Fanpage merupakan halaman khusus di Facebook yang di dalamnya berisi fitur pendukung untuk mengunggah konten bisnis atau jual beli. Di dalam fanpage nantinya akan muncul informasi seputar bisnis yang sudah diatur sebelumnya, juga nama pengguna, dan nama halaman. Kadang, Anda perlu melakukan perubahan nama halaman fanpage untuk suatu alasan tertentu, misalnya ketika perlu melakukan rebranding.

 

Apakah Nama Fanpage Ada Pengaruhnya Terhadap Bisnis?

Jika sudah menetapkan satu nama untuk halaman bisnis di fanpage, ada baiknya tidak diubah lagi. Mengapa? Apakah ada pengaruhnya terhadap bisnis yang sedang dijalankan?

 

Tentu saja nama fanpage memiliki pengaruh besar terhadap bisnis atau usaha yang sedang dijalani. Nama merupakan identitas nyata dan utama dari bisnis Anda. Pelanggan akan mengenal produk dan brand Anda dari nama tersebut. Itulah sebabnya, pemberian nama fanpage bisnis sesungguhnya membutuhkan perhatian khusus, mengingat hal ini termasuk strategi digital marketing.

 

 

Nama fanpage ada baiknya dibuat menarik, unik, dan mudah diingat. Nama ini kelak akan tercantum pula dalam setiap konten promosi yang Anda buat. Namun sayang, ada cukup banyak kasus di mana penentuan nama fanpage dibuat asal-asalan diawal pembuatan fanpage, lalu baru disadari kemudian bahwa nama itu tampak kurang menarik dan orang cenderung menghindari berkunjung ke akun fanpage tersebut. Kalau sudah begini, artinya Anda perlu melakukan perubahan nama.

 

Jika Ingin Diubah, Bagaimana Caranya?

Jika Anda sudah yakin ingin mengganti nama halaman fanpage Anda, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah nama fanpage Facebook tersebut. Namun, sebelum benar-benar mengubahnya, pastikan Anda sudah memiliki nama yang terbaik, menarik, unik, dan masih ada kaitannya dengan nama lama dari fanpage bisnis Anda yang sedang berkembang.

 

Sebagai contoh, nama fanpage lama Anda adalah "Almira Cloth" yang isinya jual beli baju. Lalu Anda menyadari, ketika orang menulis di beranda Facebook ataupun kolom pencarian, ternyata nama tersebut sulit ditemukan. Kasus lain, orang jarang menggunakan bahasa Inggris "cloth" saat mencari baju. Maka, Anda bisa mengubah nama fanpage menjadi "Jual Beli Baju Almira" atau "Bisnis Busana Almira". Dengan begini, ketika ada orang mengetikkan pencarian terkait jual beli baju atau bisnis baju, nama halaman Anda bisa ditemukan oleh mereka. 

 

 

Berikut ini adalah cara untuk mengubah nama fanpage menjadi baru:

  1. Buka akun fanpage Facebook Anda, bisa melalui menu notifikasi atau menu halaman yang ada di sebelah kiri layar beranda Facebook.
  2. Lihat pada bagian kelola halaman yang terdapat di sisi kiri bawah. Carilah tulisan atau menu edit info halaman jika Anda menggunakan Facebook berbahasa Indonesia. Sebaiknya, Anda memang mengatur halaman fanpage menggunakan bahasa Indonesia saja supaya lebih mudah untuk mengelola halaman penggemar atau bisnis ini.
  3. Halaman baru akan terbuka dan muncul kotak formulir di sebelah kanan dengan keterangan atau judul edit info halaman.
  4. Klik kolom nama yang berisi nama fanpage lama Anda. Lalu tulislah nama baru sesuai keinginan. Namun ingat, Anda wajib mematuhi aturan yang berlaku dalam melakukan perubahan nama ini, yaitu nama tidak boleh mengandung nama hinaan, prostitusi, judi, kombinasi huruf kapital dan kecil yang tidak beraturan, pemakaian huruf kapital secara keseluruhan, serta jangan berupa slogan.
  5. Facebook juga melarang Anda menggunakan nama resmi atau yang sebelumnya sudah terverifikasi oleh Facebook, variasi kata Facebook, atau nama lain yang telah dilarang. Selengkapnya bisa Anda lihat pada bagian pedoman nama halaman. Misalnya, nama lama “Almira Cloth” Anda ubah menjadi “Busana Almira” atau “busana almira,” dengan huruf kecil semua. Jangan sampai Anda menuliskan “buSaNa AlMirA.”
  6. Jika nama sudah cocok, Anda bisa langsung klik atau pindahkan kursor ke tempat lain sehingga memunculkan pop-up pesan konfirmasikan perubahan nama Anda. Di sana akan ditampilkan kolom nama lama dan baru, serta keterangan berapa lama Anda harus menunggu perubahan disetujui. Klik minta perubahan untuk menyimpan nama fanpage baru Anda. 
  7. Tunggulah sampai nama yang baru muncul di halaman. Sementara untuk nama pengguna, Anda bisa melakukan perubahan tanpa menunggu lama. Cukup klik di luar kotak isian, maka perubahan akan tersimpan secara otomatis.

 

Walaupun tampak sederhana proses mengubah nama fanpage ini, kadang bisa terjadi kendala ketika pihak Facebook melihat nama halaman yang Anda gunakan tidak berhubungan dengan deskripsi bisnis yang Anda cantumkan. Akibatnya, perubahan nama halaman yang Anda ajukan pun bisa mengalami penolakan. 

 

Tips agar bisa sukses mengubah nama fanpage menjadi baru adalah Anda perlu mengikuti persyaratan yang telah ditentukan, terutama bagian kesesuaian nama baru yang masih memiliki hubungan dengan nama lama, atau nama baru harus sesuai dengan deskripsi bisnis yang dijalankan. 

 

 

Untuk jelasnya, bisa melihat contoh ini: Anda ingin mengubah “Almira Cloth” menjadi “Busana Diandra”. Nah agar peluang perubahan nama semakin besar disetujui pihak Facebook, Anda bisa melakukan perubahannya menjadi “Busana Diandra Almira”. Kalau sudah disetujui nama baru ini, tunggu beberapa saat dulu. Nanti Anda bisa melakukan perubahan nama lagi menjadi “Busana Diandra” seperti yang Anda inginkan hanya dengan menghapus kata Almira.  

 

Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sekarang sedang kesulitan meminta perubahan nama fanpage Facebook.