KNOWLEDGE
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tertarik Jadi Podcaster? Yuk Persiapkan Alat Ini!

09 Dec  · 
1 min readdd
 · 
291  
Social Media

redcomm

Podcaster adalah host atau penyiar di Podcast. Sementara Podcast adalah salah satu jenis konten digital yang bisa kamu dengar kapan pun kamu mau. Bahkan saat ini, konten di Podcast tidak hanya berupa rekaman suara saja lho. Kamu juga bisa melihat wajah Podcaster-nya melalui tayangan di channel YouTube. Contoh kontennya, kamu bisa melihat dan mempelajari beberapa yang populer, seperti #CloseTheDoor milik Deddy Corbuzier atau #GritteBukaPraktek dari Gritte Agatha. Kamu mau juga jadi Podcaster? Nah, ini peralatan yang perlu kamu siapkan. Simak penjelasannya di artikel ini, yuk.

Peralatan yang Harus Disiapkan untuk Jadi Podcaster Pemula

Headphone

Headphone akan membantu kamu saat melakukan interview dengan narasumber. Lalu ketika mendengarkan ulang hasil rekaman suara, kamu juga membutuhkan alat yang satu ini. Tidak perlu menggunakan yang berharga mahal, terutama kalau kamu masih pemula dan baru mau mulai bikin konten. Cukup cari headphone yang berkualitas baik dan suaranya terdengar jernih. Selain itu, sebaiknya pilih headphone yang terpisah dengan mikrofon.

Mikrofon

Mikrofon berguna saat kamu melakukan merekam suara. Untuk itu, pilihlah mikrofon yang kualitas suaranya bagus, jernih, dan bersuara jelas. Jangan lupa gunakan pula penyangga mikrofon agar proses rekaman bisa berjalan lancar, terutama kalau rekaman suara dalam bentuk percakapan atau perbincangan dengan narasumber.

XLR Portable

Jika melakukan pengambilan suara menggunakan mikrofon atau rekaman analog, maka kamu perlu menggunakan XLR Portable. Alat ini berfungsi mengubah hasil rekaman suara dari analog menjadi digital. Selain itu, XLR Portable juga bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan volume suara.

Pop Filter

Apabila menginginkan suara yang semakin jernih dan terdengar jelas, tak cukup kalau hanya mengandalkan mikrofon. Ya, kamu perlu menggunakan pop filter. Umumnya, alat ini akan dipasang pada bagian depan mikrofon dan berfungsi pula untuk menyelaraskan intonasi dan membuat tekanan suara menjadi lebih kuat. Ini akan memudahkan audiens untuk membedakan huruf B dan P yang kadang kurang terdengar jelas.

Laptop atau Komputer

Peralatan Podcaster untuk pemula yang tak kalah penting adalah laptop atau komputer. Fungsinya, untuk menyimpan hasil rekaman dan melakukan proses editing. Tidak perlu laptop atau PC yang mahal. Kamu bisa menggunakan tipe dan jenis laptop apa pun asalkan bisa untuk editing audio.

Kamera dan Webcam

Kalau ingin membuat Podcast yang diunggah di YouTube seperti #CloseTheDoor dan #GritteBukaPraktek, maka tak cuma kualitas audionya saja yang perlu kamu perhatikan. Tetapi, kamu juga perlu membuat konsep rekamannya terlebih dahulu, menentukan setting ruangan, dan pastikan kamu memiliki webcam dengan fitur HD. Tujuannya, agar bagus hasil rekaman gambar atau video sekaligus rekaman suaranya jernih. Selain webcam, kamu bisa menggunakan kamera profesional, seperti Mirrorless dan DSLR.

Tools Pendukung

Melakukan rekaman yang membutuhkan tampilan visual menarik tak hanya membutuhkan 6 alat di atas. Kamu juga perlu beberapa peralatan tambahan lainnya, seperti lighting atau pencahayaan, supaya hasilnya maksimal. Selain itu, siapkan juga software khusus untuk mengedit konten. Misalnya, digital audio workstation (DAW) dari Adobe Audition, Audacity, dan tools gratis lainnya yang lebih murah untuk pemula. 

Saat ini, Podcast menjadi salah satu media untuk menyampaikan informasi beserta aspirasi terkait suatu topik, bahkan juga bisa untuk mempromosikan bisnis. Nah, pada artikel selanjutnya, kamu bisa mempelajari berbagai contoh konten Podcast. Siapa tahu bisa memberi kamu inspirasi untuk membuat kontenmu sendiri. Yuk, langsung saja baca: 3 Pilihan Podcast Inspiratif.


RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC