5 platform terbaik untuk webinar jadi pembahasan Redcomm Knowledge kali ini karena menyelenggarakan webinar sudah merupakan salah satu solusi bagi brand, instansi, bahkan lembaga pendidikan, untuk tetap bisa beraktivitas dalam berbagi informasi di masa pandemi Corona. Mendekati akhir tahun 2020, pandemi Corona masih terus berlangsung. Banyak aktivitas dan kontak sosial mau tak mau masih perlu dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan. Tidak hanya aktivitas luar rumah saja yang dikurangi, melainkan juga kegiatan sekolah, kantor, pabrik, dan lainnya wajib mengikuti aturan baru.

 

Selain digunakan sebagai media pembelajaran dan komunikasi jarak jauh, webinar juga banyak digunakan sebagai salah satu alat penerapan strategi digital marketing untuk mempromosikan produk, jasa, maupun brand secara online. Penggunaannya yang cukup mudah dan penargetan audiens yang lebih luas membuat banyak perusahaan mengadakan webinar untuk tetap bisa melakukan promosi. Apakah Anda sudah pula menggunakannya?

 

Jika belum, Anda perlu segera menyelenggarakan webinar Anda sendiri dan melakukan promosi bisnis demi bisa tetap menjalankan usaha selama masa pandemi. Sembari menyelenggarakan webinar dalam bentuk berbagi informasi, pengetahuan, atau tutorial, Anda bisa menyisipkan iklan promosi produk, mengenalkan produk atau layanan baru, bahkan bisa pula mengadakan lelang online.  

 

Ada banyak pilihan platform webinar atau temu daring yang bisa diakses dengan mudah, baik secara gratis maupun dengan membayar untuk menikmati berbagai fasilitasnya. Berikut beberapa platform temu daring yang bisa Anda gunakan untuk melaksanakan promosi online.

 

 

5 Platform Terbaik untuk Webinar

  1. Livestrom

Berbeda dengan platform dan layanan temu daring lainnya, Livestrom memiliki tiga fitur tambahan selain fitur seminar atau pertemuan biasa. Tiga fitur tersebut di antaranya adalah on-demand seminar, seminar yang dijadwalkan, serta seminar yang dilangsungkan dengan cara yang otomatis sesuai dengan kebutuhan.

 

Untuk penggunaan konten, setiap host bisa melakukan presentasi dengan lebih mudah. Anda bisa mengunggah materi presentasi terlebih dahulu, kemudian melakukan presentasi secara langsung kepada audiens. Fitur tambahan yang membuat webinar Livestrom lebih unggul dibandingkan platform lain adalah fitur co-host, yang bermanfaat ketika melakukan pertemuan dengan pihak ketiga.

 

  1. Demio

Selanjutnya ada platform webinar bernama Demio, yang mendapatkan penghargaan sebagai platform temu daring favorit dari Venture Harbour. Dengan konsep yang modern dan simple, platform ini sering digunakan sebagai temu bisnis dibandingkan dengan pertemuan ajar ataupun non-formal. 

 

 

Fitur yang membuat Demio menarik adalah penggabungan opsi hybrid yang membuat pengguna bisa melakukan rekaman secara langsung dan menggabungkannya dengan pre-recorded. Dengan tersedianya fitur ini, pengguna bisa dengan mudah mengatur jadwal seminar tanpa perlu mengalami kesulitan. Anda juga bisa menggunakan fitur automated dan hybrid, yang kemudian bisa Anda manfaatkan untuk melihat persentase kehadiran peserta seminar.

 

  1. WebinarNinja

Platform Webinar selanjutnya adalah WebinarNinja, yang merupakan platform dengan akses serba cepat untuk mengadakan temu daring. Tidak hanya untuk rapat kantor saja, platform ini bisa Anda manfaatkan untuk media ajar dan media melakukan promosi yang lebih sederhana dibandingkan dengan platform lain. Anda bisa memanfaatkan CMS atau content management system seperti Wordpress hingga time-offers, yang dukung penyelenggaraan acara jadi lebih menyenangkan.

 

  1. EverWebinar

Anda yang ingin fokus melakukan promosi bisnis bisa menggunakan Everwebinar untuk memasarkan berbagai produk Anda, maupun melakukan presentasi yang menarik. Terdapat model presentasi sales pitch yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi penunjang saat menyampaikan materi presentasi.

 

Berbeda dengan webinar lain, platform temu daring yang satu ini memang dibuat khusus untuk kalangan profesional yang lebih mementingkan efisiensi. Dengan berbagai dukungan media terkini, Anda bisa menampilkan konten untuk sekaligus melakukan marketing dan rapat daring dalam satu waktu.

 

 

  1. JetWebinar

Kalau Anda membutuhkan ruang yang lebih luas untuk melakukan seminar maupun pertemuan daring, bisa menggunakan platform JetWebinar. Dengan sistem terkini, Anda bisa mengundang 10 ribu peserta ketika seminar berlangsung. Fitur lainnya yang membuat JetWebinar banyak disukai adalah kemungkinan lagging lebih kecil hingga mencapai 300 ms.

 

Ternyata ada banyak platform webinar yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pertemuan daring selama masa pandemi. Semoga 5 platform terbaik untuk webinar di artikel ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara melakukan promosi online selama masa pandemi Covid-19 ini.