MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Mengubah Nama Fanpage Facebook

10 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 7.820  
Social Media

redcomm

Fanpage adalah halaman khusus di Facebook yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran bisnis, mulai dari mengunggah konten hingga melakukan jual beli secara online.

Selain memiliki fitur yang lengkap, Facebook fanpage juga memungkinkan Anda menampilkan informasi seputar bisnis sesuai dengan yang sudah Anda atur sebelumnya, termasuk nama pengguna, identitas brand, produk, dan sebagainya.

Namun untuk kondisi tertentu, kadang Anda perlu mengubah nama fanpage, misalnya karena mau berganti jenis bisnis atau mau melakukan rebranding. Bagaimana cara mengubah nama fanpage Facebook? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengaruh Nama Fanpage Terhadap Bisnis

Jika sudah menetapkan satu nama untuk halaman bisnis di fanpage, ada baiknya Anda tidak mengubahnya lagi, mengingat nama fanpage memiliki pengaruh besar terhadap bisnis.

Apalagi kalau pelanggan Anda sudah banyak dan biasanya mengenali produk maupun layanan bisnis dari nama yang sudah Anda gunakan. Kalau terlalu sering mengubah-ubah nama fanpage, Anda bisa kehilangan pelanggan.

Jadi, bagaimana? Usahakan menentukan nama fanpage yang menarik, unik, dan mudah diingat. Kalau sudah mantap dengan nama tersebut baru gunakan untuk membangun branding di media sosial.

Lalu, apa yang harus dilakukan kalau sudah terlanjur memiliki nama fanpage dan sekarang ingin menggantinya? Untuk itu, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Jika Ingin Diubah, Bagaimana Caranya?

Sebelum melakukan perubahan nama bisnis pada fanpage Facebook, pastikan Anda sudah menentukan nama yang lebih baik, relevan dengan bisnis dan produk yang Anda pasarkan, mudah melekat dalam ingatan pelanggan, dan tidak mirip dengan bisnis lain.

Contohnya, nama fanpage lama Anda adalah “Almira Cloth” yang isinya jual beli baju. Lalu Anda menyadari, ketika orang menulis di beranda Facebook maupun kolom pencarian, ternyata nama tersebut sulit ditemukan.

Kemudian, target pasar Anda juga jarang menggunakan bahasa Inggris “cloth” saat mencari baju. Anda bisa mengubah nama halaman tersebut menjadi “Toko Baju Almira” atau “Koleksi Busana Kerja Almira”, misalnya.

Nama yang demikian akan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda ketika mereka melakukan pencarian dengan mengetikkan kata kunci, seperti toko baju, busana kerja, dan lainnya.

Jika pemilihan nama sudah selesai dan Anda sudah mantap menggunakan nama tersebut, ikuti langkah berikut untuk mengubah nama fanpage:

1. Masuk ke Akun Fanpage Facebook

Untuk mengubah nama fanpage Facebook, Anda perlu login dulu ke akun Facebook yang Anda gunakan. Masukkan email dan kata sandi terdaftar.

Jika sudah berhasil masuk, lihat pada “Menu” yang terletak di sebelah kiri layar. Lalu, klik “Halaman” untuk melihat daftar semua halaman yang Anda kelola.

2. Temukan Halaman Pengaturan

Anda bisa mengetikkan nama fanpage di kolom pencarian untuk menemukan halaman fanpage yang ingin Anda ubah namanya. Jika sudah menemukannya, klik opsi “Pengaturan” yang terletak pada sudut kanan atas. 

Setelah berhasil masuk ke bagian pengaturan, temukan tombol / tulisan “Informasi halaman” atau “Edit Halaman”. Biasanya letaknya ada di bagian kiri layar.

3. Ubah Nama Fanpage Facebook

Pada halaman “Informasi Halaman” atau “Edit Halaman”, temukan bagian yang bertuliskan “Nama”.

Klik ikon pensil atau tombol edit yang tersedia di sebelah “Nama” tersebut, dan langsung ketikkan nama baru yang Anda inginkan tercantum di fanpage.

Oh ya, sebaiknya, Anda membaca aturan dan kebijakan penamaan Facebook di bawah ini supaya perubahan nama fanpage Anda disetujui:

  • Tidak boleh mengandung unsur menghina, prostitusi, judi, kombinasi huruf kapital dan kecil yang tidak beraturan, pemakaian huruf kapital secara keseluruhan, dan jangan berupa slogan.
  • Facebook juga melarang menggunakan nama resmi atau yang sebelumnya sudah terverifikasi oleh Facebook, variasi kata Facebook, atau nama lain yang telah dilarang.
  • Supaya lebih aman, Anda bisa melihat peraturannya pada bagian pedoman nama halaman. Misalnya, nama lama “Almira Cloth” diubah menjadi “Busana Almira” atau “busana almira,” dengan huruf kecil semua. Jangan sampai Anda menuliskan “buSaNa AlMirA.”

4. Konfirmasikan Perubahan Nama

Jika nama sudah cocok, Anda bisa langsung klik tombol “Tinjau Perubahan”, sehingga memunculkan pop-up pesan konfirmasi perubahan nama.

Dalam pesan ini akan tampil kolom nama lama dan baru, serta keterangan berapa lama Anda harus menunggu perubahan disetujui. 

Untuk mengkonfirmasi, Anda perlu memasukkan sandi dan tekan tombol minta perubahan untuk menyimpan nama fanpage baru.

Ingat, sebelum melakukan konfirmasi perubahan, pertimbangkan matang-matang karena Anda tidak bisa mengganti nama halaman dalam kurun waktu 60 hari.

5. Tunggu Perubahan Nama Baru Muncul di Halaman

Tunggulah sampai nama yang baru muncul di halaman. Sementara untuk nama pengguna, Anda bisa melakukan perubahan tanpa menunggu lama.

Cukup tekan tombol edit, masukkan nama yang Anda inginkan. Kemudian pilih tombol simpan perubahan, maka perubahan akan tersimpan secara otomatis.

Nama pengguna atau URL akses halaman bisa Anda samakan dengan nama fanpage Facebook.

Kesimpulan

Walaupun tampak sederhana, proses mengubah nama fanpage terkadang bisa muncul kendala ketika pihak Facebook melihat nama halaman yang Anda gunakan tidak berhubungan dengan deskripsi bisnis yang Anda cantumkan. 

Akibatnya, perubahan nama halaman bisa mengalami penolakan. Itu makanya, Anda perlu benar-benar memperhatikan kebijakan pemberian nama yang sudah ditentukan oleh Facebook.

Karena fanpage Facebook adalah identitas bisnis Anda di dunia online, maka penting bagi Anda yang menjalankan bisnis untuk memiliki fanpage. Jika belum punya, coba buat dulu dengan mengikuti: Cara Membuat Fanpage di Facebook dan Tips Fanpage Cepat Populer.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER