Cara promosi di Instagram dalam artikel ini akan sangat membantu Anda yang ingin menjadi seorang food influencer. Selain itu, berguna pula bagi para pebisnis kuliner yang hendak mempromosikan produk di media sosial, khususnya Instagram.

 

Influencer adalah orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Selain dapat menambah koneksi dan meningkatkan popularitas, menjadi food influencer ternyata bisa membuat Anda memiliki ladang penghasilan baru. Biasanya, penghasilan tersebut berasal dari fee atas jasa produk yang Anda iklankan. Anda juga bisa memanfaatkan banyaknya pengikut untuk mulai berbisnis online.

 

Salah satu konten yang dapat dijadikan fokus di dunia influencer adalah bidang kuliner. Banyak hal yang dapat digali dan dieksplor dari aneka jenis makanan, mulai dari rasa, tampilan makanan, sampai ke tempat makan. Semua bisa menjadi bahan untuk konten promosi di media sosial.

 

Lantas, bagaimana cara mempromosikan konten atau produk kuliner di Instagram seperti yang dilakukan food influencer?

 

 

Cara Promosi di Instagram sebagai Food Influencer 

 

  1. Sering Melakukan Riset dan Observasi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah Anda harus menjadi pengamat yang baik setiap saat, terutama mengamati berbagai tempat kuliner di sekitar Anda. Anda juga perlu sering mengunjungi berbagai tempat makan, mencicipi berbagai menu, serta membandingkan antara satu menu dengan menu lainnya.

 

Sementara bagi pebisnis kuliner, cara ini sangat membantu untuk mengetahui kompetitor yang memiliki jenis usaha serupa. Anda bisa melakukan riset dan observasi, kemudian menggunakan hasil riset tersebut untuk meningkatkan kualitas produk usaha Anda sendiri. Dari kegiatan ini, Anda pun bisa melakukan optimasi konten promosi produk Anda di media sosial untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan.

 

  1. Harus Interaktif

Cara yang paling ampuh untuk membangun personal branding adalah dengan melakukan interaksi dengan pengikut. Saat membuat konten, usahakan jangan hanya berisi penjelasan atau ulasan. Sesekali berilah pertanyaan dan umpan balik. Anda juga bisa melakukan live streaming ketika sedang berbicara seputar dunia kuliner.

 

  1. Buat Konten Saat Merayakan Hari Tertentu

Menjadi food influencer tidak harus selalu mengisi konten Anda dengan informasi makanan. Anda juga bisa membuat konten berupa ucapan selamat hari raya atau bercerita seputar pengalaman merayakan hari penting lainnya. Dengan begitu, Anda akan semakin dikenal banyak orang. 

 

Adakalanya, influencer biasa kadang bisa menjadi food influencer juga, terutama jika di media sosialnya banyak konten mengenai lifestyle. Bisa pula untuk produk makanan kesehatan, promosi dilakukan oleh influencer kesehatan. Prinsipnya, konten promosi perlu disesuaikan dengan minat dan konten influencer itu sendiri, termasuk harga influencer-nya pun pasti berbeda-beda.

 

 

7 Akun Referensi untuk Promosi Kuliner seperti Food Influencer

Anda sudah mengetahui cara promosi di media sosial sebagai seorang food influencer untuk meningkatkan interaksi. Sekarang, simak 7 akun influencer berikut yang bisa Anda jadikan referensi saat hendak melakukan promosi produk kuliner.

 

  1. Akun @yackikuka Milik Yackikuka

Akun pertama yang bisa menjadi referensi Anda untuk melakukan promosi produk kuliner, misalnya akun milik Yackikuka. Akun ini memiliki pengikut lebih dari 1,4 juta dan telah membagikan postingan sebanyak 1011 konten di Instagram.

 

Konten kuliner yang diangkat dalam akun ini adalah tutorial memasak. Yackikuka sering membuat video untuk membagikan resep, cara memasak, dan berbagai tips memasak lainnya. Selain itu, tutorial yang diberikan oleh Yackikuka sangat sederhana, sehingga mudah diikuti di rumah oleh pengikutnya.

 

  1. Akun @nexcarlos Milik Nex Carlos

Salah satu food influencer beken di Indonesia adalah Nex Carlos. Ia sudah lama dikenal dengan konten liputannya saat mencicipi berbagai kuliner daerah di seluruh Indonesia. 

