knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

11 Faktor yang Mempengaruhi Harga Influencer dan Perlu Diketahui Pebisnis

05 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 6.634  
Influencer / KOL Management

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Influencer

Harga influencer antara Rp500.000,- hingga Rp5.000.000 tergantung jenis influencer-nya, apakah dari kelompok micro influencer, nano, atau macro influencer. Selain itu, ada faktor lain yang juga mempengaruhi harga influencer. Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya di artikel ini.

11 Faktor yang Mempengaruhi Harga Influencer

1. Platform Media Sosial yang Digunakan

Pada saat mengajak influencer bekerja sama untuk mempromosikan produk maupun layanan bisnis, bertanyalah tentang rate card mereka terlebih dahulu.

Kemudian, tanyakan pula untuk harga influencer tersebut mereka akan posting konten di platform media sosial apa saja?

Ini penting, sebab jenis platform media sosial yang digunakan biasanya mempengaruhi rate card influencer

Apalagi dalam prosesnya, mereka sudah pasti membutuhkan usaha, dana, kuota, peralatan, waktu, serta tenaga, untuk mengelola akun media sosial beserta konten-kontennya.

2. Jumlah Pengikut

Jumlah followers akun media sosial seorang influencer juga memberi pengaruh besar atas harga jasa yang mereka tawarkan. Semakin banyak pengikutnya, semakin mahal harganya.

Tinggal Anda nih yang harus bisa memastikan kalau semua followers di akun media sosial tersebut adalah pengguna aktif, bukan akun fake.

3. Tingkat Keterlibatan Audiens

Umumnya, brand menargetkan jumlah komentar, like, atau insight lain. Jika perlu lihat pula engagement rate.  

Semakin tinggi engagement dari akun milik influencer, sudah pasti Anda perlu merogoh kantong dalam-dalam, karena biasanya mereka memasang tarif lumayan tinggi.

4. Cost per View (CVP) 

Cost per view (CVP) adalah menetapkan harga berdasarkan jumlah rata-rata views yang ada pada satu konten. Ini berlaku untuk konten Instagram stories, video di feed Instagram, atau YouTube.

Memilih influencer tidak selalu berpatokan dengan seberapa banyak audiens yang berinteraksi. Tetapi, ada baiknya Anda melihat kualitasnya terlebih dahulu. 

Jika ternyata kualitas video yang dihasilkan tidak sesuai harapan, tentu akan berdampak pada interaksi audiens. Termasuk, pada konten yang membahas tentang bisnis Anda.

5. Niche Konten Influencer

Anda perlu pula melihat, apakah influencer yang akan Anda pilih memiliki niche konten yang sangat umum atau unik? 

Umumnya, influencer yang memiliki niche umum, seperti beauty influencer dan lifestyle, lebih banyak dan lebih mudah Anda dapatkan. Harga mereka pun tak terlalu mahal. 

Lain halnya, kalau Anda memilih influencer dengan niche spesifik, seperti gaming influencer, influencer kesehatan, otomotif, atau teknologi. 

Niche khusus seperti ini belum banyak dan otomatis membuat harga mereka jauh lebih mahal, mengingat ada effort khusus yang mereka keluarkan untuk mengembangkan konten-konten mereka.

6. Menyesuaikan dengan Permintaan Konten

Menentukan harga bagi influencer dapat pula berdasarkan konten apa yang diminta oleh brand. Apakah foto, video, stories, review blog, video YouTube, atau paket lengkap meliputi beberapa platform digital? 

Selain itu, mereka juga akan melihat tingkat kesulitan produksi konten yang brand minta. Contoh, pembuatan konten video jelas membutuhkan persiapan dan waktu yang lebih lama dibandingkan membuat konten berbentuk foto. 

Maka wajar jika harga pekerjaan pembuatan konten video akan lebih mahal dengan membuat konten foto. 

7. Jumlah Konten & Lama Penayangan

Berapa banyak konten yang harus influencer buat dan berapa lama waktu penayangannya? Ini juga mempengaruhi harga influencer lho.

Semakin banyak jumlah konten dan semakin lama waktu tayang konten, pasti harganya juga makin mahal. 

8. Jenis Campaign & Tingkat Popularitas Influencer

Untuk menjalankan campaign musiman terkait masuk sekolah, liburan, dan semacamnya, tentu membutuhkan influencer pilihan. 

Sebagai contoh, Anda mau menyelenggarakan campaign untuk promosi produk di bulan Ramadhan. Pada momen ini tidak hanya Anda saja yang membutuhkan market, brand lain pun sudah pasti ingin mempromosikan produk mereka juga. 

Jumlah permintaan yang bertambah banyak membuat influencer-influencer favorit laris manis. Otomatis, harga mereka bisa saja lebih tinggi daripada biasanya.

9. Hak Penggunaan & Lisensi Konten

Apakah Anda ingin membagikan atau menggunakan kembali konten yang dibuat oleh influencer? Jika iya, maka pada saat negosiasi hal ini pun akan menjadi pertimbangan dalam penentuan harga influencer

Sebagian dari influencer akan mengenakan biaya lebih bagi brand yang ingin menggunakan konten mereka meskipun social media campaign atau kerja sama sudah berakhir. 

Untuk itu, buatlah perjanjian secara tertulis mengenai hal ini dan mengenai harga kerja sama dengan influencer sebaiknya ditanyakan sejak awal, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari terkait hak cipta dan sebagainya.

10. Kerja Sama Eksklusif

Terkadang, ada brand yang menginginkan influencer tertentu tidak boleh mempromosikan brand lain, terutama produk atau brand kompetitor. Dengan kata lain, influencer tersebut dijadikan brand ambassador

Apabila Anda sebagai pihak brand menginginkan kerja sama eksklusif seperti ini, maka influencer tidak bisa menerima tawaran dari brand lain. 

Tentunya hal ini, berpengaruh besar pada pendapatannya sehingga influencer akan memasang harga mahal untuk kerja sama ini. 

11. Biaya Produksi Konten

Apabila konten yang dibuat tidak menggunakan banyak biaya produksi, biayanya pasti lebih murah. 

Lain halnya, influencer yang sudah profesional dengan hasil yang berkualitas membutuhkan biaya tersendiri dalam memproduksi kontennya, misalnya karena memiliki tim produksi, menggunakan peralatan khusus, dan sebagainya.

Selain itu, untuk menghasilkan foto berkualitas terbaik, influencer juga tak segan menggunakan fotografer profesional. Biaya-biaya ini juga bisa mempengaruhi harga influencer.


Itulah 11 faktor yang dapat mempengaruhi harga influencer yang sebaiknya Anda tahu. Sudah siap bekerja sama dengan influencer? Jika iya, dan kebetulan bisnis atau produk Anda berhubungan dengan industri game, cek dulu di sini Cara Berkolaborasi dengan Gaming Influencer untuk Promosi Produk.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER