MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Intip Cara Promosi di Instagram dari 7 Akun Food Influencer Ini!

29 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 11.180  
Influencer / KOL Management

Intip Cara Promosi Di Instagram Dari 7 Akun Food Influencer Ini

Food influencer adalah pembuat konten online yang berfokus pada kuliner, makanan, atau minuman, dan memiliki followers yang banyak. Cek di artikel ini cara food influencer mempromosikan produk di Instagram dan contoh food influencer terkenal.

Cara Food Influencer Mempromosikan Produk di Instagram

1. Sering Melakukan Riset dan Observasi

Sebelum membuat konten promosi untuk ditayangkan di Instagram, Anda harus menjadi pengamat yang baik, terutama mengamati berbagai tempat kuliner di sekitar Anda. 

Anda juga perlu sering mengunjungi berbagai tempat makan, mencicipi berbagai menu, serta membandingkan antara satu menu dengan menu lainnya.

Sementara bagi pebisnis kuliner, cara ini sangat membantu untuk mengetahui kompetitor yang memiliki jenis usaha serupa. 

Anda bisa melakukan riset dan observasi. Kemudian menggunakan hasil riset tersebut untuk meningkatkan kualitas produk usaha Anda sendiri. 

Dari kegiatan ini, Anda pun bisa melakukan optimasi konten promosi produk di media sosial untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan.

2. Harus Interaktif

Cara yang paling ampuh untuk membangun personal branding adalah dengan melakukan interaksi dengan pengikut. 

Saat membuat konten, usahakan jangan hanya berisi penjelasan atau ulasan. Sesekali berilah pertanyaan dan umpan balik. 

Anda juga bisa melakukan live streaming ketika sedang berbicara seputar dunia kuliner, sembari tentu saja melakukan promosi suatu produk, misalnya peralatan yang Anda gunakan, atau bahan baku tertentu yang jadi bahan memasak.

3. Buat Konten Saat Merayakan Hari Tertentu

Menjadi food influencer tidak harus selalu mengisi media sosial Anda dengan informasi makanan. 

Anda juga bisa membuat konten berupa ucapan selamat hari raya atau bercerita seputar pengalaman merayakan hari penting lainnya.  

Adakalanya, influencer biasa bisa menjadi food influencer, terutama jika di media sosialnya banyak konten mengenai lifestyle

Bisa pula untuk produk makanan kesehatan, promosi dilakukan oleh influencer kesehatan. Prinsipnya, konten promosi perlu menyesuaikan dengan minat dan konten influencer itu sendiri, termasuk harga influencer-nya pun pasti berbeda-beda.

7 Rekomendasi Akun Food Influencer Terkenal

Anda sudah mengetahui cara promosi di media sosial seperti food influencer lakukan. Nah, kalau Anda membutuhkan rekomendasi 7 food influencer terkenal, berikut beberapa contohnya:

1. Akun @yackikuka Milik Yackikuka

Akun food influencer terkenal pertama adalah milik Yackikuka. Akun ini memiliki pengikut lebih dari 1,4 juta dan telah membagikan postingan sebanyak 1011 konten di Instagram.

Konten kuliner yang diangkat dalam akun ini adalah tutorial memasak. Yackikuka sering membuat video untuk membagikan resep, cara memasak, dan berbagai tips memasak lainnya.

Selain itu, tutorial yang diberikan oleh Yackikuka sangat sederhana, sehingga mudah diikuti di rumah oleh pengikutnya.

2. Akun @nexcarlos Milik Nex Carlos

Food influencer beken di Indonesia berikutnya ada Nex Carlos. Ia sudah lama dikenal dengan konten liputannya saat mencicipi berbagai kuliner daerah di seluruh Indonesia. 

Saat ini, ia masih aktif membagikan konten review dan icip-icip makanan kepada 900 ribu lebih pengikutnya. 

Nex Carlos bahkan mengembangkan kemampuannya dengan membuka bisnis kuliner makanan dan minuman, yaitu Minum Cui dan Ayam Gedebuk. 