 

Saat ini, ia masih aktif membagikan konten review dan icip-icip makanan kepada 900 ribu lebih pengikutnya. Nex Carlos bahkan mengembangkan kemampuannya dengan membuka bisnis kuliner makanan dan minuman, yaitu Minum Cui dan Ayam Gedebuk. Kalau Anda sedang menerapkan strategi influencer marketing, Anda bisa mengajaknya bekerja sama.

 

  1. Akun @anakjajan Milik Marius Tjenderasa dan Julia Veronica

Akun ketiga yang bisa jadi referensi adalah akun @anakjajan milik pasangan Marius dan Julia. Keduanya membagikan konten yang berisi food photography dan videography

 

Akun yang sudah diverifikasi dan memiliki pengikut lebih dari 400 ribu orang ini juga sering membagikan resep-resep yang mudah diikuti. Selain itu, mereka berdua kerap berbagi konten jalan-jalan, baik di dalam maupun ke luar negeri.

 

  1. Akun @mgdalenaf Milik Magdalena

Kalau akun yang satu ini, sangat cocok bagi Anda yang menyukai kuliner pedas dengan porsi besar. Magdalena mempunyai pengikut lebih dari 2 juta orang dan akunnya pun sudah tercentang biru alias terverifikasi.

 

Magdalena sangat aktif membagikan konten tentang review makanan pedas dalam porsi yang besar. Tidak hanya di Instagram, ia juga aktif membuat konten di channel YouTube pribadinya dengan topik yang sama dengan akun Instagram-nya.

 

  1. Akun @kenandgrat Milik Ken dan Grat

Food influencer selanjutnya yang tidak kalah inspiratif adalah sepasang suami istri, Ken dan Grat. Sejak masih menjadi sepasang kekasih, sampai sudah menjadi suami istri, mereka berdua tetap konsisten membagikan konten review makanan.

 

Tidak hanya mencicipi kuliner di berbagai restoran, mereka juga sering berbagi ulasan tentang jajanan kaki lima yang terkenal. Beberapa kali mereka juga memberi ulasan tentang bisnis kuliner yang dibuat oleh artis-artis Indonesia.

 

  1. Akun @duniakulinerbdg Milik Victor dan Ranie

Anda pasti sudah tahu, kota Bandung menjadi salah satu kota dengan ragam wisata kuliner yang menarik. Hal ini, menjadi inspirasi Victor dan Ranie membuat akun ini.

 

Dengan pengikut sekitar 400 ribu lebih, akun ini masih aktif membagikan informasi menu makanan, tempat kuliner, serta range harga makanan, terutama di kota Bandung. Bahkan, mereka juga tak segan membagikan review makanan non-halal, lo.

 

  1. Akun @kulineryogya Milik Arief Budiman

Kota Yogyakarta juga menjadi kota yang terkenal dengan wisata kulinernya. Selain karena harganya yang murah, berbagai kuliner di Yogyakarta juga sangat unik dan bervariasi. Salah satu akun food influencer terkenal di Yogyakarta adalah akun @kulineryogya milik Arief Budiman.

 

Akun ini bisa dibilang pelopor akun-akun kuliner di Yogyakarta. Saat ini, pengikutnya ada 400 ribu lebih dengan jumlah postingan sebanyak 7000. Ini membuktikan kalau Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan wisata budayanya, melainkan juga terkenal dengan wisata kulinernya.

 

 

Apakah Anda pemilik bisnis kuliner dan sedang membutuhkan food influencer untuk mempromosikan produk Anda? Atau, apakah Anda sedang mencari tim profesional di bidang digital marketing? Hubungi saja Tim Redcomm untuk berdiskusi mengenai masalah penerapan strategi promosi online yang Anda butuhkan. 

 

Redcomm adalah digital marketing agency Indonesia yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam membantu berbagai brand untuk penyelenggaraan digital campaign, teknik SEO, ads, creative marketing, email marketing, dan sebagainya.  

 

Demikian, 7 akun Instagram yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda pemilik bisnis kuliner atau yang ingin berprofesi sebagai food influencer. Begitu pula dengan 3 cara promosi di Instagram yang bisa menjadi contoh promosi di media sosial. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!