Perkembangan teknologi informasi, semakin maju dan berkembang secara pesat. Peralihan dari media konvensional ke digital pun mau tak mau perlu dilakukan sesegera mungkin agar tak tertinggal. Salah satunya, terjadi perubahan besar dalam dunia pemasaran atau marketing terkait cara melakukan promosi.

 

Berkembangnya pemasaran digital, membuat data management menjadi tulang punggung dalam strategi pemasaran online atau digital marketing yang baik dan efisien.

 

Sebagai pelaku usaha, sudah sepantasnya Anda memiliki data yang bersih, berkualitas, dan mampu memberikan wawasan kuat terhadap data customer. Berbagai macam tindakan yang perlu Anda ambil dalam penerapan strategi pemasaran produk secara digital, dipengaruhi ketersediaan data yang valid mengenai prospek pemasaran, target market, cara promosi, pelaksanaan digital campaign, dan sebagainya. 

 

Maka dari itu, demi memastikan kualitas data management perusahaan, Anda perlu melakukan optimalisasi data management yang efektif. Jika hal itu tidak dilakukan, Anda akan mendapatkan data yang tidak sesuai dengan rencana operasional dan menimbulkan masalah dalam penetapan target pemasaran produk perusahaan.

 

Lantas, bagaimana cara pengoptimalan data management yang efektif?

 

 

Cara Pengoptimalan Data Management yang Efektif

Ada beberapa cara pengoptimalan data management yang bisa Anda lakukan:.

 

  1. Rancang Garis Besar Tujuan Bisnis Anda

Jika ingin mengoptimalkan data management perusahaan, Anda harus memulainya dari yang paling dasar, yakni menentukan secara garis besar tujuan dari bisnis yang Anda rancang tersebut.

 

Mengetahui tujuan bisnis adalah langkah yang bagus. Nantinya, Anda bisa fokus mengumpulkan informasi yang relevan dengan tujuan bisnis Anda. Ini akan membuat perangkat lunak atau software pengolah data yang Anda gunakan tidak terlalu penuh dan dapat terorganisasi dengan baik.

 

Hal yang sering terjadi, terlalu banyak data tersimpan, semakin banyak pula data yang tidak terpakai. Menyimpan data yang benar-benar diperlukan akan lebih efektif karena data tersebut sudah pasti digunakan,sehingga langkah ini dapat membantu Anda menjaga perangkat lunak yang dimiliki.

 

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui garis besar tujuan bisnis Anda:

 

  • Memperbaiki pengambilan keputusan.
  • Membuat atau meningkatkan marketing automation dan proses berbisnis.
  • Menargetkan audiens dan membuat profil pembeli.
  • Mencari kebiasaan atau behavior pelanggan.
  • Melatih tim penjualan dan pemasaran mengenai penggunaan data.

 

Menguraikan tujuan bisnis menjadi langkah penting yang harus Anda lakukan, agar sasaran bisnis dan proses pengelolaan data menjadi lebih efektif. Anda pun jadi bisa menghindari hal-hal yang tidak relevan dengan tujuan bisnis Anda. Ini adalah langkah dari data storage management.

 

 

  1. Prioritaskan Perlindungan dan Keamanan Data

Langkah selanjutnya, Anda harus memastikan perusahaan atau bisnis Anda tidak melanggar dan membahayakan seluruh basis data pelanggan. Saat ini, pembobolan sistem informasi data di beberapa marketplace sedang gempar. Kebocoran data ini pastilah membuat resah pelanggan. Maka dari itu, Anda harus memprioritaskan perlindungan atas keamanan data ini. 

 

Hal yang harus Anda lakukan untuk melindungi dan mengamankan data, dengan pengelolaan yang tepat. Ini dilakukan dengan tujuan, untuk memastikan keselamatan dan keamanan data yang Anda simpan. Misalnya, dalam hal sumber daya manusia, Anda harus memilih orang yang tepat untuk menangani masalah ini. Pastikan orang yang Anda pilih adalah orang yang paham mengelola data dengan benar. 

 

  1. Fokus pada Kualitas Data

Pada tahap ini, Anda harus memeriksa keakuratan data secara rutin. Alasannya, bisa jadi data lama telah menjadi usang dan tidak lagi relevan untuk proses penjualan dan pemasaran. Data yang sudah lama, harus sering dibersihkan dari data management system agar tidak berdampak negatif pada otomatisasi, analitik, dan proses pemasaran produk.

 

Selain itu, Anda juga harus membantu tim Anda untuk fokus dalam pengelolaan data management tools software serta kualitas pengelolaan data. Caranya, lakukan pelatihan secara rutin sehingga anggota tim dapat mengumpulkan dan memasukkan data dengan tepat dan tidak menjumpai masalah di kemudian hari.

 

Anda juga harus memastikan data diperiksa dan dibersihkan terlebih dahulu, sebelum digunakan untuk proses analisis atau pelaporan. Tujuannya, meningkatkan akurasi semua matriks yang diambil dari data tersebut.

 

Satu hal yang perlu Anda ketahui, menggunakan data yang berkualitas sebagai prioritas utama akan membantu Anda dalam menjaga semua aspek penggunaan data perusahaan  agar tetap bersih.

 

 

  1. Bentuk Strategi Pemulihan Data

Apa pun bisa terjadi dalam pengelolaan perusahaan, termasuk kecelakaan pada pengelolaan dan pengolahan data. Kecelakaan di sini maksudnya, hal-hal yang tidak dikehendaki, yang tiba-tiba saja terjadi. Salah satu kecelakaan fatal dalam pengelolaan data adalah kehilangan akses ke semua pelanggan. Kecelakaan ini tentu sangat merugikan Anda, karena akan menghambat proses pemasaran, otomatisasi pemasaran, dan strategi penjualan.

 

Kesalahan yang terjadi bisa dalam bentuk terhapusnya beberapa data, atau bahkan semua. Jika akses tiba-tiba tertutup, atau jika perangkat lunak CRM, atau data management gagal, Anda harus memiliki yang namanya rencana cadangan pemulihan data.

 

Anda harus menemukan solusi terbaik dengan cara mengekspor data secara teratur untuk disimpan di tempat lain. Contohnya, mengunggah ke layanan cloud, seperti Google Drive atau Dropbox, untuk mencadangkan semua data. Jadi, kalau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, Anda dapat dengan mudah memulihkannya.

 

Demikian beberapa cara pengoptimalan data management yang efektif dan bisa Anda praktikkan. Kolaborasi dan diskusi lebih lanjut bisa Anda lakukan dengan menghubungi tim Redcomm. Untuk diketahui, Redcomm adalah digital marketing agency Jakarta yang sudah berpengalaman membantu banyak brand untuk melakukan strategi digital marketing yang tepat sasaran dan bisa disesuaikan dengan bisnis Anda. Semoga sukses!