Kalau saat ini Anda sedang menerapkan strategi influencer marketing, ajak saja Nex Carlos bekerja sama. Siapa tahu kerja sama tersebut dapat membantu meningkatkan interaksi dan kesadaran merek bisnis Anda.

3. Akun @anakjajan Milik Marius Tjenderasa dan Julia Veronica

Akun ketiga yang bisa jadi referensi adalah akun @anakjajan milik pasangan Marius dan Julia. Keduanya membagikan konten yang berisi food photography dan videography berkaitan dengan dunia kuliner. 

Akun yang sudah terverifikasi centang biru ini memiliki pengikut lebih dari 400 ribu orang. Mereka sering membagikan resep-resep yang mudah diikuti. 

Selain itu, mereka berdua kerap berbagi konten jalan-jalan, baik di dalam maupun ke luar negeri.

4. Akun @mgdalenaf Milik Magdalena

Kalau akun yang satu ini, sangat cocok bagi Anda yang menyukai kuliner pedas dengan porsi besar. Magdalena mempunyai pengikut lebih dari 2 juta orang dan akunnya pun sudah tercentang biru alias terverifikasi.

Magdalena sangat aktif membagikan konten tentang review makanan pedas dalam porsi yang besar. 

Tidak hanya di Instagram, ia juga aktif membuat konten di channel YouTube pribadinya dengan topik yang sama dengan akun Instagram-nya.

5. Akun @kenandgrat Milik Ken dan Grat

Food influencer selanjutnya yang tidak kalah inspiratif adalah sepasang suami istri, Ken dan Grat. 

Sejak masih menjadi sepasang kekasih, sampai sudah menjadi suami istri, mereka berdua tetap konsisten membagikan konten review makanan.

Tidak hanya mencicipi kuliner di berbagai restoran, mereka juga sering berbagi ulasan tentang jajanan kaki lima yang terkenal. 

Beberapa kali mereka juga memberi ulasan tentang bisnis kuliner yang dibuat oleh artis-artis Indonesia.

6. Akun @duniakulinerbdg Milik Victor dan Ranie

Anda pasti sudah tahu, kota Bandung menjadi salah satu kota dengan ragam wisata kuliner yang menarik. Hal ini, menjadi inspirasi Victor dan Ranie membuat akun ini.

Dengan pengikut sekitar 400 ribu lebih, akun ini masih aktif membagikan informasi menu makanan, tempat kuliner, serta range harga makanan, terutama di kota Bandung. 

Bahkan, mereka juga tak segan membagikan review makanan non-halal, lo.

7. Akun @kulineryogya Milik Arief Budiman

Kota Yogyakarta juga menjadi kota yang terkenal dengan wisata kulinernya. Selain karena harganya yang murah, berbagai kuliner di Yogyakarta juga sangat unik dan bervariasi. 

Salah satu akun food influencer terkenal di Yogyakarta adalah akun @kulineryogya milik Arief Budiman.

Akun ini bisa dibilang pelopor akun-akun kuliner di Yogyakarta. Saat ini, pengikutnya ada 400 ribu lebih dengan jumlah postingan sebanyak 7000. 

Ini membuktikan kalau Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan wisata budayanya, melainkan juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Apakah Anda pemilik bisnis kuliner dan sedang membutuhkan food influencer untuk mempromosikan produk Anda?

Atau, apakah Anda sedang mencari tim profesional di bidang digital marketing yang bisa membantu Anda mempromosikan bisnis kuliner milik Anda? 

Jika iya, hubungi saja Tim Redcomm untuk berdiskusi mengenai masalah penerapan strategi promosi online yang Anda butuhkan. 

Redcomm adalah digital marketing agency Indonesia yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam membantu berbagai brand untuk penyelenggaraan digital campaign, teknik SEO, ads, creative marketing, email marketing, dan sebagainya.  

 

Demikian Cara Promosi di Instagram dari 7 Akun Food Influencer terkenal. Sementara jika butuh informasi mengenai Influencer Kesehatan, baca ulasannya di artikel berjudul Mau Hidup Sehat dengan Makanan Organik? Intip Tips dari Influencer Kesehatan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER