Online presence adalah gambaran mengenai keberadaan sebuah bisnis di mata pelanggan secara online. Banyak orang yang mengartikan istilah ini sebagai situs atau website, namun sebenarnya juga meliputi keterlibatan bisnis Anda di berbagai platform media sosial. Dalam bahasa Indonesia, online presence memiliki arti sebagai kehadiran online. Jelas ini jadi salah satu faktor terpenting bagi proses digital marketing.

 

Tujuan dari online presence adalah mempermudah bisnis Anda memperoleh pelanggan baru. Hal ini bisa dicapai jika Anda terlibat aktif di berbagai media online untuk meningkatkan eksistensi bisnis sekaligus mendatangkan traffic.

 

Semakin mudah bisnis Anda ditemukan di internet, calon pelanggan baru yang bisa Anda dapatkan pun juga ikut bertambah banyak, termasuk semakin luas jangkauan pasar yang bisa Anda raih, baik di dalam maupun di luar negeri. 

 

 

Tips Mengoptimalkan Kerja Online Presence secara Efektif

  1. Membuat Website Bisnis yang Responsive

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, online presence identik dengan website. Oleh sebab itu, langkah pertama yang seharusnya Anda lakukan supaya brand Anda dikenal secara luas oleh pengguna internet adalah membuat website bisnis. Hanya saja perlu diperhatikan, website yang dibuat tentu tidak boleh sembarangan dan asal jadi. Anda perlu memenuhi dua kriteria utama untuk website bisnis yang berpotensi mendatangkan traffic tinggi, yaitu mobile responsive dan SEO friendly.

 

Mobile responsive berarti desain website Anda bisa dilihat secara nyaman ketika dibuka melalui perangkat mobile. Ini menjadi poin pertama, karena 73% pengguna internet mencari informasi menggunakan smartphone dan tablet.

 

Setelah website memiliki desain mobile responsive, pastikan juga sudah menerapkan SEO friendly. Jika Anda masih baru dalam hal digital dan website, Anda bisa membuat website di platform WordPress atau Blogspot. Di sana sudah disediakan ribuan template yang SEO friendly dan mobile responsive. Selain itu, tampilan website bisa dipilih yang sesuai dengan bisnis Anda. 

 

  1. Optimalkan SEO Website

Teknik SEO adalah teknik atau metode yang jika diterapkan bisa membantu Anda untuk menampilkan website bisnis di posisi teratas halaman pertama pencarian Google. Setiap kali pengguna internet mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu bisa jadi halaman Anda yang akan muncul di mesin pencarian. Ada banyak faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google dan itu bisa dimaksimalkan melalui penerapan SEO.

 

Sebagai contoh, Anda menjual obat pelangsing tubuh. Setiap kali orang mengetik “obat pelangsing badan ampuh” di Google, website Anda tampil di posisi pertama. Karena berada di peringkat paling atas, traffic yang diperoleh juga semakin besar. Dan ketika traffic menuju website bisnis tinggi, potensi penjualan juga ikut meningkat.

 

 

  1. Aktif di Media Sosial

Supaya keberadaan online bisnis Anda semakin kuat, tidak cukup hanya dengan membuat website dan memaksimalkan SEO untuk eksis di Google. Anda juga perlu aktif melakukan campaign digital di media sosial. Dengan aktif di media sosial, Anda bisa berinteraksi langsung dengan jutaan pengguna aktif di Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan sebagainya.

 

Aktif berinteraksi di media sosial bukan hanya bermanfaat untuk mempromosikan brand dan produk saja, namun juga mempertahankan loyalitas pelanggan. Sebab, pelanggan akan merasa lebih dihargai ketika setiap pendapatnya ditanggapi oleh owner bisnis. 

 

  1. Content Marketing Memegang Peranan Penting

Digital marketing tidak pernah bisa dipisahkan dari yang namanya content marketing. Sejak tahun 2017 silam, keampuhan content marketing sudah dirasakan dampaknya yang begitu besar oleh pebisnis. 

 

Oleh karena itu, Anda perlu memberi perhatian lebih dalam hal pembuatan konten marketing sehingga bisa benar-benar membantu Anda mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial dan menjaga keberadaan bisnis Anda di dunia online

 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan fungsi konten marketing ini, di antaranya membuat jadwal atau timeline update konten, merencanakan tujuan dan target dari setiap konten yang dibuat, memahami karakter pembaca dan pengunjung, menciptakan berbagai inovasi agar konten lebih bervariasi, serta bisa pula melakukan audit konten secara teratur.  

 

 

  1. Tetap Eksis secara Online Presence

Untuk membantu menjaga keberadaan Anda di dunia online agar tetap eksis, Anda perlu menggunakan tools yang tersedia dan memanfaatkannya dengan baik. Di setiap platform digital yang Anda gunakan biasanya sudah tersedia berbagai perangkat analisis yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis keberadaan Anda di dunia internet. Untuk website, sudah tersedia Google analytic. Kemudian di tiap platform media sosial juga ada fitur insight untuk melihat interaksi dan keterlibatan audiens dengan akun dan konten bisnis Anda. 

 

Selain itu, Anda juga bisa pula menggunakan tools dari pihak ketiga baik yang gratis maupun yang berbayar, seperti Ahrefs, Moz, dan sebagainya. Jika website bisnis Anda berbasis WordPress, maka bisa memanfaatkan beberapa plugin analytic. Cari tahu setiap kesalahan yang menyebabkan jangkauan dan visitor website menurun. Temukan konten yang sekiranya mampu mengembalikan jangkauan seperti sedia kala.

 

Begitupun ketika page views website dan interaksi di media sosial meningkat, pertahankan dengan melakukan update konten sesuai dengan konten yang diminati audiens secara rutin. Terus lakukan riset terhadap perubahan tren agar eksistensi bisnis Anda dunia online tetap bertahan.

 

Lima strategi mengoptimalkan online presence ini bisa Anda coba dan terapkan secara efektif. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu menyampaikannya melalui email atau kontak. Tim Redcomm siap membantu Anda.