Sebagai pemilik sebuah website, apalagi jika Anda juga bekerja sama dengan creative agency websites, tentunya Anda perlu memiliki laporan mengenai kinerja website Anda. Hal ini harus dilakukan agar Anda bisa mendapatkan penilaian atas apa saja yang menjadi kendala atau hambatan yang dialami oleh situs tersebut. Anda jadi tahu, bagian mana saja yang harus dikembangkan dan ditingkatkan. Ini demi kelancaran serta kenyamanan pengunjung selama mengakses website tersebut, supaya dapat memberikan pengalaman terbaik serta menciptakan kepuasan bagi mereka.

 

5 Checklist untuk Memantau Kinerja Website

Untuk bisa memantau kinerja website, Redcomm Knowledge akan membagikan sedikit tips terkait 5 checklist yang perlu Anda miliki untuk memantau kinerja website:

 

 

  1. Perhatikan Kecepatan Website

Konversi situs web secara integral terikat dengan kecepatan situs. Satu detik disimpan dalam satu waktu dapat menciptakan perbedaan. Siapa yang tidak ingin website-nya dapat diakses tanpa ada keluhan “lambat” dari pengunjung website? Semua pemilik website, apalagi yang juga pemilik bisnis online menggunakan website, pasti menginginkannya, terutama jika situs tersebut merupakan situs milik brand atau bisnis.

 

Kenyamanan dalam akses website memiliki pengaruh besar untuk mengurangi bounce rate pada situs Anda, karena pengunjung jadi mudah berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya dalam hitungan kurang dari 1 detik. Pengunjung juga dengan cepat mendapatkan informasi yang diinginkan, otomatis dapat meningkatkan nilai share ke media sosial lainnya. Semakin lama loading pada situs Anda, semakin mempengaruhi pelanggan untuk membuat keputusan. Apakah dia akan melanjutkan pembelian atau memilih pergi begitu saja.

 

Manfaatkan tools yang sudah tersedia di internet untuk mendapatkan informasi terkait kecepatan website, misalnya Pagespeed Insight Google, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memantaunya dari Google Search Console dan Google Analytic

 

  1. Periksa Hosting Website Anda

Web hosting Anda mungkin menawarkan unlimited bandwidth. Tetapi, jika melibatkan Shared Services dengan website lain yang menyoroti kinerja secara keseluruhan, maka ada baiknya untuk secara berkala meninjau perencanaan hosting Anda kedepannya demi memastikan Anda mendapatkan yang terbaik.

 

Memilih hosting tidak boleh sembarangan. Anda perlu memperhatikan dengan seksama dan detailmengenai layanan yang ditawarkan. Lebih mudahnya, bandingkan beberapa provider yang sudah memiliki nama besar dengan provider yang sekarang Anda gunakan. Jangan tergiur dengan harga yang murah, namun pelayanan dan fitur pendukung kurang maksimal. 

 

Pengaturan caching juga penting, yang mana berpengaruh dalam mekanisme penyimpanan halaman sementara website untuk mengurangi bandwidth dan meningkatkan kinerja. Ini menghemat waktu server dan membuat situs web Anda lebih cepat secara keseluruhan.

 

 

  1. Jadikan Situs Anda Mobile First

Memiliki situs Mobile First sangat penting untuk sukses di pasar digital, mengingat sekarang jutaan orang sudah melakukan segala hal dengan menggunakan smartphone. Smartphone dan gadget jenis lainnya memiliki tingkat mobilitas yang tinggi serta bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. 

 

Perilaku pengguna sudah jelas menuntut Anda untuk mengikuti arus perubahan agar digital marketing strategist berjalan lancar. Selain itu, Google juga lebih menyukai website yang menerapkan Google mobile first index sehingga akan diprioritaskan menduduki peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian Google.

 

  1. Optimalkan Penggunaan Gambar

Salah satu cara terbaik untuk memastikan optimasi gambar yang tepat adalah dengan mengadopsi ukuran dan format yang benar untuk semua gambar yang Anda gunakan di website. Format yang paling umum ada 2, yaitu .png dan .jpg. Selain itu, jangan lupa untuk mengkompres file gambar agar mendapatkan ukuran file yang kecil dengan kualitas yang tetap bagus.

 

Untuk lebih memudahkan pekerjaan Anda, gunakan tools atau software otomatis agar lebih cepat dan efektif. Seperti menggunakan plugin kompres gambar jika website Anda merupakan web berbasis Wordpress. Memasukkan title dan alt text pada gambar sangat disarankan agar gambar pun bisa terindeks di Google.

 

 

  1. Menggunakan CDN

Content Delivery Network (CDN) adalah cara yang efektif untuk mempercepat loading website. CDN bekerja melalui jaringan pengiriman konten yang memberikan file statis dari sebuah situs web, seperti CSS, gambar, dan JavaScript, melalui server yang berada di dekat lokasi fisik pengguna. Dengan menggunakan CDN, Anda tidak perlu memiliki skill programming yang mumpuni, namun tetap bisa membuat kinerja website Anda jadi lebih baik. 

 

5 Checklist untuk Memantau Kinerja Website ini bisa Anda manfaatkan untuk secara berkala melakukan pemeriksaan, analisis, juga maintenance website supaya kinerja dan kecepatan website Anda bisa terpantau dengan lebih baik. Melakukan monitoring website demi penerapan digital marketing strategy secara tepat sasaran akan sangat membantu membuat website Anda mudah ditemukan pelanggan di mesin pencari Google.