilakukan secara instan. Namun harus melalui serangkaian riset terlebih dahulu.
  • Gunakan media sosial sebanyak mungkin untuk berinteraksi dengan netizen, baik calon pelanggan potensial maupun pelanggan setia Anda. Konten yang diunggah di akun sosmed Anda tidak harus selalu tentang jualan, akan lebih bagus kalau diselingi konten yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.
  • Jadikan kritik dan saran dari pelanggan sebagai masukan penting untuk evaluasi dan perbaikan bisnis. Setiap beberapa periode, misalnya 3 bulan atau 6 bulan sekali, Anda dapat mengumpulkan kritik dan saran pelanggan sebagai pertimbangan untuk lebih baik di masa depan.
  • Menghadirkan berbagai produk atau layanan baru guna mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan dan tren pasar. Sales funnel tidak hanya efektif dalam mendukung perkembangan bisnis online, tetap juga bagi seluruh bidang bisnis lainnya. Anda yang berada di bidang bisnis konvensional juga bisa menggunakan teknik yang satu ini agar pelanggan terus berkembang dan tetap loyal. Inovasi terbaru senantiasa dibutuhkan supaya market tidak jenuh dan mendapatkan lebih banyak manfaat dari bisnis Anda. Fokus utama Anda bukan sekedar mencari calon konsumen baru sebanyak mungkin, melainkan mempertahankan pelanggan agar terus repeat order dan menjadi loyal.

 

 

Sebagai seorang pebisnis, sudah menjadi keharusan untuk belajar berbagai macam ilmu dan strategi bisnis. Oleh karena itu, tak ada salahnya mulai saat ini Anda menerapkan 5 Tahap Sales Funnel untuk Menarik Pelanggan sekaligus untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.