Di era digital business, setiap perusahaan atau instansi, terutama creative companies pasti memerlukan promosi yang baik untuk mengenalkan produk atau jasa agar lebih dikenal oleh banyak orang.

 

Kunci sukses dari branding companies adalah penerapan strategi digital marketing yang tepat, misalnya dengan membuat video marketing atau video branding. Selain dapat menghemat biaya promosi, video yang dibagikan melalui berbagai platform media sosial bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, baik lokal maupun internasional. 

 

Video promosi harus berisi keunggulan dan informasi tentang produk dari perusahaan Anda. Meskipun terlihat sederhana, Anda tidak bisa sekadar melakukan proses shooting dan menggunakan peralatan canggih dalam pembuatan video. Anda juga perlu memperhatikan elemen-elemen penting yang harus ada di dalamnya, sehingga video yang dihasilkan mudah diingat serta berhasil merebut hati pelanggan. 

 

8 Elemen Penting dalam Membuat Video yang Bagus untuk Promosi

Di bawah ini terdapat 8 elemen penting dalam membuat video yang bagus untuk promosi.

 

  1. Gambar dan Teks Harus Jelas

Dalam pembuatan video untuk keperluan promosi maupun branding companies, Anda harus merekam gambar bergerak dan menambahkan teks untuk mendukung keunggulan produk yang ditawarkan. Perlu diketahui pula, teks hanya digunakan sebagai elemen pendukung dalam video, bukan suatu keharusan, apalagi sampai memasukkan terlalu banyak teks yang akhirnya mengganggu estetika video. 

  1. Komponen Harus Proporsional

Video yang bagus tidak hanya jelas, tetapi juga proporsional. Gambar visual, suara, musik, dan teks harus ditambahkan dengan komposisi yang pas, sehingga membuat audiens lebih tertarik untuk terus menonton. Penggunaan warna teks juga harus sesuai dan tidak mencolok. Intinya, semua aspek di dalam video benar-benar diatur dengan baik agar tak mengganggu kenyamanan audiens saat menonton video Anda ini. Jangan sampai sibuk menata estetika video, lalu lupa unsur intrinsik dan pesan yang disampaikan dari produk Anda terlupakan.   

 

  1. Isi Video Harus Tepat

Dalam video promosi, jangan menampilkan konten yang bertele-tele hanya demi memperpanjang durasi. Perlu diketahui, kebanyakan orang akan memutuskan dalam waktu kurang lebih 5-8 menit pertama, apakah lanjut menonton video Anda atau tidak. Sebagai  pemilik ide untuk video marketing, Anda harus membuat konsep isi video terlebih dahulu sebelum masuk ke proses pembuatan videonya. Buatlah isi sesuai dengan kebutuhan dari produk yang dipromosikan, termasuk apa yang ingin dicapai dari video ini. Pastikan konten video memiliki isi yang singkat, jelas, dan tepat.

 

  1. Menambahkan Pesan 

Berbisnis bukan hanya tentang bagaimana cara menjual produk sebanyak-banyaknya, tetapi perlu juga menambahkan pesan yang bermanfaat dalam digital video production. Sisipkanlah pesan, baik berupa kata-kata bijak, humor, ataupun tutorial, sehingga banyak audiens yang akhirnya tertarik untuk membeli produk setelah mereka menonton video Anda.. 

 

 

  1. Membuat Opening Video yang Menarik

Video branding dibuat untuk mengenalkan brand sekaligus produk atau jasanya agar dikenal masyarakat umum, maka buatlah video dengan memperhatikan semua elemen penting yang memang seharusnya ada dalam video, terutama pada bagian opening di 10 detik pertama harus menarik. Opening bisa berupa cuplikan adegan atau percakapan. Bisa pula berupa narasi dalam bentuk pertanyaan yang mengajak audiens untuk menonton video agar tahu jawaban atas pertanyaan tersebut. 

 

  1. Memasukkan Audio dalam Video 

Video marketing memerlukan elemen penting lain di luar tampilan visual gambar bergerak, yaitu audio. Penambahan audio yang jelas dan enak untuk dinikmati akan menambah kenikmatan audiens menonton video. Jadi pilihlah audio yang sesuai dengan tayangan visual sekaligus dengan produk dan isi konten videonya. Satu lagi, jika video ditayangkan di media sosial, pastikan lagu atau musik yang ditayangkan tidak melanggar hak cipta. 

 

  1. Jangan Lupakan Storytelling 

Konten video harus disampaikan dengan gaya bercerita atau storytelling untuk menghasilkan video promosi yang bagus dan berisi pesan-pesan inspiratif yang dapat membawa audiens masuk ke dalam cerita. Bagus lagi kalau ceritanya bisa meninggalkan kesan yang mendalam hingga diingat dengan baik oleh audiens. Otomatis mereka akan ingat pula dengan produk dan brand Anda. Membuat video yang disertai storytelling akan membuat audiens tidak seperti sedang menonton video marketing atau sekadar video berisi jualan saja, melainkan seakan menonton tayangan film yang menghibur. Sekali lagi, pastikan video Anda ini memiliki value. 

 

 

  1. Menambahkan Motion Grafis 

Video promosi juga perlu dilengkapi dengan motion grafis agar tampak lebih menarik dan unik. Elemen-elemen grafis dapat digabungkan menjadi satu dengan berbagai aplikasi pembuat video yang sudah banyak tersedia, bahkan bisa berbentuk 2D atau 3D. Dengan menambahkan motion grafis, video tidak terkesan monoton dan terlihat sangat dinamis. Video promosi yang bagus bisa menambahkan beberapa elemen grafis menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk menarik perhatian dari banyak audiens. 

 

Itulah 8 elemen penting yang harus Anda perhatikan saat membuat video promosi, jika Anda merasa sulit untuk memproduksinya sendiri, cobalah untuk berkonsultasi dengan digital advertising agency Indonesia.