Keuntungan tak terduga bisa Anda dapatkan sebagai pelaku bisnis jika memberi fasilitas aplikasi mobile untuk pelanggan. Keuntungan tersebut dapat berupa, menarik calon pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, menciptakan lebih banyak transaksi jika aplikasi mobile lebih user friendly, lebih interaktif dalam membangun interaksi dengan pelanggan, dan masih banyak lagi.

 

Semua keuntungan yang diberikan aplikasi belum tentu bisa didapatkan dalam sebuah website. Meskipun penggunaan website masih diperlukan, namun efisiensi beriklan akan lebih maksimal jika menggunakan aplikasi, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan maupun calon pelanggan bisnis Anda.

 

Lagipula memang belakangan ini semakin banyak bisnis yang mulai memfasilitasi pelanggan dengan ketersediaan aplikasi. Baik itu aplikasi smartphone yang diperuntukkan OS Android maupun iOS. Untuk mengetahui keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi mobile untuk bisnis, Redcomm akan berbagi caranya pada artikel kali ini. 

 

Manfaat Aplikasi Mobile

Tiga manfaat aplikasi mobile utamanya adalah untuk menjadi media pemasaran yang sempurna, meningkatkan engagement pelanggan, dan memberikan kemudahan. Berikut penjelasannya:

 

 

  1. Media Pemasaran yang Sempurna

Sebuah aplikasi berbasis smartphone bisa menjadi media pemasaran digital yang sempurna. Sebab, di dalamnya tersedia berbagai fitur yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Fitur-fitur tersebut memang dirancang agar pengguna betah untuk melakukan eksplorasi dalam mengetahui layanan, produk, dan lini bisnis yang tersedia. Kemudian, mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Selain itu, aplikasi juga berguna untuk membantu mengarahkan pengguna agar lebih mudah menggunakan produk atau jasa di bisnis Anda. 

 

  1. Meningkatkan Engagement Pelanggan

Pemanfaatan aplikasi bisnis juga berguna untuk meningkatkan engagement, mengingat di dalam aplikasi memang memungkinkan menyediakan fitur pendukung interaksi ini. Salah satunya, fitur yang bisa mengingatkan pengguna supaya membuka aplikasi lagi, setelah sekian lama tidak mengaksesnya. 

 

Pada akhirnya, pengguna akan terus mengakses aplikasi dan mendapatkan info terbaru dari brand Anda, sehingga berpeluang menarik perhatian mereka supaya membeli dan menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda.

 

 

  1. Memberikan Kemudahan untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan dari adanya aplikasi mobile untuk bisnis adalah memberikan kemudahan. Bagaimana tidak, sebuah aplikasi benar-benar didesain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan maupun calon pelanggan. 

 

Ketika mereka membutuhkan sesuatu, mereka tinggal membuka aplikasi yang ada di smartphone. Ini jauh lebih praktis daripada harus membuka laptop atau komputer dan mengakses website bisnis. Kepraktisan yang bisa diberikan dari adanya aplikasi mobile tentu akan membuka peluang dan memudahkan Anda dalam menjual produk, sekaligus meningkatkan penjualan.

 

Desain Aplikasi Android

Untuk mendapatkan desain aplikasi Android yang menarik, solutif, dan user friendly, Anda akan membutuhkan jasa dari UI / UX Designer. Desainer yang akan menata layout, menentukan letak fitur, dan desain apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah aplikasi. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan user experience yang nantinya berdampak pada perkembangan bisnis, peningkatan konversi dan penjualan.

 

Maka disarankan agar saat membuat aplikasi mobile, pastikan desainnya benar-benar bagus, mudah digunakan, navigasi ramah pengguna, dan kecepatan akses yang mumpuni. Dengan begitu, pengguna akan nyaman berlama-lama di aplikasi dan semakin rajin berbelanja produk dan layanan atau jasa yang Anda tawarkan.

 

 

Desain Aplikasi Mobile

Desain aplikasi mobile yang sempurna akan dibutuhkan. Mengapa ini penting? Jelas penting, karena desain menjadi interface dari aplikasi mobile. Apakah ada keuntungan dari penggunaan aplikasi ini daripada hanya menggunakan website saja?

 

Beberapa keuntungan yang akan didapatkan, antara lain: 

 

  • SDK, elemen antar muka, dan alat pengembang tersedia.
  • Penggunaan aman karena sudah melalui tahap review app store.
  • Ada akses ke sumber daya sistem, sehingga fungsional.
  • Bisa diakses lebih cepat dan praktis.

 

Apakah semua keuntungan penggunaan aplikasi mobile ini makes sense? Jika dibandingkan dengan website, memang aplikasi lebih cepat untuk diakses. Pengguna tidak perlu mengetikkan alamat website, tapi cukup melakukan satu kali klik saja untuk masuk ke aplikasi. Kecepatan akses tak perlu ditanya, sudah pasti aplikasi lebih cepat daripada website

 

Banyak elemen atau alat yang bisa digunakan dalam mendesain atau mewujudkan sebuah aplikasi. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa sangat leluasa dalam mengaplikasikan strategi marketing. Misalnya, memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna dan  mengarahkan mereka agar menggunakan produk yang ditawarkan. 

 

Jika saat ini Anda sedang mengembangkan bisnis dan ingin merasakan manfaat dan keuntungan menggunakan aplikasi mobile dalam dunia bisnis, Anda bisa berdiskusi dengan Tim Redcomm yang siap memberi masukan terbaik terkait penerapan digital marketing strategies, internet marketing service, advertising agency, dan sebagainya. Redcomm adalah salah satu digital marketing agency Indonesia yang sudah melayani lebih dari 500 brand. Dikenal pula sebagai digital marketing agency Jakarta dan berlokasi kantor di JL. Tanah Abang II NO.47, Jakarta Pusat, 10160, Indonesia.