MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Laika, Gadis Remaja AI Pertama di Dunia yang Dibesarkan oleh Media Sosial

 · 
1 min read
 · 
eye 646  
Technology

redcomm

Apakah kamu tahu? Satu dari lima remaja habiskan semua waktunya di media sosial. Meskipun sudah jelas berpengaruh sama masalah kesehatan mental, tapi waktu yang dihabisin di platform-platform itu terus nambah. 

Nah, tapi gimana kalau kamu habiskan 100% waktumu di media sosial sejak kecil? 

Sebuah perusahaan asuransi Swedia baru aja meluncurkan Laika, remaja AI pertama di dunia yang dibesarkan oleh media sosial. 

Tujuannya untuk mencegah masalah kesehatan mental di kalangan anak muda. Stendahls adalah agensi kreatif di balik ide ini.

Kampanye profesional berjudul 'Laika' ini pertama kali muncul di Swedia pada Oktober 2023 dan diciptakan untuk merek Länsförsäkringar oleh agensi periklanan Stendahls. 

Kampanye medium terintegrasi ini berkaitan dengan industri Kesehatan dan Asuransi dan berisi 1 aset media. Kampanye ini diunggah 5 hari yang lalu.

Kenalan sama AI dengan gangguan mental

Nah, gimana kalau kita kenalan sama AI pertama di dunia dengan segudang masalah mental kayak kecemasan, depresi, dan tanda-tanda kuat narsisme serta agresi?

Laika adalah remaja AI pertama di dunia yang dibesarkan dengan diet intelektual yang murni diambil dari media sosial seperti TikTok, Snapchat, dan Instagram. 

Karakter dan kepribadian yang dia tunjukin ngejelasin efek dari kebanyakan media sosial buat anak muda. 

Sebuah eksperimen yang tidak manusiawi untuk menyorot bahaya potensial manusia asli.

Laika punya sejumlah gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, dan tanda-tanda kuat narsisme serta agresi saat kamu ngobrol sama dia. 

Citra dirinya rendah, dan dia curiga sama siapa aja yang ngobrol sama dia. Pikiran dan gagasan berbahaya bisa muncul, dan paparan yang lama tanpa pengawasan bisa membahayakan.

Karena itu, akses ke Laika dibatasi hanya untuk jurnalis, guru, atau peneliti dengan tujuan untuk ikut serta dalam, dan mendorong, diskusi tentang efek media sosial.

Ciptaan tim ahli AI, neurosains, dan psikologi

Laika 13 dikembangkan oleh tim spesialis AI, seorang ahli neurosains, dan profesor psikologi. 

Dia dirancang buat mencerminkan anak Swedia biasa, lalu dilatih dengan konten dari saluran media sosial yang paling populer di antara anak-anak usia 12 hingga 16 tahun.

Kampanye ini dijalankan oleh perusahaan asuransi Swedia Länsförsäkringar, yang sebelumnya sudah meluncurkan beberapa kampanye keren buat melawan pelecehan online dan citra tubuh negatif. 

Jadi, Laika 13 adalah bagian dari ambisi keberlanjutan perusahaan, bekerja buat mempromosikan kesejahteraan dan mencegah masalah kesehatan mental di kalangan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER