Pinterest merupakan media sosial yang kini sudah mulai banyak digunakan, selain Facebook, Instagram dan juga Twitter. Tidak hanya sebagai media membangun jaringan pertemanan saja, namun Pinterest sudah mulai digunakan untuk kebutuhan penerapan social media marketing. Pertanyaannya, bagaimana cara memanfaatkan Pinterest sebagai media promosi online?

 

Mengenal Pinterest

Media sosial Pinterest lahir sekitar tahun 2010. Pada awal kemunculannya, banyak pengguna internet yang mengira media ini hanya untuk berbagi foto saja dalam bentuk board atau semacam katalog. Memang, salah satu fitur yang disediakan oleh Pinterest adalah memungkinkan para penggunanya mengoleksi dan berbagi foto, baik foto yang diunggah sendiri maupun foto yang didapatkan dari pengguna lain. Bahkan foto-foto tersebut bisa diatur, mana yang dibagikan secara umum dan mana yang hanya dibagikan dalam lingkaran pertemanan yang terbatas. 

 

Namun sejalan dengan waktu, Pinterest tidak hanya menjadi media sosial untuk berbagi foto, namun bisa pula membagikan tulisan, referensi, literatur, atau dihubungkan dengan website milik pengguna, sehingga foto yang diunggah bisa sekaligus diberi keterangan yang lebih detail dan lengkap.

 

Untuk lebih mudah memahami Pinterest ini, Anda bisa membandingkannya dengan media sosial lain, misalnya Facebook. Kalau di Facebook, Anda bisa berbagi pesan dan informasi melalui caption yang singkat disertai foto, atau menampilkan informasi pendukung dari website dalam bentuk link. Sedangkan di Pinterest, momen yang dibagikan adalah foto yang kemudian disebut dengan Pin. Di dalam pin ini, selain fotonya tersimpan pula website yang menjadi informasi pelengkap foto tersebut. Selain itu, Pinterest memiliki fitur yang disebut, board, yaitu tempat untuk menyimpan koleksi momen terbaik. Bisa dikatakan, Pinterest lebih mirip dengan Instagram, media sosial berbagi foto, namun dengan fitur yang lebih kompleks atau virtual pinboard.

 

 

5 Langkah Tepat Memulai Social Media Marketing di Pinterest

  1. Menyusun Board Karyawan

Para karyawan merupakan aset berharga dari sebuah perusahaan. Maka sebagai langkah awal, aset bisnis Anda inilah yang sebaiknya Anda berdayakan dengan membuatkan board khusus untuk memperkenalkan bisnis mereka, melalui keterampilan, hasil karya, hasil kerja karyawan, dan sebagainya. Intinya, board ini menjadi pintu masuk yang memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. 

 

Contoh: bisnis Anda adalah perusahaan jasa bidang kuliner. Ada memiliki tiga karyawan yang bertugas untuk membuat berbagai jenis cake dan makanan. Buatkan mereka board masing-masing. Kemudian unggah hasil karya mereka, baik cake, minuman, atau berbagai jenis menu makanan, yang mereka buat, ke board mereka. Beri keterangan yang lengkap bagaimana cara menghubungi Anda ketika ada calon pelanggan yang berminat untuk melakukan pembelian. 

 

  1. Membuat Board Sekaligus Pin Lebih Interaktif

Pinterest bisa Anda manfaatkan tidak hanya untuk memasang foto produk saja, melainkan dapat dimanfaatkan agar lebih interaktif. Hal ini memungkinkan para pengguna Pinterest mampu berkomunikasi secara langsung melalui fitur komentar pada postingan Anda.

 

Contoh, jika Anda tengah menjalankan bisnis desain. Anda bisa memanfaatkan Pinterest untuk memajang karya desain Anda. Kelompokkan tiap jenis berdasarkan tema tertentu, kemudian buatlah pula tutorial atas sebagian desain Anda, bisa dalam bentuk foto, infografis, atau video. Tayangkan semuanya di board Anda, izinkan pengguna untuk memasang pin pada desain yang mereka sukai. Selain itu, jawablah komentar, pertanyaan, atau tanggapan dari pengguna lain yang mengunjungi board Anda. 

 

 

  1. Mengadakan Kontes Berhadiah

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa hampir semua orang senang jika bisa mendapatkan suatu barang dengan cara gratis, entah sebagai hadiah menang kontes berhadiah, sebagai giveaway, atau kuis. Manfaatkanlah kesenangan mereka ini dengan mengadakan suatu kontes, menyiapkan hadiah untuk pemenang, dan mengajak sebanyak mungkin pengguna untuk ikut di kontes yang Anda adakan.

 

Cara ini bagus untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung pada akun Pinterest Anda, membuat pin dari berbagai foto milik Anda, dan membangun komunikasi dua arah dengan Anda. Mengadakan kontes berhadiah juga bagus untuk mengenalkan produk baru kepada calon pelanggan.

 

Untuk penyelenggaraan kontes berhadiah seperti ini, Pinterest telah menyediakan fitur pendukung yang bisa Anda gunakan, yaitu Pin to Win. Fitur ini memungkinkan pengguna yang jadi peserta kontes untuk mengunggah foto pada board Anda demi memenangkan hadiah tertentu. Jangan lupa, beri keterangan tentang bagaimana cara jadi peserta, trik untuk jadi pemenang, syarat-syarat yang harus dipenuhi peserta, dan hadiah yang akan mereka dapatkan jika jadi pemenang. 

 

  1. Merancang Board Infografis

Infografis memang masih baru dalam Pinterest. Kebanyakan orang tentu akan lebih tertarik memperhatikan gambar yang didesain dengan lebih menarik dan informatif daripada harus membaca informasi dalam bentuk teks yang panjang. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik lebih banyak calon pelanggan untuk berkunjung ke akun Pinterest Anda. 

 

Caranya? Misalkan Anda adalah pemilik jasa fotografi produk. Buatlah satu infografis yang menarik mengenai pentingnya membuat foto produk yang bagus, manfaatnya, dan bagaimana cara membuatnya. Lalu sertakan pula mengenai bisnis Anda, apa yang bisa Anda berikan, dan bagaimana menghubungi Anda. Cara ini jelas lebih menarik dan biasanya pesan pemasaran yang Anda sisipkan, bahkan dalam bentuk font berukuran kecil, tetap bisa sampai kepada target pelanggan yang Anda bidik. 

 

 

  1. Menyusun Board dan Pin Search Engine Friendly

Gambar yang akan diunggah biasanya berasal dari website bisnis. Maka Anda perlu memastikan bahwa unggahan yang Anda lakukan bersifat search engine friendly. Caranya, sesuaikan namanya dengan kata kunci relevan sehingga mesin pencari bisa lebih mudah dalam menemukannya.

 

Cara lain, susunlah board dan pin yang menarik. Tujuannya, agar penggunaan istilah tertentu dapat menghubungkan akun Pinterest Anda dengan pengguna lain atau calon pelanggan yang Anda targetkan. Penentuan tag serta link juga memiliki pengaruh besar dalam unggahan tersebut.

 

Inilah lima langkah tepat dalam memulai social media marketing melalui Pinterest. Manfaatkanlah media sosial yang satu ini sebagai media untuk meningkatkan brand awareness, branding produk, sekaligus bisa jadi cara yang bagus untuk meraih target market berbeda dengan kebanyakan media sosial lain. Kalau Anda masih bingung dalam penggunaannya, Anda bisa menghubungi social media agency terpercaya yang akan dengan senang hati membantu Anda.