2. Pilih Topik yang Relevan dan Menarik
Untuk menarik perhatian pasar milenial, coba pilih berbagai topik yang relevan dengan minat dan kebutuhan mereka.
Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai tren yang sedang berlangsung di kelompok pendengar milenial, isu-isu terkini, dan topik yang relate dengan kehidupan milenial.
Dengan memilih topik yang menarik, Anda dapat lebih mudah menarik pendengar dan mempertahankan mereka sehingga mau menjadi pendengar setia channel Podcast Anda.
Beberapa contoh channel Podcast yang inspiratif, misalnya:
3. Produksi Konten Audio Berkualitas Tinggi
Kualitas produksi konten Podcast sangat penting untuk mempertahankan minat pendengar. Oleh karena itu, beberapa hal berkaitan dengan kualitas konten audio yang perlu Anda perhatikan, antara lain:
- Suara jelas dan bersih.
- Musik latar tidak mengganggu.
- Konten bernilai dan bermanfaat.
- Wawancara atau diskusi berjalan dengan lancar.
Suara yang berkualitas tinggi akan membuat pendengar lebih nyaman mengikuti setiap episode dalam channel Anda. Bahkan mereka cenderung akan berusaha untuk terus terhubung dan tak sampai ketinggalan dengan episode terbaru dari Podcast Anda.
4. Jelaskan Promosi dengan Singkat
Jika sudah memiliki banyak pengikut dan produksi konten sudah banyak, Anda boleh mulai menyisipkan konten promosi di Podcast. Untuk melakukannya, Anda harus berpromosi dengan singkat dan padat agar mudah dipahami dan tidak membuat pendengar merasa jenuh.
Hindari pula memberikan pembahasan yang berputar-putar atau penggunaan bahasa yang tidak familiar. Hal ini bertujuan agar jangan sampai pendengar merasa terganggu dengan iklan sisipan atau malah berhenti menjadi pendengar channel Anda.
Beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan agar melakukan promosi di Podcast berjalan lancar, misalnya:
- Catatlah dulu poin-poin penting yang akan Anda bicarakan.
- Pastikan isi iklan singkat, namun menyampaikan pesan yang clear kepada audiens.
- Lakukan latihan terlebih dahulu sebelum mulai merekam.
Selain itu, tentukan juga jumlah episode yang akan Anda buat untuk promosi produk bagian pertama atau topik pertama. Jika semuanya telah siap, barulah Anda mulai melakukan rekaman.