Apakah saat ini Anda baru memulai bisnis dan ingin tahu cara jualan online? Jika iya, maka hal penting yang perlu Anda pelajari agar bisa berjualan secara online adalah mengetahui cara membuat konten. Postingan di media sosial atau konten jualan online ini nantinya akan membantu Anda mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual. Ada cukup banyak jenis konten yang bisa dibuat sebagai strategi pemasaran di media sosial. Kali ini, Redcomm akan mengulas tentang 5 aplikasi edit video di smartphone untuk bikin konten jualan online

 

Kenapa Perlu Jualan Online?

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 menyebabkan pembatasan ruang gerak manusia. Jika sebelumnya pebisnis bisa berjualan secara offline dan melakukan pemasaran langsung kepada konsumen, maka saat ini banyak usaha yang terpaksa menutup bisnisnya akibat tak mampu bertahan. 

 

Di saat yang sama, terbuka peluang sangat lebar bagi siapa pun untuk memulai usaha jualan online, mengingat banyak orang saat ini lebih merasa aman dan nyaman untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. Dengan memanfaatkan internet dan pengetahuan mengenai penggunaan media sosial dan website, Anda bisa menjual apa pun di dunia maya, asalkan Anda juga bisa menarik perhatian calon pelanggan dengan menjalankan social media and digital marketing strategy

 

Nah, dalam menjalankan internet marketing strategies untuk bisnis, Anda bisa melakukan promosi produk melalui pembuatan video. Namun, tentu saja Anda harus memiliki kemampuan serta alat yang mumpuni untuk melakukan proses editing agar video promosi yang Anda buat jadi semakin menarik. 

 

 

Aplikasi Edit Video Ini Bisa Hasilkan Konten Hebat! 

Teknologi membuat proses di berbagai bidang menjadi lebih mudah, tak terkecuali untuk melakukan editing video. Saat ini, sudah ada banyak aplikasi pembuatan video dengan fitur editing super lengkap, bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Berikut ini ada lima aplikasi edit video di smartphone yang bisa membantu Anda membuat konten jualan online yang memikat.

 

  1. VideoShow 

Jika Anda baru pertama kali melakukan proses editing video, cobalah menggunakan aplikasi VideoShow. Selain gratis, aplikasi ini bisa membantu Anda memangkas durasi serta memotong video dan menyatukannya dengan video lain secara lebih mudah. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai filter, efek, stiker, dan musik yang menarik untuk disematkan pada video digital marketing Anda. 

 

VideoShow bisa Anda gunakan pada smartphone yang bersistem operasi android maupun iOS. Ukuran aplikasinya tidak terlalu besar sehingga Anda tidak perlu repot untuk membeli perangkat khusus editing video.

 

  1. VivaVideo 

Jika Anda ingin membuat beberapa video untuk digabungkan menjadi sebuah video  yang sempurna, Anda bisa pula menggunakan VivaVideo. Aplikasi ini memiliki kemampuan yang baik dalam pemotongan klip, juga dapat menambahkan berbagai filter, stiker, dan efek agar video yang dihasilkan semakin menarik, bahkan berpotensi menjadi viral.  

 

Fitur yang membuat aplikasi ini berbeda dari yang lain, adanya fitur slow motion yang sangat dibutuhkan untuk memberikan detail gerakan dari sebuah video. Anda dapat lebih berkreasi kalau menggunakan aplikasi ini untuk membuat video konten promosi jualan online Anda. 

 

 

  1. Beat.ly

Jika Anda tertarik membuat video HD dengan musik serta efek transisi yang mengagumkan, maka Anda bisa mencoba aplikasi Beat.ly. Beberapa fitur andalannya adalah template, efek transisi yang menarik perhatian, serta kumpulan musik populer yang bisa dipilih dan gratis. Selain itu, Anda bisa langsung membagikan hasil editing Anda ke media sosial. Uniknya, irama musik pun bisa menyesuaikan dengan efek transisi yang Anda pilih.

 

  1. Cute CUT 

Jika Anda ingin membuat viral video production layaknya membuat sebuah film atau drama series, Anda bisa mencoba aplikasi Cute CUT. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat dan menyunting video dengan kualitas yang maksimal. Selain tersedia fitur editing yang biasa ditemukan pada aplikasi edit video, di sini Anda bisa mencoba proses sunting video bergaya Hollywood. 

 

Cute CUT juga menyediakan berbagai resolusi dan aspect ratio yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari HD, SD, square, bahkan mode portrait.

 

  1. InShot 

Aplikasi editing video InShot juga merupakan favorit para netizen yang suka mengunggah  video di media sosial. Mengapa begitu? Karenabisa disesuaikan dengan berbagai jenis pengaturan video di berbagai platform social media. Anda bisa menambahkan banyak hal, mulai dari musik, menggabungkan video dan klip, atau menambah teks dengan berbagai pilihan font pada video. 

 

 

Trik Editing Video Bagi Pembuat Konten

Untuk menghasilkan video berkualitas, apalagi untuk konten jualan online atau konten yang digunakan dalam menerapkan digital marketing campaign, Anda tentu perlu melakukan editing dengan trik yang tepat agar hasil videonya bisa lebih sempurna. 

 

  1. Tentukan konsep video, lalu susun storyboard, dan mulailah melakukan pengambilan bagian-bagian penting dari video yang ingin dimasukkan ke dalam video utama.
  2. Gunakan aplikasi yang menunjang proses editing dan pastikan aplikasi tersebut memiliki fitur yang dibutuhkan. Contohnya, Anda ingin menambahkan efek suara dan filter yang cocok pada beberapa scene video, maka Anda bisa menggunakan aplikasi InShot atau lainya yang sudah disebutkan di atas sebagai pilihan.
  3. Ketika sedang melakukan editing, pastikan baterai handphone Anda full, agar proses editing tidak terganggu hanya gara-gara baterai habis dan Anda harus mengisi dayanya terlebih dahulu.
  4. Terakhir, lakukan evaluasi hasil video sebelum dibagikan ke media sosial. Ini berguna agar Anda bisa memperbaiki seandainya ada kekurangan atau kesalahan. 

 

Nah, itulah referensi 5 aplikasi edit video terbaik untuk pembuatan konten video jualan online melalui smartphone. Jika masih belum benar-benar paham untuk membuat video promosi bisnis, Anda bisa berkonsultasi dan bekerja sama dengan digital advertising agency ataudigital agency Jakarta seperti Redcomm