Dalam dunia digital agency, Anda pasti sering menemukan istilah KOL management. Nah, KOL management itu apa dan di mana bisa mendapatkannya? Cari tahu penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge kali ini, yuk.
Dalam dunia digital agency, Anda pasti sering menemukan istilah KOL management. Nah, KOL management itu apa dan di mana bisa mendapatkannya? Cari tahu penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge kali ini, yuk.
Sebelum membaca bahasan lebih lengkap mengenai KOL management, ada baiknya Anda mengingat lagi apa Itu KOL dan perannya dalam pemasaran digital. Pastinya, Key Opinion Leader (KOL) berbeda dengan Influencer lho ya.
Key Opinion Leader atau KOL adalah individu yang biasanya sangat dipercaya pendapatnya oleh para pengikut mereka karena dianggap sebagai ahli dalam suatu bidang tertentu.
Peran mereka sangat besar, karena bisa membantu para pemilik brand mempromosikan merek, produk, maupun layanan bisnis.
Sementara KOL management adalah perusahaan yang menangani dan menjadi wadah para KOL bernaung dalam manajemen perusahaan.
Di saat yang sama, KOL management membantu mengarahkan KOL agar bisa menjadi agen pemasaran digital maupun offline yang baik bagi perusahaan. Termasuk menjadi pembawa pesan promosi yang bisa sampai kepada target market yang ditetapkan, terutama audiens dari para KOL itu sendiri.
KOL management yang bagus akan membantu perusahaan / brand membangun hubungan baik dan solid dengan para KOL, sehingga dapat bekerja sama melakukan kegiatan promosi.
Kedua belah pihak harus saling percaya dan berkontribusi dalam kerja sama ini. Karena faktanya keduanya memang saling membutuhkan demi tercapainya tujuan kampanye digital marketing yang diselenggarakan.
Tugas KOL management, antara lain:
Tugas-tugas KOL management tersebut harus dijalankan sebaik mungkin demi berkontribusi pada seluruh siklus manajemen KOL.
Harapannya tentu saja agar kegiatan digital campaign dapat mencapai tujuan perusahaan yang sesungguhnya, yaitu peningkatan brand awareness, sekaligus bisa meningkatkan konversi berupa naiknya angka penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan.
KOL management tidak hanya mendata jumlah followers dari para KOL, namun harus mampu memprediksi dampak yang akan perusahaan dapatkan dari penerapan strategi KOL marketing.
Memang, jumlah followers berpengaruh pada peningkatan brand awareness. Semakin banyak followers yang KOL miliki, semakin mudah perusahaan melakukan estimasi. Berapa banyak konsumen yang akan berubah pikiran setelah melihat pesan yang KOL sampaikan nantinya.
Masalahnya, Anda tetap perlu waspada berkaitan dengan ghost account, akun kosong, atau KOL dengan fake followers.
Maka tugas KOL management adalah mencari tahu lebih lanjut mengenai engagement rate dari KOL dan insight atau data pendukung lainnya, demi memastikan kesesuaian KOL dengan kebutuhan campaign.
Ini agar social media strategy maupun social media campaign yang Anda selenggarakan memberi hasil sesuai harapan.
KOL management harus menjadi perpanjangan tangan bagian marketing, sehingga bisa membantu perusahaan mendapatkan dampak dari penyelenggaraan promosi yang tepat sasaran.
Untuk itu, KOL management harus memiliki kemampuan untuk melakukan analisis terhadap latar belakang dan keahlian para KOL, serta kesesuaian serta relevansi KOL dengan brand.
Di saat yang sama, Anda tak bisa mengabaikan peran manajemen KOL yang nantinya akan memantau kinerja konten dari KOL. Hal ini penting untuk memastikan, apakah setiap konten yang tayang dapat audiens terima dengan baik atau justru sebaliknya.
KOL management berpengalaman sudah tentu memiliki alur manajemen yang rapi, sehingga mereka bisa mengetahui angka keterlibatan audiens dengan konten yang KOL buat dan promosikan.
Nah, dari angka keterlibatan tersebut, perusahaan bisa mengambil keputusan terbaik untuk melaksanakan strategi kampanye di masa depan.
Setiap manajemen campaign umumnya terbagi menjadi tiga fase utama, yaitu fase pra campaign, campaign, dan fase pasca campaign.
Setiap tahapan kampanye memiliki indikator atau skala ukuran yang akan membantu Anda mengetahui, apakah kampanye sudah berjalan dengan baik atau masih perlu perbaikan.
Pengukuran kesuksesan suatu kampanye tidak serta merta bisa terlihat dari meningkatnya angka penjualan produk. Kadang awalnya hanya berupa peningkatan kesadaran merek atau brand awareness.
Namun sejalan dengan waktu dan banyaknya audiens yang mengenal brand Anda, maka penjualan pun akan ikut mengalami peningkatan.
Jika perusahaan belum memiliki tim manajemen KOL sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Indonesia. Tetapi kalau Anda ingin mencoba sendiri, coba pelajari dulu Apa Itu KOL dan Perannya dalam Pemasaran Digital.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC