Kalau Anda menganggap semua smartphone pada dasarnya sama karena fungsinya memang untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain, anggapan ini tentu saja tidak salah. Namun, jika Anda menggunakan smartphone sebagai sarana hiburan, seperti bermain game, maka perhatikan terlebih dahulu spesifikasi smartphone gaming yang seharusnya ada pada smartphone Anda.

 

Dengan kemajuan teknologi saat ini, pengembang dan produsen smartphone telah berfokus pada upaya memenuhi kebutuhan pelanggannya. Artinya, produk yang mereka luncurkan akan dibuat untuk membantu mewujudkan apa pun keinginan yang disesuaikan dengan minat pelanggan. Ada smartphone yang lebih menitikberatkan pada kamera yang berkualitas karena penggunanya seorang pecinta fotografi. Ada pula smartphone yang dibuat secara khusus bagi pengguna yang senang bermain game sebagai pengisi waktu luang.

 

Kalau Anda adalah salah satu pengguna smartphone yang senang dengan spesifikasi tinggi, kinerja smartphone cepat, dan juga senang bermain mobile game di kala senggang, maka beberapa spesifikasi berikut ini perlu Anda pastikan ada di smartphone yang hendak Anda beli.

 

Spesifikasi Wajib Smartphone Gaming

  1. Memori Internal

Game online di smartphone biasanya ‘memakan’ memori internal jauh lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi lain, mengingat game yang diunduh akan langsung tersimpan di memori internal smartphone. Jadi, kalau Anda ingin membeli smartphone dengan kinerja cepat tanpa hambatan (tidak lag), pastikan memori internalnya cukup besar untuk menampung ukuran game serta tidak menghambat kinerja smartphone secara keseluruhan.

 

Pada dasarnya, memori internal yang melebihi 50 persen kapasitas akan membuat kinerja smartphone jadi lambat. Oleh karena itu, pastikan smartphone gaming Anda memiliki memori internal setidaknya 64GB supaya bisa download aplikasi dengan lancar, bermain banyak game tanpa hambatan apalagi mengalami lag, dan bisa bekerja secara multitasking sehingga Anda menjadi lebih produktif.

 

 

 

  1. RAM

Kapasitas RAM di satu smartphone memberi pengaruh besar pada kinerja smartphone saat bermain game, terutama jika game tersebut memiliki ukuran file yang besar. Kalau RAM smartphone gaming Anda terbatas, otomatis aktivitas Anda bermain game bakal terganggu dengan peristiwa lagging yang parah.

 

Bagi Anda yang ingin bermain game tanpa hambatan di smartphone, sebaiknya beli smartphone yang memiliki RAM besar, minimal 4GB RAM. Selain untuk bermain game, ukuran RAM yang besar ini juga sangat memudahkan bagi Anda yang terbiasa membuka banyak tab saat bekerja dengan menggunakan smartphone.

 

  1. Kualitas Layar

Layar yang berkualitas tak berarti berukuran besar. Dalam hal ini, Anda perlu lebih memperhatikan kualitas dari layar itu sendiri. Misalnya, bahan dasar layar smartphone gaming adalah Gorilla glass sehingga lebih tahan terhadap getaran. Lalu, layar juga sudah memiliki resolusi yang tinggi agar kualitas gambar pun jadi lebih baik.

 

Untuk ukuran layar, sebenarnya lebih berpengaruh terhadap kenyamanan dalam penggunaan. Layar dengan ukuran 6” jauh lebih nyaman digunakan untuk bermain game, menonton tayangan video, bekerja dengan berbagai aplikasi, bahkan untuk menikmati tampilan image di media sosial.

 

 

  1. Ketahanan dan Daya Baterai

Anda pasti akan repot sekali kalau smartphone Anda sebentar-sebentar minta di charging. Belum lagi saat bermain game, tahu-tahu malah lowbat. Dua hal ini terjadi akibat kapasitas baterai pada smartphone gaming yang tidak mumpuni. Dengan kata lain, ketika Anda hendak membeli smartphone gaming, Anda perlu pula mencari tahu mengenai ketahanan dan daya baterainya.

 

Smartphone mahal dengan RAM besar, memori internal sesuai harapan, bahkan dengan processor spesifikasi tinggi, namun kapasitas baterainya kecil, semuanya jadi sia-sia. Ketahanan dan daya baterai ikut berperan penting dalam menciptakan kenyamanan penggunaan suatu smartphone, bisa terkait kenyamanan saat bermain game, bekerja, atau bahkan saat traveling. Tidak lucu, kan, saat traveling malah sibuk mencari tempat untuk isi daya baterai alih-alih mengambil foto dan video sebanyak mungkin? Jadi, setidaknya cari smartphone gaming yang memiliki daya baterai minimal 4.000 mAh. Tujuannya, untuk mencegah kerusakan baterai dan pengurasan daya baterai secara berlebihan.

 

  1. CPU dan GPU

GPU yang satu ini bukan obat gosok lho ya. GPU dan CPU punya peranan penting yang mempengaruhi kualitas saat bermain game di smartphone. CPU atau prosesor yang ada di smartphone bertujuan untuk menampilkan gambar dan grafis dengan kualitas baik. Sementara itu, GPU berfungsi agar permainan game HD berjalan dengan lancar.

 

Jika ingin memiliki smartphone gaming dengan CPU dan GPU yang mumpuni, Anda dapat memilih smartphone dengan spesifikasi CPU Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 240 & 4x1.6 GHz Kryo 240) dan untuk GPU sudah menggunakan Adreno 630, misalnya. Ada banyak smartphone keluaran terbaru dengan spesifikasi ini bisa dibeli dengan harga terjangkau.

 

 

  1. OS Terbaru

Di akhir tahun 2020, sebaiknya Anda mulai membidik handphone dengan mekanisme operasi yang terbaru, seperti Android 10. Jika pun terpaksa menggunakan smartphone dengan OS Android Pie 9, ini juga tak jadi masalah, mengingat Android versi 9 masih bisa di-upgrade menjadi Android 10.

 

Fungsi dari Operating System (OS) adalah mengatur kinerja berbagai aplikasi atau perangkat lunak pada smartphone, terkait penggunaan memori, melakukan input dan output peralatan atau hardware dan software lain, sekaligus melakukan pengaturan dan akses pada sistem file. Pada saat beberapa aplikasi berjalan bersamaan, terutama ketika Anda bermain game, maka sistem operasi inilah yang bertugas mengatur jadwal yang tepat bagi semuanya untuk bisa bekerja dengan baik.

 

Bagaimana, sudah tahu beberapa hal penting yang harus ada dalam smartphone gaming? Jika sudah dan berniat memilikinya, jangan main game terus ya. Ingat, masih ada hal lain yang perlu Anda lakukan selain bermain game